Tips Traveling

Lakukan 5 Hal ini untuk Mencegah Hipotermia!



//

Contoh keadaan saat seseorang mengalami hipotermia. Foto : danielhkwan.wordpress.com

Contoh keadaan saat seseorang mengalami hipotermia. Foto : danielhkwan.wordpress.com

Hipotermia, mungkin banyak orang terutama mereka yang belum pernah melakukan pendakian merasa cukup asing dengan kondisi yang dapat merenggut nyawa penderitanya ini. Hipotermia merupakan kondisi saat tubuh mengalami kesulitan mengatur suhu tubuh dalam mengatasi tekanan suhu dingin di sekitarnya. Sehingga hipotermia hanya akan dialami seseorang saat sedang berada di suatu tempat yang sangat dingin.

Hingga kini yang paling sering terserang hipotermia adalah pendaki gunung dan kondisi ini menjadi salah satu penyebab kematian pendaki yang sedang melakukan kegiatan pendakian. Bagi kalian yang senang mengisi waktu luang dengan mendaki gunung bersama teman-teman, ada baiknya lebih waspada dengan memperhatikan hal-hal apa saja yang harus kamu pakai dan lakukan saat mendaki gunung. Berikut ini 5 hal yang dapat dilakukan untuk mencegah hipotermia :

5 HAL YANG DAPAT DILAKUKAN UNTUK MENCEGAH HIPOTERMIA

  1. Sebelum berangkat pastikan perlengkapanmu untuk mendaki sudah lengkap dan sesuai prosedur. Gunakan pakaian khusus mendaki seperti jaket gunung dengan polar di dalam serta anti air dan anti angin, celana lapangan jenis quick dry yang akan cepat mengering setelah terkena air, sleeping bag, jas hujan, serta aksesoris seperti kaos kaki dan sarung tangan polar. Menambahkan topi model “kupluk” dan penutup telinga juga baik untuk menghindarkan tubuhmu dari kedinginan.

  1. Jangan gunakan celana jeans saat mendaki. Karena celana jeans susah kering, akan berbahaya jika terkena air ataupun keringat. Selain itu celana jeans juga akan menghambat gerakmu.

  1. Sebisa mungkin hindari kontak dengan air. Selalu sedia jas hujan meski tidak sedang musim hujan. Jika hujan turun segerakan untuk memkai jas hujan meski hujan masih rintik-rintik.

  1. Jika pakaianmu teras basah, segerakan untuk berganti pakaian. Pakaian yang basah merupakan salah satu faktor penyebab turunya suhu tubuh yang berujung pada hipotermia.

  1. Ketika sudah saatnya istirahat, pastikan kamu tidur dalam kondisi hangat. Alasi sleeping bag dengan matras sebelum digunakan, gunakan jaket tebal berbahan polar serta kaos kaki, topi “kupluk, dan sarung yangan polar. Jangan tidur sebelum tubuhmu benar-benar merasa hangat dan nyaman. Menggunakan pakaian double akan lebih baik agar menjaga tubuhmu tetap hangat.

Inilah 5 hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah hipotermia. Buat kamu yang hobi mendaki gunung, tetap waspada, hati-hati, dan jaga staminamu sebelum melakukan pendakian. Jangan sampai rencanamu untuk menikmati keindahan alam berakhir bencana. Happy traveling, smart traveler!



//

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com