Inspirasi Pulau

Keindahan Air Terjun Mata Jitu Sumbawa Yang Membuat Pengunjung Terpesona





Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan dengan pemandangan alam yang indah. Penjelajahan ke berbagai pulau di negara ini bisa menjadi tujuan traveling yang mengasyikkan. Sumbawa adalah salah satu daerah yang layak menjadi rekomendasi wisata alam karena memiliki sederet destinasi yang memikat hati. Salah satu yang bisa Anda jelajahi adalah Air Terjun Mata Jitu Sumbawa dengan keindahan tiada tara. Bagaimana sih perjalanan menuju tempat ini?

Obyek Wisata Yang Tersohor Hingga Mancanegara

Keindahan Air Terjun Mata Jitu Sumbawa Yang Membuat Pengunjung Terpesona

Obyek wisata favorit Sumbawa Foto: www.indonesiakaya.com

Air terjun Mata Jitu Sumbaya terletak di Dusun Oiramu, Desa Labuan Aji, Kecamatan Labuan Badas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Letaknya memang tersembunyi dan memerlukan penjelajahan panjang untuk bisa sampai ke sana. Air terjun ini memiliki keindahan memikat yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Salah satu tokoh terkenal yang pernah berkunjung ke sini adalah mendiang Putri Diana dari Inggris.

Perjalanan Ke Lokasi Air Terjun

Keindahan Air Terjun Mata Jitu Sumbawa Yang Membuat Pengunjung Terpesona

Pemandangan indah menuju Air Terjun Mata Jitu Foto: backpackstory.me

Lokasinya berjarak sekitar 21 km dari kota Sumbawa Besar, yang menjadi ibu kota kabupaten Sumbawa. Air terjun Mata Jitu Sumbawa ini bisa diakses dengan membawa kendaraan pribadi atau menyewa mobil di Sumbawa Besar. Perjalanan dengan ojek juga bisa menjadi alternatif. Rute jika menggunakan ojek adalah dari Sumbawa Besar menuju Ai Bari. Setelah itu, Anda bisa menyewa perahu nelayan menuju Pulau Moyo. Selama dua jam perjalanan, panorama Pulau Moyo akan memanjakan mata pengunjung.

Begitu tiba di Desa Labuan Aji, perjalanan bisa dilanjutkan dengan ojek yang memakan waktu selama 25 menit. Melalui perjalanan ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan savana ala Afrika dan perbukitan indah hingga sampai di lokasi Air Terjun Mata Jitu Sumbawa.

Pemandangan Memesona Air Terjun Mata Jitu

Begitu tiba di lokasi, pengunjung akan dibuat terpukau oleh panorama alamnya yang indah. Ada tiga buah undakan yang bisa ditemui pengunjung Air Terjun Mata Jitu Sumbawa dengan masing-masing memiliki tinggi 7 meter. Mata Jitu sendiri punya arti sebagai mata air yang jatuh tepat di kolam yang ada di bawahnya.

Keindahan Air Terjun Mata Jitu Sumbawa Yang Membuat Pengunjung Terpesona

Keindahan Air Terjun Mata Jitu yang memikat Foto: wisatalombokaja.blogspot.com

Air terjun Mata Jitu Sumbawa ini memiliki air yang terlihat sangat jernih sehingga membuat keindahannya benar-benar terpancar. Jenis batuan yang berada di sekitarnya bukan batu padat seperti yang ditemui pada umumnya, tapi berupa batu kapur. Air terjun ini juga dihiasi oleh stalaktit dan stalakmit di bagian permukaan dinding yang membuatnya terlihat lebih fantastis.

Sekeliling Air Terjun Mata Jitu Sumbawa ini terdapat pohon-pohon hijau alami yang membuat suasana asri dan sejuk saat berwisata di sana. Tapi, pengunjung tidak boleh menceburkan diri di dalam kawasan air terjun ini, lho. Pengelola di sana memberlakukan aturan ketat untuk hal yang satu ini demi menjaga keindahan air terjun. Kalau ingin mandi, ada spot tersendiri yang khusus disediakan untuk bermain air bagi para travelers.

Meskipun letaknya tersembunyi, tapi fasilitas dan akomodasi menuju Pulau Moyo sudah sangat lengkap, sehingga Anda bisa melakukan wisata dengan tenang. Selamat bersenang-senang di Air Terjun Mata Jitu ini, ya!



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com