Gunung Tips Traveling

Larangan Mendaki Gunung Yang Wajib Diperhatikan





Indonesia memiliki pesona alam luar biasa yang bisa dinikmati siapa saja. Kekayaan alam inilah yang kemudian menjadi magnet para penjelajah untuk mengeksplorasi pemandangan tersebut secara langsung. Gunung adalah salah satu destinasi favorit bagi para travelers. Panorama matahari terbit dari puncak adalah salah satu keindahan yang membuat decak kagum siapa saja. Tapi sebelum melakukan pendakian, perhatikan dulu larangan mendaki gunung yang wajib diketahui.

Jangan Mendaki Secara Ilegal

Larangan Mendaki Gunung Yang Wajib Diperhatikan

Pastikan menjadi pendaki legal Foto: www.telusurindonesia.com

Sebelum mendaki gunung, pastikan Anda sudah terdaftar secara resmi. Menjadi pendaki ilegal adalah larangan mendaki gunung paling utama yang wajib diketahui calon pendaki. Hal ini sebenarnya demi keselamatan pendaki sendiri. Ada beberapa gunung yang hanya boleh didaki sampai area tertentu. Biasanya petugas akan memberikan himbauan secara resmi kepada calon pendaki yang terdaftar.

Mengambil Kekayaan Alam

Larangan Mendaki Gunung Yang Wajib Diperhatikan

Dilarang mengambil kekayaan alam selama mendaki Foto: bintang.com

Biasanya para pendaki tergoda untuk mengambil tanaman endemik yang ada di wilayah pegunungan, misalnya bunga edelweis. Tindakan ini termasuk salah satu larangan pendakian, lho. Petugas biasanya melakukan pemeriksaan bagi para pendaki yang baru turun. Kalau ketahuan mengambil edelweis, biasanya Anda akan disuruh mengembalikan ke atas. Mulai sekarang, belajar jadi pendaki yang bijak, ya.

Buang Sampah Sembarangan

Larangan Mendaki Gunung Yang Wajib Diperhatikan

Bawa sampah turun Foto: hipwee.com

Jangan membuang sampah sembarangan di alam bebas. Saat mendaki, sediakan kantung plastik sendiri untuk menyimpan sampah sementara dan bawa hingga turun. Larangan mendaki gunung yang satu ini penting untuk selalu diingat kalau ingin membuktikan bahwa Anda mencintai alam. Jangan tinggalkan apapun di gunung kecuali jejak kaki.

Merusak Alam Dan Segala Isinya

Larangan Mendaki Gunung Yang Wajib Diperhatikan

Vandalisme sama sekali nggak keren Foto: hipwee.com

Saat mendaki, jaga sikap untuk tidak merusak alam dan segala isinya. Misalnya saja, saat pendakian sebaiknya jangan membuat api unggun kecuali dalam keadaan yang sangat penting. Kalau pun terpaksa menyalakan api unggun, gunakan batang dan ranting yang berserakan. Jangan menebang pohon yang ada. Selain itu, hindari juga aksi vandalisme seperti membuat gambar atau tulisan pada batu atau pohon di sana. Larangan mendaki gunung yang satu ini sebaiknya tidak dilakukan bagi Anda yang memahami etika.

Mencemari Sumber Air

Larangan Mendaki Gunung Yang Wajib Diperhatikan

Jaga sumber air pegunungan Foto: travacello.com

Menjaga sumber air di gunung itu sangat penting karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Jadi, jangan sampai mencemarinya dengan sampah atau kotoran pendaki. Jika ingin buang air selama pendakian, cari tahu tips dan cara yang tepat agar tidak melanggar larangan mendaki yang satu ini.

Menunjukkan Sikap Angkuh Kepada Alam

Larangan Mendaki Gunung Yang Wajib Diperhatikan

Jaga sikap selama mendaki Foto: jalanpendaki.com

Banyak cerita dan mitos yang dipercaya masyarakat dan pendaki saat memasuki gunung tertentu. Nah, inilah yang mesti Anda perhatikan selama melakukan pendakian. Larangan mendaki gunung selanjutnya adalah bersikap sombong terhadap alam. Gunung adalah salah satu tempat yang memiliki misteri tersendiri. Percaya nggak percaya, tapi tak ada salahnya untuk tetap menjaga sikap selama mendaki demi keselamatan diri.

Itu tadi beberapa larangan mendaki gunung yang wajib diperhatikan calon pendaki. Terapkan hal tersebut untuk membuktikan bahwa Anda adalah pendaki yang peduli dengan tata krama dan etika, ya!



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com