Gunung Inspirasi Kota

Di Balik Makna Filosofis Wisata Kampung Kurcaci Purbalingga

Purbalingga adalah salah satu kawasan yang wisata alamnya kini banyak mendapatkan perhatian masyarakat luas. Setelah Puncak Sendaren sempat ramai di media sosial, kini Anda bisa mengunjungi Kampung Kurcaci. Spot wisata yang mengambil konsep desa Hobbit tersebut menjadi salah satu daya tarik utama yang dikunjungi para wisatawan. Apa saja sih hal menarik yang bisa diperoleh di Kampung Kurcaci Purbalingga ini?

Wisata di Kaki Gunung Slamet

Di Balik Makna Filosofis Wisata Kampung Kurcaci Purbalingga

Terletak di kaki gunung Slamet. Foto: merdeka.com

Kampung Kurcaci Purbalingga ini terletak di Desa Wisata Serang, Kecamatan Karangreja. Lokasinya berada di kaki Gunung Slamet, yaitu di ketinggian sekitar 3.428 mdpl. Tempat seluas 3,5 hektar ini memiliki udara pegunungan dengan kesejukan yang khas. Kampung Kurcaci dikelilingi oleh hutan damar yang berumur puluhan tahun. Konsep wisata alam begitu terasa saat berkunjung ke sana.

Berawal dari Sekolah Alam

Di Balik Makna Filosofis Wisata Kampung Kurcaci Purbalingga

Sekolah alam dengan fasilitas perpustakaan. Foto: hallojateng.com

Kampung Kurcaci Purbalingga ini awalnya adalah sekolah alam. Tempatnya dibuat semenarik mungkin memang bertujuan untuk menarik anak-anak agar mau belajar di sana. Tempat ini juga dilengkapi dengan perpustakaan kecil di mana anak-anak bisa membaca buku di sana.

Konsep rumah mungil di Kampung Kurcaci Purbalingga ternyata tidak hanya menarik anak-anak, tapi wisatawan pun mulai berdatangan. Pengunjung yang datang tidak hanya bisa berfoto di rumah Hobbit saja. Anda juga bisa mengunjungi air terjun Tarung, Curug Lawang, arena bermain tradisional, panggung kurcaci, camping ground, hingga rumah pohon. Wahana ini tentu saja bisa menjadi obyek wisata yang menarik perhatian pengunjung selama berlibur di Kampung Kurcaci ini. Lokasi tempat wisata ini sendiri mendiami lahan milik PT Perhutani.

Filosofi Kampung Kurcaci Purbalingga

Di Balik Makna Filosofis Wisata Kampung Kurcaci Purbalingga

Makna filosofis di balik Kampung Kurcaci. Foto: brilio.net

Bukan tanpa sebab tempat ini diberi nama Kampung Kurcaci. Menurut pihak pengelola, nama tersebut memiliki makna filosofis, yaitu bahwa manusia sebenarnya adalah makhluk yang lebih kecil jika dibandingkan dengan alam. Anda bisa merasakannya ketika berada di antara pohon damar yang tinggi menjulang di sana. Manusia akan terlihat kecil seperti kurcaci yang memiliki keterbatasan. Wisata di Kampung Kurcaci Purbalingga diharapkan bisa menjadi sarana introspeksi diri untuk menyadari kekurangannya, bersyukur dengan apa yang dimiliki, dan berbagi dengan sesama.

Tiket masuk Kampung Kurcaci Purbalingga ini terbilang hemat di kantong, yaitu Rp 5.000,- saja per orang. Berminat mengunjungi tempat ini?

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com