Pantai

Keanehan di Pantai Cilauterureun, Apa Itu?

Trevelsia.com – Kota Garut dikenal sebagai pusatnya dodot, tak lengkap rasanya berkunjung ke Kota Garut tanpa membeli oleh-oleh dodol garut. Namun, selain dikenal dengan makanan khasnya, Kota Garut juga dikenal dengan destinasi wisatanya. Salah satu destinasi menarik di Garut adalah pantainya yang memiliki karakteristik menarik. Ada satu pantai menarik yang memiliki keanehan di Garut, pantai itu bernama Pantai Cilauterureun.

Pantai Cilauteureun yang mempesona.

Pantai Cilauteureun yang mempesona.

Lokasi Pantai Cilauterureun

Pantai Cilauterureun atau banyak dikenal masyarakat Garut dengan sebutan Pantai Sentolo. Lokasinya berada di Kecamatan Cikelet, Garut Selatan. Dari pusat Kota Garut, berjarak kurang lebih 90 KM dengan waktu tempuh kurang lebih 3,5 jam. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau moda transportasi seperti; elf dan minibus.

Keanehan Pantai Cilauterureun

Pantai Cilauterureun ini memiliki keanehan yang bisa dibilang malah menjadi keunikan dari Pantai yang berada di Garut Selatan ini. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Cilauterureun memang akan merasa kejenuhan karena waktu tempuhnya yang lama dan jalanan yang berkelok. Namun, semuanya akan terpuaskan dengan keindahan di Pantai Cilauterureun.

Saat telah memasuki pintu masuk Pantai Cilauterureun, wisatawan akan dikenakan biaya retribusi. Selanjutnya, wisatawan akan melanjutkan perjalanan menuju bibir Pantai Cilauterureun. Tidak jauh dari Pantai ini, wisatawan juga dapat melihat stasiun peluncuran roket milik LAPAN (Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional). Sesampainya di bibir pantai, wisatawan dapat memarkirkan kendaraan pribadinya di beberapa tempat penitipan kendaraan yang berada di dekat bibir pantai.

Mungkin banyak yang bertanya, apa sih sebenarnya keanehan dari Pantai Cilauterureun? Keanehannya terletak pada air lautnya yang mengalir ke sungai. Nama pantai ini pun diambil dari keanehannya tersebut,  Cilauteureun berasal dari gabungan  tiga kata, yaitu Ci, Laut dan Eureun. Ci berarti Cai yaitu air, laut adalah laut, lepas pantai dan Eureun adalah berhenti, dan apabila digabungkan menjadi  air laut yang terhenti. Biasanya, air sungai itu mengalir dari sungai menuju laut, sifat air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah, berarti air laut lebih rendah dari air sungai, maka ketika di muara, air sungai turun ke laut, bukan sebaliknya air laut yang turun ke muara sungai. Yang terjadi di Pantai Cilauteureun sebaliknya, air laut yang turun ke muara, bukan dari muara menuju laut.

Keindahan Pantai Cilauteureun ini terhamparnya pasirnya yang putih dari ujung barat hingga timur, wisatawan dapat menikmatinya dengan menyewa banana boat, berenang, atau belanja ikan di tempat pelalangan ikan di dekat pantai ini. Selain bisa menikmati keindahan pantai, wisatawan dapat menikmati Pulau Santolo dengan menyebrang menggunakan perahu-perahu nelayan.

Keanehan yang menjadi keunikan dari Pantai Cilauteureun ini memang menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan saat berkunjung ke pantai ini. Bagaimana denganmu, tertarik berkunjung ke Pantai Cilauteureun?

 

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com