Kota

Keliling Kota Malang Gratis naik Malang City Tour, Macito



//

Malang City Tour atau Macito melaju di depan Balai Kota Malang untuk mengantarkan penumpang berwisata berkeliling Kota. Foto : mamumam.blogspot.com

Malang City Tour atau Macito melaju di depan Balai Kota Malang untuk mengantarkan penumpang berwisata berkeliling Kota. Foto : mamumam.blogspot.com

Kota Malang tampaknya sedang giat meningkatkan sektor pariwisatanya. Terbukti dengan hadirnya Malang City Tour atau disingkat Macito, bis wisata yang akan mengajakmu berkeliling kota Malang tanpa dipungut biaya apapun alias gratis. Hingga kini terdapat 2 unit bis yang telah disediakan Pemkot Malang. Bis dua tingkat berwarna hijau ini bisa kamu temui didepan Kantor Balai Kota Malang setiap hari Senin – Sabtu mulai jam 09.00 hingga jam 12.00 dan Minggu mulai jam 10.00 hingga jam 12.00.

Tulisan Malang City Tour tertulis di salah stu bagian bis. Foto : twitter.com

Tulisan Malang City Tour tertulis di salah stu bagian bis. Foto : twitter.com

Pada awal kemunculannya, bis berkapasitas 40 orang ini sempat bikin pemkot Malang kewalahan karena peminat yang membludak. Bukan hanya wisatawan domestik dan mancanegara saja yang ingin mencoba serunya naik Macito, rupanya warga Malang sendiri juga turut penasaran berkeliling kota dengan bis hijau bertingkat dua ini. Karena peminat yang membludak dan kapasitas bis yang terbatas, pemkot sempat membuat peraturan yang mendahulukan wisatawan mancanegara dan domestik untuk naik ke dalam bis, jika masih ada kursi kosong barulah warga Malang dipersilahkan naik.

Untuk masuk ke dalam Macito cukup tunjukkan KTP saja kok.

Bagian dalam Malang City Tour atau Macito. Foto : twitter.com

Bagian dalam Malang City Tour atau Macito. Foto : twitter.com

Lantai atas bis menjadi tempat favorit penumpang untuk duduk sambil menikmati pemandangan, jadi tempat ini yang biasanya lebih dulu dipenuhi wisatawan ketimbang lantai bawah. Tak sampai 20 menit Macito biasanya sudah dipadati penumpang. Demi keamanan dan kenyamanan penumpang, bis hanya melaju dengan kecepatan sekitar 20 km per jam dan didampingi oleh pemandu wisata yang berbicara melalui speaker.

Para penumpang akan mendapatkan berbagai informasi tentang kota Malang dari pemandu wisata yang berbicara dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

So, wisatawan mancanegara nggak akan bengong sepanjang perjalanan. Penumpang yang duduk di bagian atas bis dihimbau untuk tidak berdiri dan tetap waspada dengan dahan pohon atau kabel listrik yang melintang.

Malang City Tour menjadi salah satu kendaraan wisata kebanggaan Kota Malang. Foto : twitter.com

Malang City Tour menjadi salah satu kendaraan wisata kebanggaan Kota Malang. Foto : twitter.com

Jalur yang dilewati bis wisata ini adalah Balai Kota Malang – Alun-Alun Merdeka – Jalan Kawi – Jalan Ijen kemudian putar balik di Simpang Balapan dan kembali ke Balai Kota.

Saat sampai di depan Museum Brawijaya supir biasanya menghentikan laju bis dan meminta penumpang yang duduk di atas untuk bertukar tempat dengan penumpang yang duduk di bawah. Hal ini dimaksudkan agar seluruh penumpang sama-sama merasakan bagaimana duduk di atas maupun di dalam bis. Lucu banget kan? Biar adil dan nggak ada iri-irian gitu deh. Perjalanan menggunakan Macito ditempuh selama 30 – 45 menit tergantung lancarnya arus lalu lintas pada jalur yang dilewati. Macito hanya mengangkut dan menurunkan penumpang di depan Balai Kota saja karena disanalah satu-satunya shelter yang ada.

FYI, Macito bisa dibooking untuk rombongan juga lho, caranya bisa order ke petugas Macito jauh-jauh hari.

Gimana penasaran kan pengen naik Macito? Buat kamu yang akan berkunjung ke Kota Malang, pastikan  coba naik bis hijau unyu yang satu ini. Happy traveling!



//

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com