Gunung Tips Traveling

Lakukan Ini Bila Buang Air di Gunung

  1. Menjauh dari Jalur Pendakian yah
    Jangan buang air dekat jalur pendakian yah. Pasti sangat mengganggu pendaki lainnya bila buang air sembarangan. Sangat menyebalkan tentunya bila kalian ketika mendaki di tengah jalan ada ranjau darat yang sangat mengganggu itu. Cari lokasi yang tidak terjangkau oleh pendaki lain ketika lewat, agar pendaki lain tidak terganggu.
  2. Jauh dari Camp Area
    Bisa dibayangkan bila buang air dekat camp area. Bakal sangat mengganggu para pendaki yang beraktifitas di camp area. Salah-salah kalian bisa dimassa orang sekampung bila buang air dekat camp area. Seyogyanya camp area jadi tempat istirahat dan pusat kegiatan bagi para pendaki. Tidak bisa dibayangkan camp area yang jadi pusat kegiatan orang banyak diganggu oleh bau tidak sedap.
  3. Gali yang Dalam
    Persis seperti kucing yang buang air. Kucing aja tahu gimana cara buang air yang benar. Galilah dengan kedalaman kurang lebih 10 cm, ini akan sangat berguna bila kalian buang air besar. Feses bisa langsung ditutup dengan tanah galian agar cepat membusuk dan menghindari bau yang tidak sedap.
  4. Jangan Lupa Sedia Tisu Basah dan Pembersih Tangan
    Karena di gunung itu banyak keterbatasan, pastikan kalian bawa tisu basah dan juga pembersih tangan. Penting digunakan ketika selesai buang air. Dan jangan sembarangn membuangnya yah. Buang sembarangan bisa sangat mengganggu pemandangan dan dan pendaki lain.
  5. Jangan Buang Air Besar di Sumber Air
    Ini nih kadang ada aja yang masih ngelanggar. Udah tahu air sumber jadi kebutuhan orang banyak selama mendaki gunung, eh ada yang buang air di dekatnya. Sangat dilarang keras untuk melakukan ini, beri pengarahan dan juga peringatan kepada teman-teman kita yang mungkin saja tidak biasa dengan keterbatasan selama ada di gunung.
  6. Bacalah Doa
    Karena gunung itu alam terbuka yang luas. Pasti ada makhluk-makhluk lain yang hidup disekitarnya. Penting bagi kita yang hendak buang air untuk berdoa terlebih dahulu, karena mana tahu tempat dimana kita buang air adalah tempat tinggal makhluk lain.
  7. Ajaklah Salah Satu Teman untuk Menemani
    Ini antisipasi saja, khususnya buat cewek yang gak biasa buang air di alam terbuka bisa mengajak teman untuk menemani. Takut-takut nanti ada apa-apa langsung ada yang bantu. Cewek kan sangat sensitif tuh dengan gangguan, jadi jangan pergi sendiri yah.
  8. Pastikan Lokasinya Aman
    Buat cewek lagi nih, pastikan kalian memilih tempat yang aman dari gangguan binatang dan jangkauan manusia. Agar ketika kalian hendak buang air tidak ada gangguan datang. Bayangkana saja ketika buangn air eh tiba-tiba ada binatang liar yang ganggu, apa gak apes tuh, hehe.
  9. Survey Lokasi
    Sebelum kalian memutuskan untuk memilih tempat untuk buang air, hendaknya kalian survey lokasi dulu untuk memastikan lokasinya benar-benar aman dari binatang liar dan juga jangkauan manusia. Hindari tempat-tempat bahaya seperti tepi jurang dan tempat-tempat yang mudah terlihat orang.
Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com