Kota Landmark Museum

Kritik dan Pengalaman Berkunjung ke Desa Sasak Sade, Lombok




Toilet yang Belum Bersih

Kritik dan Pengalaman Saya Berkunjung ke Desa Sasak Sade, Lombok

Foto: waspada.co.id

Well, Ini adalah pengalaman saya pribadi waktu berkunjung ke Lombok, dan menyempatkan diri berkunjung ke Desa Sasak Sade ini. Problem yang umumnya terjadi di hampir semua destinasi wisata atau tempat yang sering dikunjungi banyak orang di republik ini adalah menjaga kebersihan, khususnya kebersihan toiletnya.

Termasuk di Desa Sasak Sade ini. Kawasan ini sebetulnya cukup terkenal di kalangan turis lokal atau mancanegara yang datang ke Lombok. Namun, entah kenapa toiletnya belum bisa dijaga kebersihannya, bisa dibayangkan dong kalau ada turis mancanegara masuk ke toilet, kemudian merasa sangat tidak nyaman dengan hal tersebut, bukan tidak mungkin mereka akan menceritakannya ke seluruh dunia. Jadi tidak heran kalau lombok hanya akan jadi destinasi wisata kelas Backpacker!

Katanya Minim Bantuan dari Pemda

Kritik dan Pengalaman Saya Berkunjung ke Desa Sasak Sade, Lombok

Foto: kotawisataindonesia.com

Waktu berkunjung ke Desa Sasak Sade ini, saya sempat bertanya ke penduduk lokal yang tinggal disana. Katanya sich minim bantuan dari pemdanya. Tidak tahu benar apa tidak, mungkin itu adalah salah satu ekspresi kekecewaan mereka terhadap lambannya pemerintah setempat dalam membantu pengembangan desa wisata mereka.

Apa akan selalu seperti itu?

Kritik dan Pengalaman Saya Berkunjung ke Desa Sasak Sade, Lombok

Foto: wego.co.id

Tidak tahu akan seperti itu sampai kapan. Ya mudah-mudahan seiring waktu berjalan, masyarakat yang tinggal di Desa Sasak ataupun stake-holder terkait dapat terus meningkatkan pelayanan mereka. Bagaimanapun di industri hospitality kenyaman para turis menjadi kunci utamanya.

Unik sich, dan lumayan nge-drive curiosity saya

Kritik dan Pengalaman Saya Berkunjung ke Desa Sasak Sade, Lombok

Foto: dilombok.com

Salah satu value-proposition yang dapat saya nikmati dari desa wisata ini adalah keunikannya yang mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lain. Belajar banyak seputar kehidupan suku sasak yang notabene adalah salah satu suku asli pulau Lombok.

Well, gimana menurut anda? Apa cukup layak untuk disebut sebagai destinasi yang menarik untuk  dikunjungi?

Kritik dan Pengalaman Saya Berkunjung ke Desa Sasak Sade, Lombok

Foto: bankernote.com

Pada akhirnya semua kembali ke anda sebagai seorang turis yang datang ke lombok untuk berlibur. Apakah sejauh ini anda merasa nyaman dan suka dengan apa yang sudah ada di Desa Sasak Sade ini. Bagi saya pribadi, Desa Sasak Sade ini cukup baik dari sigi penataan, kawasannya tertata rapi, ada guide lokal yang siap dampingi kita berkeliling, tempat parkir tertata rapi, namun yang kurang dari sisi kebersihan dan itu fatal akibatnya bila tidak diperbaiki secepatnya. Dari skala 1-10, saya kasih nilai 7. Gimana  menurut anda?



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com