Gunung Inspirasi

Kasepuhan Ciptagelar, Desa Adat dengan Kearifan Lokal di Kaki Gunung Halimun

Peradaban yang semakin modern ternyata masih menyisakan berbagai desa adat dengan sentuhan tradisional yang kental di tanah air. Seperti salah satunya adalah Kasepuhan Ciptagelar, desa adat yang terletak di kaki Gunung Halimun, Sukabumi, Jawa Barat. Meskipun tersembunyi, tapi pesonanya selalu sukses bikin pengunjung jatuh cinta.

Perjalanan Menuju Lokasi yang Penuh Perjuangan

Kasepuhan Ciptagelar, Desa Adat dengan Kearifan Lokal di Kaki Gunung Halimun

Desa adat yang kental dengan nuansa budaya di kaki gunung Halimun. Foto: phinemo.com

Kasepuhan Ciptagelar berada di lokasi Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Belum banyak yang tahu kalau di kawasan tersebut terdapat sebuah desa adat yang masih kental dengan sentuhan budaya tradisional. Perjalanan menuju lokasi membutuhkan perjuangan ekstra. Dari Sukabumi, perjalanan dimuai menuju Pantai Pelabuhan Ratu yang membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Cisolok.

Perjuangan menuju Kasepuhan Ciptagelar semakin ekstra begitu memasuki jalur taman nasional. Di sini, pengunjung akan menemukan jalanan yang menyempit dan jalur yang masih alami. Jangan kaget menemukan jalan yang penuh batu dan jembatan kayu seadanya saat menjelajahi area tersebut. Perjalanan semacam ini akan ditempuh sekitar 3-4 jam perjalanan.

Desa Adat yang Penuh Keramahan

Kasepuhan Ciptagelar, Desa Adat dengan Kearifan Lokal di Kaki Gunung Halimun

Masyarakat lokal yang terkenal ramah. Foto: nationalgeographic.co.id

Memasuki wilayah Kasepuhan Ciptagelar, pengunjung akan disambut dengan panorama hamparan sawah kehijauan milik penduduk lokal. Pemukiman penduduk sebagian besar berbentuk rumah panggung. Jika ingin menginap, warga dengan terbuka menyediakan rumahnya sebagai lokasi penginapan. Mereka sendiri tidak mematok harga per malamnya. Jadi, semuanya diserahkan langsung pada wisatawan.

Berada di Kasepuhan Ciptagelar sangat terasa sekali kearifan lokalnya. Wisatawan yang menginap akan disambut dengan sebaik-baiknya. Saat jam makan pun mereka tetap menyuguhkan makanan kepada wisatawan tanpa diminta.

Di pagi hari, wisatawan bisa menikmati panorama matahari terbit yang cantik dari rumah panggung. Bagi pecinta fotografi, jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen istimewa ini. Setelah itu, sempatkan diri berjalan-jalan di leuit atau lumbung padi milik masyarakat. Tempat ini menjadi spot foto-foto yang banyak disukai wisatawan.

Menikmati kearifan lokal di Kasepuhan Ciptagelar bisa memberikan sensasi liburan yang berbeda selama di Sukabumi. Yuk rencanakan penjelajahanmu, travelers!

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com