Inspirasi Kota

Kampung Topeng Malang, Wisata Baru yang Langsung Jadi Favorit

Masyarakat dan Pemerintah Malang sepertinya nggak juga kehabisan ide untuk mengembangkan pariwisatanya. Setelah sukses dengan Kampung Warna-Warni dan Kampung Tridi yang viral di media sosial beberapa waktu lalu, kini ada kampung wisata lainnya yang bisa disambangi saat mengunjungi Kota Apel tersebut. Kampung Topeng Malang siap menyambut liburan Anda!

Kampung Penampungan Pengemis dan Gelandangan

Kampung Topeng Malang, Wisata Baru yang Langsung Jadi Favorit

Awalnya menjadi kampung penampungan pengemis dan gelandangan. Foto: radarmalang.co.id

Salah satu hal yang unik dari Kampung Topeng Malang ini adalah asal usulnya. Sebelumnya, kampung yang terletak di Dusun Baran, Kecamatan Kedung Kandang, Malang ini menjadi tempat penampungan gelandangan dan pengemis. Kemudian, Kepala Dinas Sosial Kota Malang, Sri Wahyuningtyas menggagas ide untuk membangun tempat ini menjadi salah satu kampung wisata yang menarik dikunjungi. Alhasil, kampung yang semula nggak ada yang melirik ini langsung membuat para wisatawan tertarik untuk berkunjung.

Topeng Sebagai Salah Satu Budaya Malang

Kampung Topeng Malang, Wisata Baru yang Langsung Jadi Favorit

Topeng sebagai salah satu budaya Malang. Foto: blog.reservasi.com

Kampung Topeng Malang mengusung wisata topeng yang menjadi salah satu budaya khas Malang. Ada ratusan topeng warna-warni yang dipajang di sekitaran kampung. Selain itu, masyarakat sekitar juga mempercantik rumah-rumah warga dengan cat warna-warni sehingga lokasi ini jadi semakin menarik perhatian pengunjung. Tempat ini baru selesai diresmikan pada Februari 2017 lalu. Meskipun umurnya masih terbilang pendek, tapi sudah banyak wisatawan yang datang tiap harinya.

Main-main ke Kampung Topeng Malang dapat meningkatkan pengetahuan tentang budaya topeng Malangan dengan lebih detil, misalnya saja jenis-jenis topeng yang ada. Kampung tematik ini juga menjadi obyek yang tepat untuk berfoto. Banyak spot menarik yang bisa membuat background foto lebih menarik.

Fasilitas yang ada di Kampung Topeng Malang juga sudah terbilang lengkap. Ada area parkir yang cukup luas untuk menampung motor pengunjung. Jika sudah lelah jalan-jalan, Anda bisa beristirahat sambil menikmati suasana di tempat duduk yang telah disediakan. Toilet dan warung kecil juga bisa ditemui di sana. Akses menuju kampung ini nggak sulit kok. Gunakan panduan Google Maps atau bertanya pada masyarakat sekitar juga bisa menjadi pilihan.

Sampai jumpa di Malang ya, Travelers!

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com