Festival

Festival Tidore 2017 Kembali Digelar, Mau Tahu Keseruannya?

Festival tahunan biasanya menjadi agenda yang digunakan suatu daerah untuk mempromosikan kegiatan wisatanya. Demikianlah yang menjadi tujuan Festival Tidore 2017 yang kembali digelar pemerintah daerah setempat bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata. Agenda tahunan yang berlangsung 10 – 11 April 2017 nanti memiliki beberapa rangkaian acara menarik yang bertujuan sebagai kegiatan promosi wisata. Seperti apa sih daya tariknya?

Festival Kesembilan dengan Tiga Agenda Utama

Festival Tidore 2017 Kembali Digelar, Mau Tahu Keseruannya?

Festival kesembilan di tahun 2017. Foto: triptrus.com

Festival Tidore 2017 ini memiliki tema Merawat Tradisi, Mempertegas Jati Diri Bangsa Maritim ini diadakan dalam rangka memperingati hari jadi kota Tidore. Tujuannya tentu saja untuk menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan sejarah dan budaya dari Kesultanan Tidore. Tak hanya sebatas itu, festival ini juga diharapkan menjadi magnet yang semakin meningkatkan promosi wisata Tidore dalam bidang seni, budaya dan alam yang memikat.

Festival Tidore 2017 ini adalah yang kesembilan kalinya dan memiliki tiga agenda utama. Yang pertama adalah Parade Juanga atau keliling pulau dengan kapal formasi perang Sultan dan tentaranya yang akan berlangsung pada 10 April 2017. Setelah itu dilanjutkan dengan Perjalanan Paji atau keliling pulau di darat dengan formasi perang menceritakan revolusi Sultan Nuku pada 11 April 2017. Yang terakhir adalah Kirab Agung Kesultanan Tidore yang dihubungkan dengan pembukaan Museum Maritim Dunia di Kedaton Tidore.

Ajang untuk Melestarikan Budaya Tidore

Festival Tidore 2017 Kembali Digelar, Mau Tahu Keseruannya?

Gelaran untuk melestarikan kebudayaan Tidore. Foto: inovasee.com

Festival Tidore 2017 memiliki tujuan untuk melestarikan nilai budaya luhur bangsa. Event ini diawali dengan kegiatan Dowaro, yaitu ritual yang selalu dilakukan sebelum melaksanakan kegiatan adat. Tujuan dilakukan adalah untuk meminta doa restu supaya setiap prosesi adat yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar.

Tidore memang belum menjadi obyek wisata yang populer karena letaknya yang cukup jauh yaitu Maluku Utara. Tapi, kini akses menuju pulau tersebut semakin mudah karena sudah ada penerbangan langsung ke sana. Wisatawan pun semakin dimudahkan jika ingin melakukan eksplorasi di pulau tersebut. Tidore memiliki beragam pesona mulai dari seni, adat dan alam yang nggak kalah memesona kalau dibandingkan dengan obyek wisata lain di Indonesia.

Berminat untuk menyiapkan agenda perjalananmu ke Tidore, travelers?

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com