Air Terjun

Indahnya Air Terjun Benang Kelambu di Lombok Tengah

Saat ini Pulau Lombok sudah menjadi salah satu primadona wisata di Indonesia. Selain letaknya yang bersebelahan dengan pulau Bali yang sudah lebih dulu mendunia, Lombok juga memiliki berbagai tempat dengan pesonanya sendiri. Hampir di setiap sudut pulau terdapat spot-spot menarik yang layak dikunjungi, seperti Gunung Rinjani, Pantai Senggigi, Pantai Pink, Taman Narmada dan tempat lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu karena kebanyakan, hehe.

Air Terjun Benang Kelambu. Foto:15harimenulisff.wordpress.com

Air Terjun Benang Kelambu. Foto:15harimenulisff.wordpress.com

Salah satu dari wisata alam yang layak anda kunjungi adalah Air terjun Benang Kelambu. Air terjun ini berada di kaki Gunung Rinjani, tepatnya berada di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Disebut Air Terjun Benang Kelambu karena bentuk airnya menyerupai kelambu sangat tipis dan lembut. Mengunjungi air terjun ini Anda akan mendapat bonus Air Terjun Benang Setokel. Sebelum tiba di Air Terjun Benang Kelambu Anda akan terlebih dahulu menjumpai Air Terjun Benang Setokel, karena letak Air Terjun Benang Kelambu di bagian atas hulu Air Terjun Setokel.

Lokasi air terjun ini berjarak sekitar 30 km dari Kota Mataram ke arah timur dengan waktu tempuh sekitar 45 menit atau 25 km ke arah utara dari Kota Praya dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Untuk menuju ke air terjun ini belum tersedia angkutan umum sehingga harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan baik roda dua atau empat.  Jika berangkat dari kota Mataram Anda akan melewati Narmada, Sedau, hingga sampai di pertigaaan Desa Pancor Dao.  Di pertigaan ini arahkan kendaraan ke timur laut hingga mencapai pertigaan Pasar Teratak.  Selanjutnya di pertigaan ini belok ke kiri ke arah utara melewati jalan pedesaan. Akses menuju air terjun ini sudah beraspal tapi masih ada bagian jalan yang kurang bagus. Sebaiknya dalam perjalanan Anda juga bertanya pada penduduk setempat arah menuju air terjun ini dikarenakan masih minimnya petunjuk jalan yang ada.

Air Terjun Benang Kelambu. Foto: goodnewsfromindonesia.org

Air Terjun Benang Kelambu. Foto: goodnewsfromindonesia.org

Setibanya di pintu masuk air terjun ini wisatawan harus membayar Rp 10.000,- per orang bagi wisatawan lokal dan Rp 60.000,- per orang bagi wisatawan mancanegara. Di pintu masuk ini wisatawan juga akan ditawarkan jasa guide dengan biaya Rp 50.000,- tapi hanya sampai di Air Terjun Benang Setokel apabila diantar sampai Air Terjun Benang Kelambu maka Anda harus membayar sebesar Rp 100.000,-. Setelah melewati gerbang masuk Anda akan disuguhi pemandangan alam berupa pepohonan yang rindang dengan suasana yang damai dan sejuk. Disana-sini juga terdengar kicauan burung serta suara hewan-hewan lain yang berpadu menjadi suara alam yang indah.

Air Terjun Benang Kelambu. Foto: jayanjayan.com

Air Terjun Benang Kelambu. Foto: jayanjayan.com

Sebelum dapat menikmati indahnya air terjun ini Anda harus sedikit menguras tenaga karena Anda harus berjalan kaki sekitar 500 meter. Jalan yang akan dilalui sudah dibangun sedemikian rupa sehingga memudahkan wisatawan. Sepanjang jalan Anda akan melihat jejeran warung-warung yang menjual makanan ringan dan minuman. Saya sarankan Anda untuk mencoba Nasi Kaput, sejenis nasi campur yang dibungkus dengan kertas. Setelah berjalan cukup jauh Anda akan mendengar suara gemuruh air terjun, tapi jangan salah Air terjun yang Anda lihat tersebut merupakan Air Terjun Benang Setokel. Benang Setokel merupakan bahasa lokal yang artinya “seikat benang”. Diberi nama seperti itu karena bentuknya persis seperti ikatan benang. Air terjun ini memiliki dua air terjun, dengan ketinggian sekitar 20 meter. Airnya sangat jernih dan tentunya segar. Di dasar air terjun terdapat cekungan sejenis kolam yang cukup besar dan dalam. Anda juga dapat melompat dari puncak air terjun ke dalam kolam tersebut. Tapi harus bernyali ya… Air di dalam cekungan tersebut mengalir melalui sungai. Karena airnya yang jernih Anda dapat melihat dasar sungai tersebut. Setelah puas menikmati Air Terjun Benang Setokel silahkan lanjutkan perjalanan menuju menu utama, yakni Air Terjun Benang Kelambu.

Air Terjun Benang Kelambu. Foto: lombokindonesia.org

Air Terjun Benang Kelambu. Foto: lombokindonesia.org

Dari Air Terjun Benang Setokel perjalanan yang harus Anda tempuh adalah 1 km. Lumayan jauh makanya jangan lupa membawa bekal, kalaupun tidak membawa bekal Anda dapat membelinya di warung dekat pintu masuk. Sekitar 100 meter sebelum lokasi Air Terjun Benang Kelambu Anda harus melalui jalan yang menanjak berupa anak tangga. Meskipun perjalanannya cukup melelahkan tetapi rasa lelah Anda akan terbayarkan setelah tiba di lokasi air terjun ini.

Air Terjun Benang Kelambu. Foto: duagorila.wordpress.com

Air Terjun Benang Kelambu. Foto: duagorila.wordpress.com

Air Terjun Benang Kelambu ini aliran airnya yang jatuh dari ketinggian tebing tidak langsung jatuh ke bawah melainkan airnya yang jatuh ini mengalir melalui celah-celah tanaman-tanaman merambat yang tumbuh lebat di bagian atas tebing dan kemudian jatuh berjajar bagaikan kelambu atau tirai yang menggantung di udara dan membentuk sebuah pemandangan yang menakjubkan, karena hal itulah sehingga air terjun ini diberi nama Air Terjun Benang Kelambu. Aliran air yang jatuh dari Air Terjun Benang Kelambu yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter ini tidak langsung jatuh ke dasar, akan tetapi aliran air tersebut akan jatuh pada tingkatan yang kedua di bagian atas yang berupa sebuah kolam yang terbentuk dari lempengan-lempengan batu cadas, tingkatan kedua ini memiliki tinggi sekitar 10 meter, dari tingkatan kedua ini barulah air terjun jatuh pada tingkatan ketiga dengan ketinggian sekitar 5 meter. Karena bentuknya yang bertingkat inilah yang membuat curahan air yang jatuh pada Air Terjun Benang Kelambu ini tidak terlalu deras. Air Terjun Benang Kelambu tidak memiliki kolam seperti Air Terjun Benang Setokel, akan tetapi airnya langsung dapat diminum karena airnya langsung mengalir dari sumber mata air. Konon menurut cerita yang diyakini oleh masyarakat setempat bahwa jika Anda mandi di Air Terjun Benang Kelambu ini akan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dan juga bisa membuat anda awet muda.

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com