Kota Museum

Daftar Museum yang Bisa Kita Datangi di Jawa Tengah (Part 1)




Salah satu cara untuk melawan lupa adalah belajar tentang sejarah peradaban masa lalu. Pada era ini banyak orang sudah malas belajar tentang sejarah padahal dengan belajar sejarah Kita dapat lebih menghargai apa yang kita nikmati saat ini. Berkunjung ke Museum adalah salah satu cara Kita belajar tentang sejarah. Mengunjungi Museum tidak selalu memberikan kesan membosankan karena banyak hal yang bisa Kita dapatkan dengan mengunjungi museum (baca tentang “Alasan Mengapa Kita Harus Mengunjungi Museum” ).  Kali ini trevelsia.com akan mengajak kalian jalan-jalan berkunjung ke Museum yang ada di Jawa Tengah.

  1. Museum Kereta Api Ambarawa

Foto: rentalmobilyogyamurah.com

Foto: rentalmobilyogyamurah.com

Museum Kereta Api Ambarawa adalah museum kereta api satu-satunya di Indonesia. Sebenarnya sebelum dialih fungsikan menjadi museum, merupakan stasiun kereta api Ambarawa yang dibangun oleh Raja Willem pada 21 Mei 1873 untuk digunakan mengangkut tentara Belanda ke Semarang. Museum yang terletak di Jalan Stasiun No.1 Ambarawa Jawa Tengah ini memiliki koleksi lokomotif kereta api uap dengan lokomotif nomor B 25 02 dan B 25 03 buatan Maschinenfabriek Esslingen, serta B 51 12 buatan Hannoversche Maschinenbau AG. Lokomotif tersebut sampai saat ini masih digunakan sebagai kereta wisata. Kereta api uap bergerigi ini sangat unik dan merupakan salah satu dari tiga yang masih tersisa di dunia. Dua di antaranya ada di Swiss dan India. Selain koleksi-koleksi unik tadi, kita dapat melihat berbagai macam jenis lokomotif uap yang lain.

Salah satu koleksi lokomotif yang berfungsi sebagai kereta wisata Foto: id.wikipedia.org

Salah satu koleksi lokomotif yang berfungsi sebagai kereta wisata. Foto: id.wikipedia.org

Museum ini melayani kereta wisata Ambarawa-Bedono pp, Ambarawa-Tuntang pp dan lori wisata Ambarawa-Tuntang pp. Kereta wisata Ambarawa-Bedono pp atau lebih dikenal sebagai Ambarawa Railway Mountain Tour ini beroperasi dari museum ini menuju stasiun Bendo yang jaraknya 35 km dan ditempuh 1 jam. Panorama keindahan alam seperti lembah yang hijau antara Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu dapat disaksikan sepanjang perjalanan. Pemandangan yang dapat dinikmati dari kereta dan lori Ambarawa menuju Tuntang juga tak kalah menarik. Kereta ini berangkat dari stasiun menuju stasiun Tuntang yang berada sekitar 7 km dari museum. Di sepanjang jalan dapat dilihat lanskap menawan berupa sawah dan ladang dengan latar belakang Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, dan Rawa Pening di kejauhan. Pengunjung cukup membayar karcis kereta wisata sebesar Rp 50.000,- per orang, sedangkan lori Rp10.000 per orang.

2. Museum Ranggawarsita

Bangunan Musum tampak depan. Foto : www.1001wisata.com

Bangunan Musum tampak depan. Foto : www.1001wisata.com

Museum Ranggawarsita merupakan museum terlengkap di Jawa Tengah. Museum ini memiliki 59.802 buah koleksi yang terbagi menjadi 10 jenis koleksi yakni, geologi, biologi, arkeologi, historika, ethnografika, numimastic, keremaologika, seni rupa, heraldika, dan teknologi. Nama Ranggawarsita diambil dari pujangga Indonesia yang terkenal hasil karyanya di bidang filsafat dan budaya. Museum ini terletak di jalan Abdul Rahman Saleh no.1 atau sekitar 1 km dari ke selatan Bandara International Ahmad Yani. Lokasinya yang terletak di tengah kota mudah dijangkau dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Museum ini buka setiap hari mulai jam 08.00-15.00 WIB, kecuali hari Jum’at dari jam 08.00 hingga jam 11.00 WIB. Harga tiket untuk orang dewasa hanya Rp 4.000,- dan anak-anak Rp 2.000,-. Museum ini sekarang sudah dilengkapi dengan Cinema 3D yang memutar film tentang kehidupan Dinosaurus.

3. Museum Batik Pekalongan

Salah satu ruangan dalam Museum. Foto: museumbatikpekalongan.info

Salah satu ruangan dalam Museum. Foto: museumbatikpekalongan.info

Museum berikutnya yang wajib dikunjungi adalah Museum Batik Pekalongan yang terletak di Jalan Jetayu no.1 Pekalongan. Bangunan yang digunakan sebagai museum ini merupakan bangunan peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1906. Museum ini sendiri diresmikan pada tanggal 12 Juli 2006 oleh Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Museum ini terbagi menjadi 3 ruang utama yakni Ruang Pesisiran, Ruang Pedalaman dan Ruang Nusantara. Terdapat 1149 koleksi batik dan juga peralatan untuk memproses pembuatan batik. Koleksi yang terkenal antara lain wayang beber dari kain batik yang berusia ratusan tahun serta alat tenun tradisional ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin). Selain itu, museum ini juga memiliki ruang Workshop yang digunakan untuk memberikan pelatihan dan praktek proses pembuatan Batik secara langsung kepada pengunjung . Biasanya Museum ini juga digunakan sebagai tempat untuk belajar bagi murid-murid sekolah yang mendapat tugas tetang Batik dari sekolahnya. Museum ini dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P & K) Kota Pekalongan.

4. Museum Tosan Aji

Foto; sumbiganis.wordpress.com

Foto: sumbiganis.wordpress.com

Museum Tosan Aji diresmikan pada tanggal 13 April 1987 oleh Gubernur KDH Tingkat I Jawa tengah Bapak Ismail. Museum Tosan Aji terletak di Pendopo Kawedanan Kutoarjo, namun sejak tanggal 10 Juni 2001 oleh Pemerintah Kabupaten dipindah dari Kutoarjo ke kota Purworejo menempati bangunan bekas Pengadilan Negeri pada zaman Belanda, yaitu di jalan Mayjend Sutoyo No. 10 atau sebelah selatan alun-alun Purworejo. Museum Tosan Aji merupakan museum khusus yang menyajikan satu jenis koleksi yaitu Tosan Aji (keris). Tosan Aji diartikan masyarakat sebagai senjata terbuat dari logam besi yang mempunyai kedudukan terhormat menurut pandangan masyarakat terutama pada masa lampau diantaranya berupa keris, tombak, pedang, kudi dan menur. Saat ini Museum Tosan Aji tidak hanya menyajikan koleksi Tosan Aji saja, namun juga menampilkan berbagai koleksi benda cagar budaya yang banyak ditemukan di wilayah Purworejo, baik pada masa prasejarah maupun masa klasik. Koleksi pusaka yang dimiliki lebih dari 1000 bilah terdiri dari keris, pedang, tombak, kujang/kudi, Cundrik Granggang yang berasal dari masa Kerajaan Pajajaran, Majapahit hingga sekarang, dan tersimpan pula benda-benda cagar budaya lainnya yang tersimpan rapi dalam Museum.




Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com