Inspirasi Opini

Bukan 10jt Pekerja tapi 10jt Wisatawan Tiongkok akan Menyerbu Indonesia





Di tengah merebaknya isu tenaga kerja Tiongkok yang menyerbu Indonesia. Kita punya sudut pandang lain yang lebih rasional. Tanpa bumbu click-bait, hehe. Tiongkok yang di abad ini mencapai puncak kejayaan ekonominya akan menjadi konsumer terbesar di dunia. Ini bukan tanpa alasan, mengingat dengan populasi besar dan pertumbuhan ekonominya yang terus melaju.

Maka tidak heran bila masyarakat Tiongkok akan menjadi pasar utama untuk segala macam produk dari segala penjuru dunia. Termasuk di industri travel, Tiongkok diharapkan bisa memberikan sumbangsih pertumbuhan di industri ini termasuk ke Indonesia sendiri. Hal ini tentu kita harapkan memberikan multiplier effect ke Indonesia yang ingin membangun industri pariwisatanya. Berikut alasan kenapa Tiongkok akan memberikan sumbangsih besar terhadap industri travel di tanah air.

 

Meledaknya jumlah kaum menengah-atas

Foto: advisorperspectives.com

Tiongkok selama ini menikmati pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang sangat pesat. Baik karena dari sisi pemerintahan dengan kebijakannya menggairahkan ekonomi, juga dari pihak swasta yang terus berpacu siang malam membangun ekonomi Tiongkok. Sehingga tidak heran bila kaum menengah-atas Tiongkok terus bertambah setiap tahunnya. Ini yang akan menjadi sasaran utama untuk pasar turisme global. Menurut TripAdvisor dan Boston Consulting Group (BCG) Tiongkok diperkirakan akan menyumbang hampir 50% industri travel di Asia Pasifik kedepannya.

 

Populasi penduduk yang besar

Foto: cityminded.org

Tiongkok yang selama ini terkenal dengan populasi penduduk terbesar di dunia tentu tidak heran bila mereka bakal menjadi target pasar dari segala macam produk. Termasuk target pasar untuk industri travel khususnya industri pariwisata. Dengan demikian, tentu kita berharap banyak bahwa kunjungan wisatawan Tiongkok ke Indonesia terus meningkat. Sehingga bisa membawa dampak luas terhadap kesejahteraan masyarakat.

 

Perbaikan konektivitas yang semakin baik

Foto: globalindonesianews.com




Semakin hari dunia semakin terhubung. Era globalisasi membuat dunia bergerak begitu cepat. Konektivitas infrastruktur yang dulu hanya di monopoli negara barat. Hari ini seiring waktu berjalan konektivitas infrastruktur di negara berkembang seperti Indonesia ini terus berbenah. Hal ini juga yang akan mempersingkat jarak tempuh dari kota-kota besar di Tiongkok ke pusat-pusat turisme di Indonesia. Seperti dengan adanya penerbangan langsung, dan kerja sama lainnya.

 

Indonesia punya keunikan lokal yang tidak dipunya negara lain

Foto: siswatelatan.blogspot.com

Competitive advantage Indonesia di dunia internasional terkait industri pariwisata adalah kearifan lokalnya yang begitu khas. Moderenitas mungkin bisa dibeli atau dibangun, tapi kearifan lokal yang mempunyai nilai tersendiri ini lah yang akan menjadi ujung tombak bagi kita untuk bersaing. Tentu hal seperti inilah yang akan dengan mudah menarik wisatawan dari Tiongkok berkunjung ke Indonesia disamping daya tarik keindahan alamnya.

 

Summer Time sempurna bila ke Indonesia

Foto: liputan6.com

Indonesia bagian timur sudah terkenal akan alam tropisnya. Tentu akan menjadi pilihan utama ketika ingin merasakan Summer Time di alam tropis ini. Berjemur dan menikmati keindahan alam pesisir Indonesia timur akan menjadi magnet utamanya, ditambah dengan kearifan lokal seperti di atas.



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com