Kota Landmark

Jawatan Benculuk Banyuwangi, Wonderland Versi Dunia Nyata



//

Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten yang sedang gencar-gencarnya mempromosikan wisata daerah. Sebagai kabupaten yang berhadapan langsung dengan Pulau Bali, dulunya kabupaten Banyuwangi hanya dijadikan tempat singgah bagi wisatawan yang akan berlibur ke Pulau Bali.

Menyadari potensi sumber daya pariwisata daerah yang dimiliki, sepertinya pemerintah kabupaten Banyuwangi tidak rela hanya dijadikan tempat singgah. Sehingga pemerintah berupaya menjadikan kabupaten Banyuwangi sebagai salah satu tujuan wisata utama di Indonesia.

Banyak tujuan wisata di Banyuwangi yang sudah terkenal di kalangan wisatawan lokal bahkan wisatawan mancanegara seperti Kawah Idjen dengan pesona Blue Fire-nya. Pantai Plengkung dan Pantai Pulau Merah dengan ombaknya menggoda para peselancar dunia. Tidak hanya wisata alam, wisata budaya seperti menyaksikan Tari Gandrung dan juga kuliner seperti Rujak Soto hanya dapat Kalian nikmati bila berkunjung ke Banyuwangi.

Foto: fafamotivation.blogspot.co.id

Jarang-jarang bisa lihat pohon kayak gini ini! Foto: fafamotivation.blogspot.co.id

Dari sekian banyak tempat menarik di Banyuwangi, tempat yang satu ini masih belum cukup dikenal. Memang bukan dikomersilkan sebagai tempat wisata akan tetapi pihak pengelola memperbolehkan pengunjung untuk datang menikmati pesona alam satu ini. Terletak di kawasan selatan Banyuwangi, tepatnya di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring tempat ini biasa disebut Taman Jawatan atau Jawatan Benculuk.

Taman ini merupakan kawasan hutan lindung yang dikelola oleh pihak Perhutani dengan luas 3,8 ha. Meskipun bukan tempat wisata, tempat yang satu ini memiliki magnet tersendiri terutama bagi traveler yang hobi fotografi. Tempat ini memang menawarkan suasana alam yang luar biasa indah dengan pohon-pohon rindang berukuran besar dan bercabang-cabang yang menciptakan sebuah gambaran seperti di hutan purba atau lebih kerennya disebut sebagai Wonderland versi dunia nyata.

Foto: lens-shoot.blogspot.co.id

hemmm… Tenangnya!!! Foto: lens-shoot.blogspot.co.id

Pohon yang tumbuh di sini adalah Pohon Trembesi,  tumbuh teratur dan beratur jarak satu sama lain ini tumbuh teramat rindang. Tiap masing-masing batang pohon ditumbuhi benalu sejenis tumbuhan paku-pakuan. Usia Pohon Trembesi ini sudah cukup tua, karena telah ada sejak jaman penjajahan Belanda.

Tidak hanya sekedar berdiameter cukup besar, namun dahan pada bagian atasnya saling bersinggungan dengan pohon Trembesi di sebelahnya, sehingga membentuk semacam payung raksasa. Tidak heran, meski saat siang hari yang terik akan terasa asri. Hanya sesekali saja sinar matahari menembus ranting dan pohon. Kerennya lagi, rumput di taman ini berkualitas tinggi. Pengunjung dapat menggelar tikar. Piknik dech!!!

Foto: ganangalfianto.blogspot.co.id

Bawalah tikar ketika berkunjung kesini dan nikmati pemandangannya sambil berbaring. Foto: ganangalfianto.blogspot.co.id

Indahnya tempat ini ternyata menyimpan cerita sejarah yang tidak banyak diketahui orang. Menurut sebuah sumber yang tidak jelas benar atau tidaknya karena belum ada bukti valid, Taman Benculuk ini didirikan pada tahun 1951-1962 pada saat zaman penjajahan. Awalnya digunakan sebagai tempat menimbun kayu Jati berkualitas yang bersal dari berbagai daerah di Banyuwangi.

Selain itu, di sekitar jawatan ada sebuah bendungan yang digunakan sebagai pembangkit listrik di daerah sekitarnya. Tempat inilah yang menjadi tempat pertama dan satu-satunya di wilayah Banyuwangi selatan yang memiliki pembangkit listrik sendiri. Kemudian, terjadi penjarahan atas kayu-kayu tersebut secara besar-besaran. Sejak tahun 1970 surutlah kejayaan Jawatan dan tempat tersebut tidak digunakan lagi. Saat ini tempat ini dikenal sebagai tempat yang ditumbuhi pohon Trembesi tua yang memiliki suasana alam seperti taman Wonderland.

Foto: pinterest.com

Tidak hanya Alice memiliki Wonderland, Kita bisa bersepeda santai di ‘Wonderland’ satu ini. Foto: pinterest.com

Meskipun pengunjung masuk lokasi ini tanpa biaya masuk akan tetapi tempat ini juga dilengkapi oleh fasilitas seperti Toilet, Mushola bahkan juga ada kantin. Hanya saja masih belum  ada parkir khusus untuk memarkir kendaraan pengunjung. Lokasi Taman Jawatan mudah dijangkau.

Apabila dari Banyuwangi menuju Srono langsung Benculuk Jawatan (sebelum pertigaan Benculuk jalan menuju Grajakan). Apabila dari Genteng menuju Jajak langsung Benculuk Jawatan (sebelum pertigaan Benculuk jalan menuju Grajakan). Gerbang Jawatan berada 50 m dari jalan raya Jember-Banyuwangi. Tertarik untuk datang ke Wonderland ini?

#Indonesiaituindah #Menggalakkanpariwisatadalamnegeri #KalaudiIndonesiaadangapainkeluarnegeri



//

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com