Air Terjun

Jalan-Jalan ke Danau Toba Jangan Lupa Mampir ke Air Terjun Ini




Trevelsia.com – Siapa yang tidak kenal dengan Danau Toba, pasti semuanya sudah mendengar tentang Danau Toba beserta legendanya. Akan tetapi meskipun berada satu lokasi dengan Danau Toba tempat yang satu ini tidak banyak dikenal oleh wisatawan, bahkan keberadaannya hampir terlupakan.

Buat teman-teman yang akan mengunjungi Danau Toba boleh deh mampir ke tempat yang satu ini yang katanya bisa mendatangkan jodoh. Kabar bahagia bagi yang jomblo.  Oh iya, hampir lupa ngasih tahu namanya. Yap yang dimaksud disini adalah Air Terjun Situmurun atau juga biasa dikenal dengan Air Terjun Binangalom.

Ini dia air terjun yang meluncur deras ke Danau Toba, via tobaexplorer.wordpress.com

Ini dia air terjun yang meluncur deras ke Danau Toba, via tobaexplorer.wordpress.co

Air Terjun ini disebut Binangalom karena airnya berasal dari desa Binangalom Kecamatan Lumban Julu, Kota Parapat, Sumatera Utara. Kata Binangalom berasal dari nama sebuah sungai, yaitu Lum. Lum atau Lom dalam bahasa Batak Toba dapat diartikan sebagai air penyejuk hati. Dari sekian banyak air terjun yang ada di Indonesia air terjun ini tergolong unik karena airnya mengalir langsung jatuh ke Danau Toba. Untuk menuju air terjun ini bisa dicapai melalui Desa Gopgopan dengan menyewa kapal motor dan membutuhkan waktu sekitar 20 menit.




Air terjun ini dikatakan hampir terlupakan padahal dulu menjadi tujuan wisata favorit di Kota Parapat selain Batu Gantung yang sudah lebih dulu terkenal. Karena krisis ekonomi membawa perubahan orientasi wisatawan. Sewa kapal dianggap mahal oleh wisatawan lokal sehingga air terjun ini hanya diminati oleh wisatawan mancanegara.

Uang yang harus dikeluarkan untuk menyewa kapal adalah Rp 500.000,- sampai Rp 600.000,-. Supaya menghemat biaya teman-teman sebaiknya menyewa kapalnya rombongan saja. Aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan yakni berenang sambil menikmati burung bangau yang berterbangan di sekitar tebing dekat air terjun untuk mencari ikan pora-pora yang berloncatan. Akan tetapi, wisatawan tidak boleh berenang terlalu dekat dengan air terjun dikarenakan arusnya cukup deras. Bagi yang sudah puas menikmati air terjun ini silahkan dilanjutkan dengan berkeliling di Danau Toba.

Mandi di Danau Toba sekaligus menikmati guyuran air terjun, via tobaexplorer.wordpress.com

Mandi di Danau Toba sekaligus menikmati guyuran air terjun, via tobaexplorer.wordpress.com

Bagaimana teman-teman apakah sudah siap berangkat? Daripada penasaran dan kebawa mimpi indahnya Air Terjun Binangalom sekaligus Danau Toba mendingan siapin ongkos buat berangkat deh!!!! see ya…..




Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com