Air Terjun

Di Malang, Satu Lokasi ada 3 Air Terjun, Mantap Toh

Mengunjungi Malang, biasanya juga bakal mengunjungi kota wisata Batu. Nah agak ke barat sedikit keluar dari kota Batu, kalian akan menemukan air terjun Sumber Pitu, yang kalau di-bahasa indonesia-kan sumber berati sumber air, pitu berarti tuju, unik yah, hehe. sumber Pitu sendiri terletak di desa Pujon Kidul, kecamatan Pujon, kab. Malang. Sekitar 3 jam dari kota Malang, dan 2 jam dari pusat kota Batu untuk menuju titik lokasi.

Uniknya di air terjun ini, kalian akan menemukan 3 air terjun sekaligus yakni air tejun utama Sumber Pitu, Sumber Tengah dan juga Sumber Papat(empat). Sumber Tengah sendiri nampaknya satu aliran dengan Sumber Papat, itu bisa kalian lihat ketika mencapai Sumber Papat yang berada menyamping di atas Sumber Pitu.

Megahnya maha karya tuhan, Sumber Pitu via Trevelsia.com

Megahnya maha karya tuhan, Sumber Pitu via Trevelsia.com

Yang paling keren tentu yang paling besar yakni Sumber Pitu, air terjun ini terdiri dari kurang lebih 9 aliran, namun entah kenapa warga disana menyebutnya dengan Sumber Pitu. Mungkin saja awal ditemukan air terjun ini mempunyai 7 aliran. Di Sumber Papat pun begitu, rasa-rasanya tidak sampai empat aliran, tapi mungkin saja sama dengan Sumber Pitu awal ditemukannya mempunyai empat aliran. Oh ya, untuk mencapai Sumber Papat, kalian akan menemukan satu makam, nampaknya makam warga sekitar, tetap sopan yah, hehe.

Sumber Papat terletak di samping atas Sumber pitu via trevelsia.com

Sumber Papat terletak di samping atas Sumber pitu via trevelsia.com

Berbeda dengan Sumber Tengah, air terjun yang satu ini yang paling deras dan mudah jangkauannya. Mandi disini pun nampaknyanya gak masalah, karena alirannya deras dan medannya aman. Sumber Tengah adalah air terjun pertama yang akan kalian capai sebelum mencapai Sumber Pitu yang kemudian ke atas lagi ada Sumber Papat.

Untuk mencapai titik lokasi air terjun ini adalah kalian akan melakukan tracking yang memakan waktu kurang lebih 45-60 menit dari area parkir kendaraan. Kanan-kiri perjalanan adalah hamparan pertanian dan perkebunan penduduk dan juga belantara hutan. Harus tahu waktu yang tepat untuk mencapai air terjun ini, salah-salah kalau hujan datang medan sangat berat.

Mandi di Sumber Tengah ini bisa jadi pilihan via trevelsia.com

Mandi di Sumber Tengah ini bisa jadi pilihan via trevelsia.com

Dimulai dari bawah, kalian akan dimintai tiket masuk sebesar 10.000,-/orang. Disini kalian masih bisa melanjutkan perjalanan dengan sepeda motor. Medan yang dilalui pun cukup sulit karena jalan berbatu, tidak beraspal, dan menanjak, hati-hati bagi yang berboncengan. Memakan waktu kurang lebih 45-60 menit tempat parkir pun bisa dicapai.

Nah, setelah mencapai tempat parkir. Cukup dengan Rp. 5000.- kalian bisa meninggalkan kendaraan kalian dengan aman dan tracking menuju titik air terjun. Jangan lupa bawa makanan ringan dan minum yang cukup, karena perjalanan cukup menguras tenaga, dan jangan sampai lupa bawa kamera yah, hehe. Anyway, di area parkir disediakan tempat buang air yang cukup bersih dan memadai.

Saran Trevelsia, hindari hari-hari libur, karena pastinya akan ramai dengan pengunjung lain, Happy Vacation!

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com