Inspirasi Wisata Sejarah

Lebih Dekat dengan Sejarah Indonesia di Benteng Marlborough Bengkulu

Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang memiliki pesona tersendiri. Daerah yang satu ini memang lebih banyak menyimpan wisata bersejarah yang bermanfaat untuk meningkatkan wawasan masyarakat. Salah satunya adalah Benteng Marlborough Bengkulu yang merupakan salah satu peninggalan Inggris di masa penjajahan. Kenali sejarah Indonesia dari spot yang satu ini, yuk!

Awalnya Menjadi Benteng Pertahanan

Lebih Dekat dengan Sejarah Indonesia di Benteng Marlborough Bengkulu

Benteng Marlborough yang dibangun pada masa penjajahan Inggris. Foto: tempo.co

Benteng Marlborough Bengkulu atau yang juga dikenal dengan nama Fort Marlborough didirikan oleh East India Company sekitar tahun 1713 – 1719. Benteng ini adalah salah satu benteng terbesar peninggalan Inggris yang ada di Indonesia. Sejarah menunjukkan awalnya lokasi ini berfungsi sebagai benteng pertahanan. Berada di bawah pimpinan Gubernur Joseph Callet, Marborough menjadi salah satu benteng terkuat di wilayah Timur, setelah St. George Madras di India.

Berdasarkan sejarah, Benteng Marlborough Bengkulu ini dulunya pernah dibakar rakyat Bengkulu. Hal ini membuat penghuninya mengungsi ke Madras. Tapi, mereka kembali tahun 1724 dan mengadakan sebuah perjanjian damai dengan masyarakat Bengkulu.

Spot Menarik di Benteng Marlborough Bengkulu

Lebih Dekat dengan Sejarah Indonesia di Benteng Marlborough Bengkulu

Beberapa spot menarik di Benteng Marlborough. Foto: thesmalljourney.wordpress.com

Ada beberapa spot menarik yang bisa dikunjungi pengunjung saat berada di Benteng Marlborough Bengkulu. Mulai dari Bastion, yaitu bangunan menjorok yang ada di setiap sudut gedung. Dulunya ini berfungsi sebagai pertahanan dari musuh. Setelah itu ada Revaline, bangunan di atas parit yang terhubung dengan benteng lewat sebuah jembatan. Lokasi ini bisa menjadi salah satu spot foto yang menarik saat berkunjung ke sana.

Selain itu, Benteng Marlborough Bengkulu ini juga memiliki ruang tahanan, gudang senjata, meriam yang diletakkan di luar ruangan, hingga terowongan. Tiap sudutnya menjadi saksi bisu sejarah bangsa Indonesia yang layak dijaga.

Pemandangan Samudera Hindia yang Eksotis

Benteng Marlborough Bengkulu berdiri di atas sebuah bukit buatan yang mengarah ke pusat kota Bengkulu. Lokasi benteng ini juga berhadapan ke Samudera Hindia, yang bertujuan untuk mengamati musuh yang mendekat dari lautan. Kini pengunjung bisa menikmati pemandangan eksotisme Samudera Hindia saat berwisata ke sana.

 

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com