Air Terjun

Jelajah Alam Menantang di Sumber Pitu





Travelling dengan tracking yang cukup menantang sampai kemiringan 70 derajat, tapi bukan mendaki gunung? Ada air terjun Sumber Pitu di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang yang siap menyuguhkan pengalaman mendebarkan dalam perjalanan wisatamu. Sumber pitu atau sering disebut pula Coban Pitu sebenarnya memiliki sembilan sumber mata air yang mengucur indah dari atas ketinggian sekitar 30 meter. Air yang mengucur dikelilingi dengan tumbuh-tumbuhan air yang indah dipadukan dengan desir angin pepohonan, cuit burung, atau bahkan suara jengkerik dan gangsir menjelang sore. Tempat ini sungguh alami bahkan sinar matahari tak sepenuhnya sampai di permukaan tanah.

Pengunjung menikmati keindahan air terjun Sumber Pitu

Pengunjung menikmati keindahan air terjun Sumber Pitu

Selain Sumber Pitu, ada 2 destinasi lain yang bisa dijumpai disini yaitu grojokan satu dan sumber papat. Ketiganya terletak terpisah, tidak terlalu jauh tapi harus melewati medan jalan yang yang cukup ekstrim. Sumber Pitu berada sekitar 50 meter diatas Grojokan satu, tetapi satu-satunya akses menuju kesana adalah melewati tanjakan dengan kemiringan mencapai 70 derajat. Sedangkan sumber papat terletak di atasnya lagi. Tanjakannya alami berupa tanah, dikelilingi bebatuan tinggi, dan hanya ada seutas tali untuk berpegangan. Perlu perjuangan ekstra untuk sampai di atas, tapi mengabadikan gambar melalui ponsel dengan pemandangan yang indah sepadan untuk mengobati perjalanan itu. Sedang, bila anda melihat ke bawah, grojokan satu dan orang-orang yang ada tampak sekecil ayam.

2016-06-05 09.13.58 1

Sumber Pitu terletak sekitar 15 km dari pusat Kota Batu. Sampai di loket Sumber Pitu, kamu masih harus berjalan melewati bukit dan lembah sejauh 4 km dari lokasi parkir. Meski cukup jauh dan melelahkan tapi tak masalah, sebab pemandangan alam yang indah dan udara yang segar di sepanjang perjalanan bakal melupakan letihnya.

Jadi jangan heran bil bukan hanya wisatawan Pulau Jawa saja yang menggemari lokasi ini namun juga luar Pulau seperti Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera. Motor trail juga tak jarang berseliweran di sekitar lokasi sumber pitu sebab trackingnya menantang untuk dijelajah. Bila ingin berkunjung kesini cukup siapkan Rp 10 ribu untuk tiket masuk jajanan dan tentunya air minum. Selamat menjelajah!



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com