Landmark

Candi Singosari, Peninggalan Dari Kerajaan Singosari





Kawasan Singosari yang masih berada pada Kab.Malang memiliki banyak peninggalan sejarah, terutama dari zaman kerajaan Singhasari. Candi Singosari adalah salah satu peninggalan yang masih terawat hingga saat ini, bertempat di Kelurahan Candirenggo Singosari, sekitar 10 kilometer dari Kota Malang. Berlokasi ditengah pemukiman penduduk, candi yang ditemukan pada awal abad 18 lebih tepatnya pada sekitar tahun 1800-1850. Awal penemuan candi ini, pihak Belanda memberi nama candi ini sebagai candi menara karena bentuknya yang menyerupai menara. Biaya untuk memasuki wisata sejarah ini terbilang murah, hanya sumbangan seikhlasnya yang digunakan untuk kepentingan kebersihan lingkungan candi.

Candi Singosari, Foto: trevelsia.com

Candi Singosari

Dari segi arsitektur, candi Singosari memiliki keunikan yang seolah-olah memiliki dua tingkat bangunan. Hal yang menarik lainnya bisa dilihat dari hiasan luar candi yang seharusnya rata, tapi tidak demikian pada candi Singosari. Hal ini di estimasikan belum adanya penyelesaian saat pembuatan yang kemudian langsung ditinggalkan.

arca candi singosari

arca candi singosari

Candi ini berukuran 200 m × 400 m dan terdiri dari beberapa candi. Di sisi barat laut komplek terdapat sepasang arca raksasa besar (tinggi hampir 4m, disebut Dwarapala) dan posisi gada menghadap ke bawah, ini menunjukkan meskipun penjaganya raksasa tetapi masih ada rasa kasih sayang terhadap semua mahkluk hidup dan ungkapan selamat datang bagi semuanya. Dan posisi arca ini hanya ada di Singhasari, tidak ada di tempat ataupun kerajaan lainnya.

arca candi singosari

arca candi singosari

Meskipun candi ini telah terawat, namun masih banyak bagian yang hilang dari arca yang berada di sekeliling candi, maupun bagian dari candi singhasari itu sendiri, terdapat juga banyak coretan-coretan dari pengunjung yang mengotori kawasan candi ini.



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com