Tips Traveling

Ini Lho Tata Cara Membuat E-Passport dan Syarat yang Diperlukan

Cara membuat e-passport mungkin membingungkan bagi sebagian orang yang hobi traveling. Meskipun memiliki fungsi yang sama dengan paspor konvensional, tapi ada kelebihan lain yang dimiliki oleh e-passport. Paspor ini memiliki chip yang ditanamkan dan berisi data biometrik pemilik, seperti wajah, sidik jari, dan data pendukung lain sehingga akan sulit dipalsukan. Belum lagi iming-iming bebas visa jika ingin berkunjung ke Jepang.

Nah, berikut ini cara membuat e-passport berikut syarat yang perlu disiapkan!

Kantor yang Melayani Pembuatan E-Passport

Ini Lho Tata Cara Membuat E-Passport dan Syarat yang Diperlukan

Cari tahu kantor yang melayani e-passport. Foto: megapolitan.kompas.com

Cara membuat e-passport sebenarnya hampir sama dengan paspor konvensional. Bedanya sementara ini pelayanan e-passport hanya bisa dilakukan di 3 kota, yaitu Jakarta, Batam, dan Surabaya. Di wilayah Jakarta, kantor yang bisa melayani pembuatan paspor ini adalah Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Tanjung Priok, dan Soekarno Hatta. Sementara itu di Batam Anda bisa datang ke Kantor Imigrasi Batam. Kalau di Surabaya, datangi saja Kantor Imigrasi Kota Surabaya.

Syarat yang Perlu Disiapkan

Cara membuat e-passport selanjutnya adalah menyiapkan dokumen yang diperlukan. Anda perlu membawa:

  1. KTP dan Kartu Keluarga
  2. Akta Kelahiran atau Ijazah
  3. Surat Rekomendasi
  4. Kartu Pelajar
  5. Lembar Pernyataan Paspor Baru

Surat rekomendasi diperlukan kalau Anda bukan berasal dari kota tempat mengurus paspor. Surat rekomendasi ini diberikan oleh perusahaan dengan tanda tangan atasan dan stempel perusahaan. Sementara itu, lembar pernyataan paspor baru bisa didapatkan di kantor imigrasi.

Lengkapi Dokumen Asli dan Fotokopi

Jika Anda harus mengurus e-passport di luar kota, pastikan dokumen yang diperlukan sudah lengkap saat tiba di lokasi. Bawa fotokopi dokumen ukuran A4, karena di luar itu biasanya akan ditolak petugas. Jangan lupa bawa juga arsip yang asli jika petugas meminta untuk diperlihatkan. Dokumen yang lengkap bisa menunjang cara membuat ­e-passport yang lebih efektif.

Datang ke Lokasi Lebih Awal

Ini Lho Tata Cara Membuat E-Passport dan Syarat yang Diperlukan

Datang ke lokasi lebih awal untuk mendapatkan nomor antrian. Foto: traveling.setyobudianto.com

Karena ada banyak orang yang akan mengurus paspor, sudah pasti Anda perlu datang lebih awal demi mendapatkan nomor antrian. Beberapa lokasi pembuatan paspor di Jakarta sudah dipenuhi masyarakat yang antri sejak jam 4 pagi. Cara membuat e-passport bisa lebih cepat jika Anda datang lebih awal.

Bawa Alat Tulis Sendiri

Jangan lupa membawa alat tulis sendiri saat datang ke kantor imigrasi. Hal ini sangat penting agar cara membuat e-passport lebih efisien tanpa perlu kebingungan mencari alat tulis saat sedang dibutuhkan.

Wawancara

Sama seperti membuat paspor konvensional, pemohon e-passport juga akan melalui proses wawancara. Dalam tahap ini, jawab saja dengan jujur untuk keperluan apa Anda membuat paspor tersebut.

Biaya Pembuatan E-Passport

Cara membuat e-passport selanjutnya adalah dengan membayar biaya pembuatan paspor ke Bank BNI sebesar Rp 655.000,-. Jangan lupa simpan selalu bukti pembayaran untuk pengambilan paspor Anda. Biasanya pembuatan e-passport ini memerlukan empat hari kerja.

Itu tadi tata cara membuat e-passport dan syarat yang diperlukan yang bisa menjadi panduan Anda. E-passport di tangan, traveling pun semakin mudah!

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com