Air Terjun

Coban Nirwana, Air Terjun Bertingkat Yang Ada di Kabupaten Malang

Trevelsia.com Berbicara destinasi wisata di Malang Raya memang tak akan ada habisnya, karena dari waktu ke waktu masih banyak destinasi wisata baru yang menarik untuk dikunjungi, terutama destinasi wisata yang berada di Kabupaten Malang. Nah, bagi yang ingin menikmati destinasi wisata air terjun baru yang ada di Kabupaten Malang, tak ada salahnya berkunjung ke Coban Nirwana. Apa saja yang menarik di Coban Nirwana?

Suasana alam di Coban Nirwana. Foto : ngalam.co

Asal Muasal Nama Coban Nirwana?

Coban ini memang belum lama menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna aktif di sosial media. Awalnya, coban ini diberi nama Coban Mbok Karimah yang diambil dari nama sesepuh dari warga setempat yang rumahnya dekat dengan lokasi air terjun ini. Namun dengan berjalannya waktu, coban ini dikenal dengan sebutan Coban Nirwana.

Lokasi Coban Nirwana?

Coban Nirwana ini berlokasi di Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Lokasinya berada dekat perbatasan Kecamatan Gedangan dan Kecamatan Sumber Manjing Wetan, letak air terjun ini berada di bawah jembatan pemisah dua kecamatan tersebutDari pusat Kota Malang berjarak kurang lebih 50 KM, dengan waktu tempuh sekitar 90 menit.

Rute Perjalanan Menuju Coban Nirwana?

Sudut lain yang ada di Coban Nirwana. Foto: matajatim.com

Sudut lain yang ada di Coban Nirwana. Foto: matajatim.com

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke destinasi coban baru yang ada di Kabupaten Malang ini cukup mudah. Dari pusat Kota Malang, wisatawan dapat mengambil rute Gadang-Bululawang-Turen-Gedok-Sumber Manjing Wetan. Dalam perjalanan menuju Coban Nirwana Gedangan, jalan aspalnya mulus, jalanan menanjak, dan berliku. Saat berada di daerah Gedangan, karena masih terbilang destinasi wisata baru sehingga belum banyak penunjuk arah yang mengarahkan para wisatawan. Jadi sering-seringlah bertanya kepada warga sekitar agar lebih cepat sampai di Coban Nirwana.

Berapa Harga Tiket Masuk Coban Nirwana?

Menikmati keindahan alam di Coban Nirwana. Foto: fandy2134.blogspot.co.id

Menikmati keindahan alam di Coban Nirwana. Foto: fandy2134.blogspot.co.id

Coban Nirwana ini masih tergolong destinasi wisata baru di Kabupaten Malang, sehingga pengelolaannya masih belum dibawah Dinas Pariwisata Kabupaten Malang. Coban Nirwana masih dikelola oleh para pemuda yang berada di sekitar lokasi Coban Nirwana. Belum ada tarif retribusi resmi yang diberlakukan, wisatawan hanya dibebani biaya untuk parkir yang dikelola warga sekitar. Namun, apabila wisatawan ingin menyumbang sukarela untuk membantu masyarakat sekitar dalam mengembangkan objek wisata ini, wisatawan dapat memberikan sumbangan sukarela di kotak amal yang berada di lokasi tersebut.

Apa fasilitas yang ada di Coban Nirwana?

Belum banyak fasilitas yang tersedia di Coban Nirwana, hanya terdapat warung makan, kamar mandi yang dibuat atas swadaya masyarakat sekitar. Sehingga wisatawan diharapkan telah menyiapkan beberapa persiapan sebelum berkunjung ke Coban Nirwana.

Bagaimana? Tertarik berkunjung ke destinasi wisata baru yang ada di Kabupaten Malang ini? Selamat berlibur 🙂

 

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com