Kota Landmark

Berikut 6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Seputar Kota Medan yang Tidak Banyak Orang Tahu



Kota Medan sejak lama menyandang predikat sebagai kota terbesar di luar pulau Jawa. Dengan indikator jumlah populasi yang cukup besar, pendapatan per kapita yang cukup tinggi, dan menjadi salah satu pusat industri dan perdagangan di luar pulau Jawa. Cukup menarik untuk berbicara Kota Medan, berikut 6 hal yang perlu anda ketahui seputar Kota Medan yang tidak banyak orang tahu.

Bukan kotanya orang Batak

Kota medan kota terbesar di sumatra

Kawasan down-town Kota Medan setiap harinya. Foto: dzak-irah.blogspot.com

Medan merupakan salah satu kota di Indonesia yang sangat-Indonesia. Ada beragam etnis yang tinggal di kota ini. Mulai dari Batak, Melayu, Tionghoa, Jawa, Aceh, Minang dan sebagainya. Apalagi hari ini seiring perkembangan kota Medan yang cukup pesat membuat semakin banyak pendatang yang tinggal di kota ini. Namun yang perlu anda ketahui, kalau etnis batak bukanlah etnis asli Kota Medan melainkan Melayu lah etnis asli Kota Medan.

Medan punya bandara pertama di Indonesia yang punya kereta api yang terintegrasi dengan bandara

Kota medan, bandara kualanamu medan, stasiun kereta medan

Ini adalah salah satu potret di stasiun kereta di bandara Kualanamu Medan. Foto: tesyasblog.com

Ini merupakan salah satu bukti kalau kota Medan tidak ketinggalan dengan kota-kota besar di pulau jawa, atau mungkin bisa dibilang melampaui kota-kota di pulau jawa. Kota Medan menjadi kota pertama di Indonesia yang mempunyai moda transportasi kereta yang langsung terhubung dari pusat kota langsung ke bandara internasionalnya. Bagi anda yang suka bepergian, baik sekedar jalan-jalan atau untuk keperluan pekerjaan pasti sangat membantu dengan moda transportasi seperti ini.

Medan juga punya banyak peninggalan gedung tua

Kota tua kota medan, gedung tua kota medan, gedung peninggalan penjajahandi medan

Banyak peninggalan gedung tua yang tidak terawat di Kota Medan. Foto: wikimedia.org

Kota Medan dahulu kala terkenal sebagai salah satu kota perkebunan di Indonesia. Tidak heran jika di jaman penjajahan, Medan ditempatkan sebagai salah satu kota prioritas bagi mereka. Perkembangan ekonomi yang cukup pesat pada saat itu membuat banyak pendatang dari mancanegara khususnya dari negara barat tinggal di kota ini.

Sehingga tidak heran jika banyak ditemukan banyak bangunan tua di kota ini, seperti gedung balai kota lama, kantor pos lama, gedung kantor perkebunan london sumatra, rumah tjong a fie, istana maimun, masjid besar medan,dan sebagainya. Semuanya mewakili golongan masing-masing waktu itu. Namun, sayangnya banyak bangunan tua itu yang tidak terawat, padahal dahulu kala Kota Medan juga mendapatkan julukan Paris van Sumatra, yang artinya Parisnya pulau Sumatra. Jadi tidak heran kalau banyak peninggalan gedung tua yang megah di pusat kota Medan.

Selain Becak Medan, ada juga Sudako

Sudako kota medan, bus di kota medan, angkot di kota medan

Sudako di Medan! Foto: phinixs-blogspot.com

Mungkin kita sering melihat di TV tentang becak motor Medan. Becak motor Medan seperti menjadi ikon moda transportasi di Kota Medan, padahal selain becak motor juga ada yang namanya Sudako alias Sumatra Daihatsu Company. Moda transportasi ini sebetulnya mirip seperti angkot pada umumnya, namun bentuknya saja yang agak berbeda.

Selain Bika Ambon dan Bolu Meranti, jangan lupa cicipi pula Daun Ubi Tumbuk dan Ikan Sambal Teri

Daun ubi tumbuk khas medan

Daun Ubi Tumbuk khas Kota Medan! Foto: oenidian-blogspot.com

Selain Bika Ambon dan Bolu Meranti yang biasanya jadi oleh-oleh khas Kota Medan. Jangan lupa untuk mencicipi Daun Ubi Tumbuk yang bisa jadi sayuran anda dan juga Ikan Sambal Teri sebagai lauknya.

Kalau mau ke Danau Toba biasanya transit di Kota Medan dulu

danau toba kota medan, danau toba malam hari

Danau Toba menjadi salah satu destinasi favorit di Sumatra! Foto: tobatabo.com

Mostly, bagi anda yang hendak plesiran ke Danau Toba, biasanya transit di Kota Medan dulu karena akses yang mudah dan akomodasinya yang cukup lengkap. Disamping itu juga, bila lewat Kota Medan, anda juga bisa mengunjungi spot-spot menarik lainnya di Kota Medan. Mulai dari Istana Maimun, Rumah Tjong A Fie, Masjid Raya Kota Medan, dan peninggalan gedung-gedung tua lainnya.



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com