Inspirasi Kota

Cave Tubing di Goa Pindul, Alternatif Seru Saat Liburan di Yogyakarta




Yogyakarta selalu menjadi destinasi utama saat liburan. Kota dengan nuansa budaya yang kental ini memiliki beragam daya tarik, mulai dari kuliner, belanja barang-barang etnik, hingga wisata alam yang jadi favorit para pelancong. Nah, kalau ingin menikmati alam Yogyakarta yang tidak kalah cantik, kawasan Gunungkidul adalah salah satu yang populer. Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan para wisatawan, misalnya saja melakukan cave tubing di Goa Pindul yang sudah menjadi obyek wisata tersohor di kawasan ini.

Mengenal Obyek Wirawisata Goa Pindul

Cave tubing di Goa Pindul sudah menjadi obyek wisata favorit yang sering didatangi pengunjung tiap musim liburan. Disebut wirawisata, karena tempat ini dikembangkan oleh masyarakat sekitar hingga menjadi destinasi traveling paling populer di kawasan Gunungkidul. Lokasinya sendiri terletak di dusun Gelaran 2, desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

Cave Tubing Di Goa Pindul, Alternatif Seru Saat Liburan Di Yogyakarta

Wirawisata Goa Pindul yang dikelola oleh penduduk sekitar Foto: tripadvisor.co.id

Tempat wisata ini memiliki sebuah lembaga yang mengelola secara resmi. Tapi, masyarakat sekitar juga banyak yang ikut menjadi pengelola dan guide yang membawa pengunjung masuk, dengan syarat harus melapor kepada pihak pengelola resmi terlebih dahulu. Ada pihak pengelola yang menawarkan beragam kegiatan seperti outbound sebelum melakukan cave tubing. Tapi jika Anda hanya ingin merasakan cave tubing di Goa Pindul saja juga bisa.

Persiapan Cave Tubing di Goa Pindul

Cave tubing di Goa Pindul bisa dikatakan sebagai main attraction dari destinasi ini. Sebelum melakukan cave tubing, pengunjung harus mempersiapkan diri terlebih dahulu di pos pengelola untuk menggunakan pelampung dan sepatu karet. Setelah itu, Anda akan dibawa berjalan kaki oleh para guide ke lokasi Goa Pindul.

Cave Tubing Di Goa Pindul, Alternatif Seru Saat Liburan Di Yogyakarta

Suasana memasuki Goa Pindul Foto: tempatwisatadaerah.blogspot.com

Kira-kira sampai setengah perjalanan menuju goa, Anda harus mengambil tube alias ban yang akan digunakan untuk cave tubing di Goa Pindul. Bannya sendiri punya ukuran yang lumayan besar dan berat yang harus dibawa sendiri menuju lokasi goa. Buat yang punya badan kecil mungkin akan mengalami kesulitan, mengingat medan jalannya juga melewati bukit dan turunan sehingga untuk membawa ban juga tidak mudah.

Sensasi Cave Tubing di Goa Pindul

Setelah melalui perjuangan yang cukup berat jalan kaki sambil membawa ban hingga lokasi, rasa lelah Anda akan terbayar lunas saat sudah mulai cave tubing di Goa Pindul. Air sungai yang dingin dan udara yang sejuk dijamin dapat membuat rasa lelah hilang seketika. Ban yang Anda bawa tadi akan menjadi ‘perahu’ yang Anda naiki untuk menyusuri gua. Nggak perlu bingung mengayuh agar bannya berjalan karena ada guide yang akan mengarahkan.

Cave Tubing Di Goa Pindul, Alternatif Seru Saat Liburan Di Yogyakarta

Cahaya indah dari dalam Goa Pindul Foto: infojalanjalan.com

Memasuki goa, Anda akan mendapat penjelasan terkait sejarah goa dan mitos yang dipercaya masyarakat. Semakin masuk ke dalam memang terasa gelap, tapi ada satu lokasi di goa Pindul di mana sinar matahari bisa masuk ke dalam sehingga menciptakan sensasi yang indah. Beberapa spotnya juga bisa jadi obyek fotografi jika Anda mampu menemukan angle yang bagus.

Tips Cave Tubing di Goa Pindul

Ada beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan pengunjung jika berminat untuk mencoba obyek wisata ini:

  1. Sebaiknya mengunjungi tempat ini bukan pada waktu weekend atau liburan karena risiko pengunjung yang membludak. Kalau dalam keadaan penuh, Anda tidak bisa menikmati sensasi cave tubing yang sebenarnya. Selain itu, perjalanan cave tubing juga berisiko ‘macet’ di tengah sungai karena padatnya pengunjung yang datang.
  2. Gunakan pakaian yang sudah siap basah, karena Anda pasti akan basah saat berkunjung ke tempat ini. Jangan lupa bawa juga baju ganti.
  3. Sebaiknya bawa sendiri sandal atau sepatu khusus yang bisa digunakan untuk basah-basahan. Sulit untuk menemukan ukuran sepatu karet yang sesuai. Selain itu, perjalanan yang jauh saat menuju Goa Pindul berisiko membuat kaki lecet jika menggunakan sepatu karet yang disediakan pengelola.

Semoga tips di atas bermanfaat, travelers!




Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com