Gunung Inspirasi

Geopark Nasional Ciletuh, Taman Batuan Tua dengan Sejuta Pesona di Sukabumi





Indonesia memang dikenal memiliki keindahan alam yang memikat. Banyak surga tersembunyi yang bisa dieksplorasi keindahannya. Salah satunya adalah Geopark Nasional Ciletuh yang menjadi daya tarik tersendiri di tanah Sukabumi. Kawasan yang sudah resmi dikukuhkan sebagai gaopark nasional ini bahkan akan diajukan menjadi Global Geopark ke UNESCO 2017 mendatang oleh pemerintah provinsi Jawa Barat. Apa saja sih pesona wisata di sana?

Kawasan Batuan Tertua di Pulau Jawa

Geopark Nasional Ciletuh, Taman Batuan Tua dengan Sejuta Pesona di Sukabumi

Taman batuan tertua di pulau Jawa. Foto: okezone.com

Geopark Nasional Ciletuh ini sebenarnya sebuah kawasan yang memiliki batuan tertua di Pulau Jawa. Kalau menurut cerita, kawasan ini dulunya adalah laut yang sudah terangkat dari bawah laut. Taman ini punya bentang alam yang luar biasa indah menyerupai amfiteater raksasa dan menghadap langsung ke arah Samudera Hindia.

Jika ingin menjelajahi Geopark National Ciletuh ini secara menyeluruh, waktu satu hari akan terasa kurang. Setidaknya diperlukan waktu 3-4 hari jika ingin benar-benar menikmati seluruh wisata alam yang ada di sana. Tapi, Anda bisa meng-highlight sejumlah obyek wisata yang menjadi primadona di sana seperti Pantai Palangpang, Curug Cimarinjung, Curug Awang, dan Puncak Darma.



Obyek Wisata dengan Pemandangan Alam Lengkap

Geopark Nasional Ciletuh, Taman Batuan Tua dengan Sejuta Pesona di Sukabumi

Pemandangan alam lengkap. Foto: travel.fajarnews.com

Mengunjungi Geopark Nasional Ciletuh ini, Anda bisa dimanjakan dengan beragam wisata alam yang lengkap. Mulai dari puncak bukit, pantai, hingga air terjun semua dapat dinikmati dari lokasi ini. Yang paling menjadi pusat perhatian tentu saja melihat batuan paling tua yang ada di Pulau Jawa saat mengunjungi geopark ini. Ada sebuah batuan raksasa yang terlihat megah dan membentuk amfiteater alami karena mengalami longsor.

Kehadiran Geopark Nasional Ciletuh ini tak hanya memiliki manfaat hiburan saja. Tempat ini sekaligus juga menjadi bukti dan saksi sejarah tentang kejadian geologi yang pernah terjadi di masa lalu. Karena pemandangan alam yang unik dan memukau, taman batuan ini juga sering digunakan untuk penelitian alam.

Tips Wisata ke Geopark Nasional Ciletuh

Geopark Nasional Ciletuh, Taman Batuan Tua dengan Sejuta Pesona di Sukabumi

Obyek wisata alternatif di Jawa Barat. Foto; suaramerdeka.com

Sekarang ini banyak agen wisata yang menawarkan open trip liburan di Geopark Nasional Ciletuh ini sehingga bisa menjadi alternatif wisata ke taman batuan tersebut. Jika ingin pergi tanpa rombongan tur, gunakan kendaraan yang mumpuni karena jalanan menuju taman ini banyak yang rusak dan berlubang. Jangan buang sampah sembarangan di lokasi geopark dan biasakan untuk selalu cinta lingkungan ya, travelers!



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com