Inspirasi Pantai Pulau

Lanskap Eksotis Pulau Lengkuas Belitung dari Ketinggian Mercusuar

Indonesia dikenal dengan keindahan alamnya yang memiliki pesona tak terbantahkan. Tiap sudut nusantara menawarkan kecantikan tersendiri yang membuat para wisatawan tersihir oleh panoramanya. Salah satunya adalah yang ditawarkan oleh alam Belitung. Ada sebuah pulau tersembunyi yang memiliki keindahan memesona. Di dalamnya terdapat mercusuar yang bisa digunakan wisatawan untuk menikmati eloknya panorama di sana. Kunjungi Pulau Lengkuas Belitung, yuk!

Awalnya Bukan Lokasi Wisata

Lanskap Eksotis Pulau Lengkuas Belitung dari Ketinggian Mercusuar

Awalnya tidak banyak yang mengunjungi. Foto: ngasih.com

Pulau ini terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Awalnya, pulau ini bukan menjadi destinasi wisata. Lokasinya memang tidak luas, yaitu sekitar 1 hektar dan dulunya tempat ini sangat sepi. Lalu setelah film LASKAR PELANGI mengambil lokasi syuting tak jauh dari sana, barulah turis berdatangan ke Pulau Lengkuas Belitung tersebut. Tempat ini memiliki pantai pasir putih yang indah dan bertaburan batu granit. Warna air lautnya yang biru jernih pun menciptakan suasana liburan yang semakin syahdu. Apalagi kondisi pulau tersebut terbilang tenang. Cocok bagi wisatawan yang ingin mencari liburan yang damai.

Menyaksikan Panorama dari Mercusuar

Lanskap Eksotis Pulau Lengkuas Belitung dari Ketinggian Mercusuar

Mercusuar yang jadi salah satu atraksi wisata. Foto: pedomanwisata.com

Di dalam Pulau Lengkuas, terdapat sebuah mercusuar peninggalan Belanda yang sudah dibangun sejak tahun 1882. Sampai saat ini, bangunan tersebut masih digunakan untuk mengatur keluar masuknya kapal di Pulau Belitung. Mercusuar yang memiliki ketinggian 50 meter ini boleh dimasuki wisatawan untuk menyaksikan keindahan Pulau Lengkuas. Untuk mencapai puncaknya memang membutuhkan perjuangan yang melelahkan, tapi sepadan dengan keindahan yang ditawarkan saat sudah di atas. Kalau tidak sanggup hingga ke puncak, tiap lantainya ada jendela yang bisa digunakan untuk menyaksikan pemandangan menakjubkan dari atas.

Fasilitas di Dalam Pulau

Lanskap Eksotis Pulau Lengkuas Belitung dari Ketinggian Mercusuar

Masih minim fasilitas karena letaknya yang tersembunyi. Foto: piknikdong.com

Sebagai sebuah pulau yang memiliki lokasi terpencil, wajar jika Pulau Lengkuas Belitung ini tidak memiliki fasilitas yang lengkap. Di sana hanya ada toilet yang pasokan air bersihnya terbatas. Hal ini maklum saja, karena air bersih di pulau ini harus didatangkan dari pulau lain. Kalau ingin menginap, Anda bisa mendirikan tenda. Pilihan lain adalah mencari penginapa di Tanjung Kelayang yang berjarak 20 menit dengan perahu.

Pulau Lengkuas Belitung ini juga bisa menjadi lokasi snorkeling karena memiliki keindahan biota laut yang tak kalah memikat. Berenang pun bisa jadi pilihan kegiatan di tempat ini, karena pesisir pantainya memiliki ombak yang tenang.

Nah, itu tadi sekilas tentang Pulau Lengkuas Belitung yang bisa menjadi alternatif lokasi wisata bagi Anda yang berjiwa petualang. Tertarik mengunjunginya?

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com