Inspirasi Kota

Ingin Menantang Diri Anda Berselancar di Sungai Kampar?

Berselancar menantang ombak laut mungkin menjadi salah satu kegiatan favorit bagi para wisatawan. Aktivitas ini memang bisa menjadi candu pagi para pecinta adrenalin. Jika Anda terbiasa surfing di laut, kali ini cobalah untuk menantang ombak di Sungai Kampar. Jangan sepelekan ombaknya karena Sungai Kampar memiliki keistimewaan tersendiri. Penasaran?

Mengenal Sungai Kampar

Ingin Menantang Diri Anda Berselancar di Sungai Kampar?

Sungai Kampar. Foto: ensiklopediaindonesia.com

Sungai Kampar sebenarnya merupakan sungai panjang yang turun dari pegunungan Bukit Barisan yang terbentuk dari Pulau Sumatera hingga sepanjang pantai barat. Muaranya sendiri sampai di Selat Malaka, pantai timur Sumetera. Sungainya sendiri terbelah menjadi dua cabang yang dikenal dengan sebutan Kampar Kanan dan Kampar Kiri.

Keajaiban Gelombang Bono

Ingin Menantang Diri Anda Berselancar di Sungai Kampar?

Ombak Bono yang menantang. Foto: daftartempat.com

Sekilas mungkin terlihat sebagai sungai biasa. Tapi sebenarnya sungai ini adalah salah satu keajaiban dari kekayaan alam di Indonesia. Adalah Gelombang Bono, yaitu gelombang atau ombak yang terjadi di muara Sungai Kampar. Hal ini sebenarnya terjadi karena adanya fenomena alam, yaitu pertemuan antara arus sungai ke laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat benturan tiga arus air. Ketiganya berasal dari Selat Melaka, Laut Cina Selatan, dan Aliran Air Sungai Kampar yang berbenturan dan berdesakan masuk ke hulu. Akibatnya adalah gulungan gelombang besar yang menghempas ke dalam sungai hingga jarak 50 km.

Jadi, tantangan yang berbeda bakal dirasakan oleh Anda yang mencoba untuk berselancar di sungai ini. Ombaknya sendiri memiliki ketinggian sekitar 3 hingga 6 meter yang tentunya menjadi tantangan tersendiri untuk ditaklukan. Inilah salah satu daya tarik bagi penikmat selancar saat berpetualang merasakan sensasi Gelombang Bono. Bahkan, gemuruh suaranya saja sudah membuat merinding siapa saja yang mendengarnya.

Jika ingin menjajal taklukan Gelombang Bono, sebaiknya Anda datang saat musim hujan. Karena pada saat inilah sungai tersebut akan menunjukkan ombak besarnya yang siap menantang Anda untuk ditaklukkan. Sekitar bulan Februari, Maret, Oktober dan November merupakan waktu terbaik yang dipercaya untuk merasakan kehebatan Ombak Bono di sana. Tertarik untuk menguji adrenalinmu di sini, travelers?

 

 

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com