Gunung Inspirasi

Karst Sangkulirang Mangkalihat, Pesona Alam Bukti Peradaban Manusia

Indonesia memiliki beragam bentang alam yang memberikan pesonanya tersendiri. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke tanah air. Jika ingin menjelajah kekayaan alam di Indonesia, Karst Sangkulirang Mangkalihat yang terletak di Kalimantan Timur bisa menjadi destinasi yang tepat. Di sana, Anda akan dimanjakan oleh kemegahan pegunungan karst yang jadi bukti peradaban manusia.

Pesona Pegunungan Karst di Kalimantan Timur

Karst Sangkulirang Mangkalihat, Pesona Alam Bukti Peradaban Manusia

Pesona pegunungan karst di Kalimantan Timur. Foto: nature.or.id

Karst Sangkulirang Mangkalihat terletak di Kalimantan Timur, tepatnya terbentang di antara Kutai Timur dan Berau. Lokasi ini merupakan pegunungan karst yang terbentang megah dan dikelilingi dengan dinding terjal, gua bawah tanah, dan perbukitan kehijauan yang siap bikin pengunjung terpukau oleh keindahan alamnya.

Untuk mencapai Karst Sangkulirang Mangkalihat, pengunjung bisa menempuh perjalanan dari Samarinda dengan bus atau menyewa mobil. Waktu tempuhnya sendiri sekitar 8-9 jam yang sangat melelahkan. Namun, perjalanan panjang yang dilewati traveler dapat terbayar lunas oleh keindahan alam dari kawasan pegunungan yang menampilkan pemandangan menakjubkan ini.

Bukti Peradaban Manusia Awal di Indonesia

Karst Sangkulirang Mangkalihat, Pesona Alam Bukti Peradaban Manusia

Lukisan di dinding gua yang jadi bukti peradaban awal manusia. Foto: rusliansyah05.blogspot.com

Karst Sangkulirang Mangkalihat ini menjadi salah satu situs yang memberikan informasi tentang peradaban awal manusia di Indonesia. Jejak manusia purba bisa dilihat dari lukisan di dinding gua berupa lukisan tangan, gambar perahu, dan gambar berbagai jenis binatang. Menurut penelitian, gambaran ini sudah ada sejak 10.000 SM. Ada juga beberapa peralatan yang ditemukan di sini, seperti wadah dari tanah liat dan alat-alat yang terbuat dari batu. Banyak yang mempercayai kalau tempat ini menjadi awalan kehidupan manusia purba di Indonesia.

Lokasi ini juga memiliki banyak potensi alam yang bisa menjadi daya tarik tersendiri. Di kawasan Karst Sangkulirang Mangkalihat, penjelajah bisa menemukan gua berlorong yang jumlahnya mencapai puluhan hingga sungai bawah tanah. Tempat ini juga menjadi lokasi penelitian beberapa bidang, mulai dari plaentologi, arkeologi, litologi, hingga geologi karena kekayaan alam spot tersebut.

Berbagai potensi alam yang dimiliki Karst Sangkulirang Mangkalihat membuat tempat ini dilindungi oleh pemerintah setempat. Hal tersebut disebabkan keberadaan karst seperti ini yang sudah hampir terancam punah. Tertarik untuk menjelajah keindahan karst ini, travelers?

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com