Kota Landmark

Jodipan, Kampung Warna Warni di Malang Membawa Berkah Bagi Warga Sekitar

Foto kampung warna-warni di Malang dari atas jembatan.

Foto kampung warna-warni di Malang dari atas jembatan.

Trevelsia.com– Sudah pernah dengar tentang Rio de Janeiro? Salah satu kawasan kumuh di Brazil ini berubah menjadi indah setelah dibuat berwarna-warni oleh dua seniman Belanda Haas & Hahn. Tapi kamu tak perlu jauh-jauh ke sana untuk melihat kota warna-warni itu karena kini sudah ada Kampung Warna Warni di Malang tepatnya di kawasan Jodipan.

Kampung warna warni di Malang ini muncul berkat gagasan mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhamadiyah Malang. Awalnya para mahasiswa ini mendapat tugas praktikum dari kampusnya. Tujuan mereka mempercantik kampung ini adalah untuk merubah perilaku masyarakat karena dulunya kawasan tersebut termasuk dalam kategori kampung kumuh.

Sosialisasi dan pencarian sponsor dimulai sejak bulan April 2016. Gagasan para mahasiswa pun disambut baik oleh perusahaan cat Indana. Proses pengecatan pun dimulai pada tanggal 6 Juni 2016. Kegiatan ini melibatkan tukang cat yang ditugaskan oleh perusahaan Indana, warga kampung, serta TNI mengecat tiang jembatan rel kereta api.

Terdapat tiga RT atau Rukun Tetangga yang masuk dalam daerah pengecatan yaitu RT 6, 7, dan 9. Setiap warga dapat mengajukan permintaan warna cat untuk rumah mereka masing-masing asalkan tidak sama dengan warna cat tetangga sebelah rumah. Beberapa warga tidak segan mempercantik rumah mereka dengan menambah gambar-gambar unik antara lain :

Kreasi Gambar Warga Kampung Warna Warni di Malang

Gambar Naga

Seorang warga sedang sibuk menggambar naga di dinding rumah ketua RW setempat.

Seorang warga sedang sibuk menggambar naga di dinding rumah ketua RW setempat.

Sejak kampungnya mulai terkenal sebagai tempat wisata, warga semakin semangat untuk mempercantik rumah mereka. Salah satunya dengan menggambar naga.

Gambar Bunga

Salah satu rumah warga kampung warna warni di Malang tampak lebih cantik dengan gambar bunga-bunga.

Salah satu rumah warga kampung warna warni di Malang tampak lebih cantik dengan gambar bunga-bunga.

Bagaimana menurutmu dengan gambar bunga di rumah ini? Cantik sekali bukan?

Gambar Pokemon

Gambar pokemon menghiasi salah satu dinding rumah warga.

Gambar pokemon menghiasi salah satu dinding rumah warga.

Mau cari Pokemon? Di kampung warna warni Malang juga ada lho!

Tak disangka kampung yang berada di Jalan Juanda, Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang ini kemudian ramai didatangi pengunjung meski proses pengecatan masih belum sepenuhnya selesai. Sejak sekitar Bulan Juli lalu kampung ini berubah menjadi destinasi wisata hits di kalangan masyarakat. Ratusan pengunjung datang setiap harinya dan selalu meningkat saat akhir pekan tiba. Sebagian besar pengunjung datang selepas dzuhur hingga menjelang maghrib.

Ramainya pengujung yang datang ke kampung warna warni di Malang ini dimanfaatkan warga untuk menambah penghasilan. Beberapa di antaranya membuka usaha kecil-kecilan seperti :

Berjualan Bakso

Salah satu warga kampung warna warni di Malang mulai berjualan bakso sejak banyak pengunjung datang ke kampungnya.

Salah satu warga kampung warna warni di Malang mulai berjualan bakso sejak banyak pengunjung datang ke kampungnya.

Penjual bakso mengaku baru berjualan setelah banyak pengunjung yang datang ke kampungnya. Setiap hari ia bisa mendapat 200 ribu hingga 400 ribu dari berjualan bakso. So, kalau kamu merasa kelaparan selepas foto seru bareng teman-temanmu bisa mampir ke warung bakso ini yang berada tepat di samping tangga turun gang 1A.

Berjualan Snack

Salah satu warga kampung warna warni di Malang berjualan snack di depan rumahnya.

Salah satu warga kampung warna warni di Malang berjualan snack di depan rumahnya.

Beberapa warga mencoba mencari pendapatan tambahan dengan berjualan snack atau makanan ringan. Mereka menata snack serta minuman di teras dan ruang tamu. So, kamu nggak perlu khawatir akan haus atau kelaparan saat berkunjung ke kampung warna warni Malang ini.

Jasa Toilet Umum

Toilet umum kampung warna warni di Malang

Toilet umum kampung warna warni di Malang

Ini nih salah satu hal yang memang wajib ada di setiap tempat umum. Toilet umum yang awalnya hanya digunakan warga kini bisa dipakai oleh pengunjung yang tiba-tiba merasa ‘kebelet’ saat berkunjung ke kampung warna warni. Selfie asikmu tentu akan terasa terganggu jika kamu harus menahan urusan yang satu ini. Toilet umum ini berada tepat di sebelah lapangan dengan tembok hits warna warni yang biasanya dijadikan tempat berfoto para pengunjung.

Jasa Penitipan Sepeda Motor

Jasa penitipan sepeda motor kampung warna warni di Malang

Jasa penitipan sepeda motor kampung warna warni di Malang

Kini pengunjung tak perlu khawatir dengan keamanan kendaraan yang mereka bawa karena warga sekitar juga menyediakan jasa parkir atau penitipan sepeda motor di mulut gang kampung warna warni di Malang. Cukup membayar Rp 2000,- saja dengan petugas parkir yang ramah Insyaallah sepeda motor kamu aman.

Keberadaan kampung warna warni di Malang ini memang membawa berkah bagi banyak orang. Pak Parin, ketua RW 02 di kampung ini, merasa senang karena kini kampungnya tampak lebih bersih dan indah. Selain itu kondisi ini juga membantu meningkatkan perekonomian warga terutama pemuda yang awalnya pengangguran, kini memiliki penghasilan dengan menjadi tukang parkir.

Pada awalnya program kampung warna warni di Malang ini tidak melibatkan pemerintah Kota Malang. Namun, setelah ramai diperbincangkan masyarakat kini pemkot Malang mulai turut mendukung program ini. Salah satunya dengan akan hadirnya Abah Anton, walikota Malang dalam pembukaan kampung warna warni pada tanggal 4 September 2016. Pembukaan ini rencananya akan diisi dengan Reog Ponorogo, unjuk atraksi dari TNI, dan hiburan menarik lainnya. So, buat kamu yang belum datang kesini bisa coba mampir sekaligus saat pembukaan nanti.

Tertarik untuk berkunjung ke kampung warna warni di Malang ini? Jangan lupa baca dulu artikel 3 Spot Foto Menarik di Kampung Warna Warni Malang biar kamu nggak kelewatan spot foto cantik disana. Happy traveling!

 

 

 

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com