Inspirasi Pantai

Bukit Langara, Secuil Keindahan Menakjubkan di Alam Kalimantan Selatan





Kalimantan dikenal dengan pesona alamnya yang masih terjaga kelestariannya. Biarpun masih jarang dikunjungi sebagai obyek wisata, tapi pulau ini punya banyak permata tersembunyi yang nggak kalah indah. Salah satunya adalah Bukit Langara yang berada di kawasan Loksado, Kalimantan Selatan. Pesona apa saja sih yang bisa dinikmati dari sana?

Bukit Berbatu di Kawasan Loksado

Bukit Langara, Secuil Keindahan Menakjubkan di Alam Kalimantan Selatan

Bukit berbatu yang cantik. Foto: indonesiakaya.com

Bukit Langara sebenarnya adalah area berbatu di kawasan Loksado. Lokasinya masih masuk ke dalam Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Wilayahnya sendiri berjarak sekitar 16 km dari Banjarmasin. Nama Loksado sendiri sudah cukup populer bagi para wisatawan dalam beberapa tahun terakhir. Wilayah ini memang punya daya tarik tersendiri, terutama di bagian alamnya. Pemandangan Gunung Meratus yang megah dan kebudayaan suku Dayak Meratus yang masih kental menjadi hal yang menarik untuk dilihat.



Perjuangan Menuju Bukit Langara

Bukit Langara, Secuil Keindahan Menakjubkan di Alam Kalimantan Selatan

Panorama menarik dari puncak. Foto: indonesiakaya.com

Alam Kalimantan selalu terkenal dengan kecantikannya. Untuk menuju lokasi Bukit Langara yang sedang populer ini, ternyata diperlukan perjuangan yang nggak mudah. Perjalanan selama 4 jam dari Banjarmasin akan membawa Anda tiba di Desa Lumpagi, Laksado. Belum selesai, karena pengunjung akan dihadapkan pada perjalanan menuju puncak yang penuh perjuangan. Awalnya memang nggak sulit, ada jalan setapak yang jadi akses menuju ke puncak. Begitu sampai di hutan jati, wisatawan diwajibkan mulai mendaki jika mau sampai di lokasi. Kondisi jalannya sendiri cukup curam dan licin, tapi untung aja ada bambu yang dipasang di sana buat berpegangan. Proses pendakiannya memakan waktu sekitar 20 menit.

Pemandangan Alam dari Atas Bukit

Bukit Langara, Secuil Keindahan Menakjubkan di Alam Kalimantan Selatan

Jembatan gantung yang dilalui sebelum lokasi. Foto: rezafaisal.net

Kalau udah sampai di puncak, Anda akan dimanjakan oleh kemegahan pegunungan Meratus yang berdiri kokoh sekitar 600 km per meter persegi. Selama perjalanan, kamu akan menemukan Sungai Amandit yang punya kesegaran air luar biasa untuk istirahat setelah perjalanan panjang. Pepohonan hijau di sekitar sungai juga jadi hal yang udah nggak asing lagi, mengingat alam Kalimantan memang masih belum tergusur oleh hutan beton.

Selain pesona atas Bukit Langara, pengunjung juga akan menemukan sebuah jembatan gantung yang melintang di Sungai Amandit. Jembatan yang satu ini cukup menarik perhatian dan pastinya tampak cantik jika diabadikan dalam jepretan kamera. Suasana yang hijau di sekeliling sungai membuat hati dan mata jadi terasa adem.

Itu tadi sedikit informasi tentang Bukit Langara yang fenomenal tersebut. Sampai ketemu di sana ya, travelers!

 



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com