Danau

Danau Aneuk Laot, Sisi Lain Pulau Weh yang Penuh Keindahan

Menjelajahi pesona keindahan alam di Indonesia seakan memang tak ada habisnya. Banyak surga tersembunyi yang dapat menambah wawasan para wisatawan tentang nusantara. Aceh mungkin salah satu provinsi di Indonesia yang belum menjadi destinasi wisata utama. Tapi, pesonanya tak bisa dipandang sebelah mata. Misalnya saja yang ditawarkan oleh Danau Aneuk Laot di Pulau Weh. Apa saja yang bisa ditemukan di sana?

Sumber Air Tawar di Pulau Weh

Danau Aneuk Laot, Sisi Lain Pulau Weh yang Penuh Keindahan

Sumber air tawar di Pulau Weh. Foto: hijrahheji.blogspot.co.id

Danau Aneuk Laot merupakan sumber air tawar di Pulau Weh. Bahkan, PDAM di kota Sabang juga menjadikan danau ini sebagai sumber air bersih yang digunakan untuk menyuplai masyarakat di kota tersebut. Danau seluas 37,5 hektar ini memiliki nama yang dalam bahasa Indonesia berarti Anak Laut. Disebut demikian karena danau tersebut menyerupai sebuah laut kecil yang terpisah dari lautan lepas yang mengelilingi Pulau Weh.

Populer Sebagai Obyek Wisata

Selain menjadi sumber air bersih, Danau Aneuk Laot juga dikenal sebagai obyek wisata yang populer di Pulau Weh. Hal ini karena lokasinya yang dikelilingi pemandangan menakjubkan. Deretan bukit hijau yang mengelilingi danau tersebut menciptakan panorama indah yang membuat wisatawan mana pun terkagum-kagum dengan alam di sana.

Air di sekitar danau juga terlihat segar dengan warna bening kehijauan yang memanjakan mata. Jika dinikmati dari atas bukit, pemandangan danau yang berbatasan dengan laut menjadi pesona tersendiri yang sayang jika dilewatkan.

Perjalanan Menuju Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot, Sisi Lain Pulau Weh yang Penuh Keindahan

Destinasi wisata populer di Pulau Weh. Foto: pulauwehaceh.com

Danau Aneuk Laot berada di lokasi yang tak sulit untuk dijangkau. Spot tersebut hanya berjarak sekitar 5 km dari kota Sabang. Jika berkendara dengan motor, waktu tempuhnya hanya sekitar 20 menit. Waktu terbaik berkunjung ke danau ini adalah siang menjelang sore, karena ada pemandangan matahari terbenam yang sayang jika tidak dinikmati.

Jika ingin berkunjung ke tempat ini, disarankan pengunjung menggunakan pakaian yang sopan dan nyaman digunakan karena mayoritas penduduk di sekitar Danau Aneuk Laot memeluk agama Islam. Selain itu, pastikan bahan bakar kendaraan yang digunakan ke lokasi mencukupi, karena sepanjang perjalanan Anda akan sulit menemukan SPBU.

Siap menjelajah keindahan danau ini, travelers?

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com