Inspirasi Kota

Bukit Kapur Sekapuk, Wisata Alam Ala Peradaban Kuno di Gresik





Gresik mungkin dikenal sebagai kawasan industri yang panas dan gersang. Kalau dilihat sekilas, kota ini seperti tidak memiliki daya tarik wisata apapun. Padahal kalau mau ditelusuri, ada banyak spot tersembunyi yang menarik untuk dijelajahi. Diam-diam Gresik punya keindahan alam yang nggak kalah memikat dengan kota lain di Jawa Timur. Salah satu lokasi yang mungkin bisa disinggahi adalah Bukit Kapur Sekapuk. Tempat ini terdiri dari bukit kapur yang bentuknya menyerupai bangunan peradaban kuno Eropa, lho. Cari tahu selengkapnya, yuk!

Mengenal Bukit Kapur Sekapuk

Bukit Kapur Sekapuk, Wisata Alam Ala Peradaban Kuno di Gresik

Bukit Kapur Sekapuk, bukan kawasan wisata tapi banyak dikunjungi. Foto: travelingyuk.com

Bukit Kapur Sekapuk terletak di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik. Penduduk desa tersebut mayoritas berpenghasilan sebagai petani dan penambang di gunung kapur ini. Bukit kapur ini awalnya seperti lokasi kebanyakan yang mulai digali sejak tahun 1950-an. Hingga saat ini, tempat tersebut sebenarnya bukan lokasi wisata. Tapi, karena bentuk bukit yang unik, lokasi ini sering dikunjungi oleh para pelancong.




Spot Fotografi Yang Keren

Bukit Kapur Sekapuk, Wisata Alam Ala Peradaban Kuno di Gresik

Sering menjadi spot fotografi yang keren. Foto: travpacker.blogspot.com

Area bukit ini sendiri terbentang sepanjang 2-3 km. Yang unik dari tempat ini adalah bekas aktivitas penggalian yang dilakukan selama bertahun-tahun membuat bentuknya jadi tampak unik. Tebing dan lorong kapur yang ada membuatnya memiliki sisi yang menarik perhatian wisatawan. Bergeser ke area yang lain, Anda bisa menemukan sebuah sisa bukit kapur yang bentuknya menyerupai bangunan peradaban kuno. Untuk sesaat, mungkin Anda akan serasa sedang mengunjungi kawasan Eropa yang kaya akan kebudayaan masa lalunya.

Sisa bukit kapur yang menjulang, ditambah hiasan tanaman liar dan lumut yang tumbuh di sana, membuat eksotisme lokasi ini jadi makin terasa. Nggak heran kalau banyak pelancong yang memanfaatkannya sebagai spot fotografi untuk beragam hasil foto yang keren.

Perjalanan Menuju Lokasi

Bukit Kapur Sekapuk, Wisata Alam Ala Peradaban Kuno di Gresik

Kondisi area sekitar bukit. Foto: iwandj.lensamanual.net

Bukit Sekapuk ini sebenarnya tidak sulit diakses. Tapi, jika Anda bukan warga asli Gresik kemungkinan akan kebingungan dengan jalurnya yang kurang familiar. Jika Anda datang dar arah timur, rute yang diambil adalah menuju kota Gresik, kemudian arah jalur Pantura Lamongan, Ujung Pangkah, Desa Sekapuk, lalu menuju Gunung Kapur Sekapuk. Sementara jika Anda datang dari arah barat bisa mengambil jalur ke Lamongan, Paciran, jalur Pantura Gresik, Ujung Pangkah, Desa Sekapuk, dan arah menuju Gunung Kapur Sekapuk.

Bagi Anda yang ingin ke tempat ini, perlu diketahui jika kondisi jalan menuju lokasi cukup bergelombang. Hal ini disebabkan banyak truk dan kendaraan besar penambang yang sering lewat dan menyebabkan jalanan rusak. Jadi, sebaiknya perhatikan juga kendaraan yang akan dibawa menuju lokasi agar tidak menyulitkan diri.

Bukit Kapur Sekapuk bisa jadi rekomendasi yang pas buat Anda yang ingin menikmati alam Gresik. Yuk, saatnya jelajahi lokasi tersebut!



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com