Danau Festival

Danau Toba Jadi Pusat Perayaan HUT RI Ke-71

Trevelsia.com – Danau Toba yang berada di Provinsi Sumatera Utara ini memang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di Indonesia. Tahun ini, Pemerintah melakukan gebrakan dengan menjadikan Danau Toba menjadi pusat perayaan HUT RI ke-71 yang juga akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 20-21 Agustus 2016.

Keindahan panorama Danau Toba di Sumatera Utara. Sumber : http://dongengceritarakyat.com/

Keindahan panorama Danau Toba di Sumatera Utara. Sumber : http://dongengceritarakyat.com/

Dengan mengusung tema √Źndonesia Kerja Nyata”.¬†Kementerian Pariwisata menggelar Karnaval Kemerdekaan yang tahun ini akan dilaksanakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada 20-21 Agustus mendatang.¬†Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan kegiatan tersebut dahulu dikenal dengan Karnaval Budaya dari 34 provinsi se-Indonesia diselenggarakan di sekitar Istana Negara Jakarta. Namun, sejak 2015 , karvanal diselenggarakan di daerah. Tahun lalu berlangsung di Pontianak, Kalimantan Barat, sedangkan tahun ini di Sumut dengan tema karnaval Pesona Danau Toba.

Dipilihnya Danau Toba sebagai pusat perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-7 ini tujuannya ingin membangkitkan kebangaan berbangsa dan menjadi penyulut semangat Indonesia kerja nyata, serta pengembangan 10 destinasi unggulan. Dana toba yang menjadi salah satu “10 Bali Baru” ini memang dipersiapkan untuk menjadi destinasi pariwisata unggulan di Indonesia, utamanya di Pulau Sumatera.

Danau Toba jadi pusat perayaan HUT RI ke-71 . Sumber anekatempatwisata.com

Menpar Arief Yahya menjelaskan setelah Danau Toba ditetapkan sebagai destinasi prioritas pembangunan infrastruktur terus ditingkatkan antara lain persiapan jalan tol dari Kota Pematangsiantar hingga kawasan Danau Toba di Parapat yang akan dimulai tahun depan serta peningkatan bandar udara Silangit Toba yang kini sudah ada penerbangan langsung dari Jakarta, Kualanamu, maupun Batam.

Destinasi Danau Toba gencar dipromosikan melalui even olahraga (sport tourism) maupun wisata budaya (culture tourism) antara lain Toba Ultra Marathon, Toba Gran Fondo, dan International Jazz Samosir sebagai upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) serta wisatawan nusantara (wisnus). Tercatat pada 2015 jumlah kunjungan wisatawan ke Toba sebanyak 11.215.535 mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2014 sebanyak 11.046.234, sedangkan target tahun 2016 sebanyak 11,4 juta wisatawan.

Sumber : diolah dari berbagai sumber

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com