Festival

Bersih Dusun Jurang Rejo di Pujon, Malang

Wayang Bersih Dusun
admin
Written by admin





Di tengah pengahnya suasana kota, kita masih bisa menjumpai nuansa Malang yang sejuk di Kecamatan Pujon. Berada di sekitar pegunungan, hawa dingin Desa Pandesari Pujon memberi pengalaman baru yang sayang bila dilewatkan.

Tak jauh dari Kota Batu, Desa Pandesari masih menjaga kultur serta adat yang lama dipegang oleh masyarakatnya. Masyarakat menjunjung tinggi tradisi dan kepercayaan para sesepuh yang diterima turun-temurun.

Wayang Bersih Dusun

Foto: Efrem Siregar

Di Dusun Jurang Rejo, Jumat (29/4), masyarakat tak lupa meminta keselamatan bagi lingkungan mereka. Setiap tahunnya, mereka melaksanakan Bersih Dusun. Nuansa Jawa terasa kuat, termasuk dalam beberapa rangkaian upacara dan kegiatan.

‘Bersih Dusun’ setiap tahunya terlaksana dengan maksud memohon dusun Jurang Rejo aman dari gangguan dan marabahaya. Waktu pelaksanaan mengikuti penanggalan Jawa dan Kalender Hijriah. Acara dimulai pada Sabtu Kliwon di Bulan Rajjab. Lima hari lamanya, masyarakat serangkaian acara panjang selama tiga hari dimulai pada 29 April 2016.

Marching Band

Foto: Efrem Siregar

Awal rangkaian dimulai pada pembacaan ayat suci Al-Quran, dilanjutkan Tirakatan dan penampilan Pencak Silat pada malam Jum’at (29/4). Bila mengikuti prosesi pelaksanaan yang dilakukan pada tahun lalu, maka esok pagi, Kenduri adalah agenda pertama, sekaligus mengundang Kepala Desa atau Bupati Malang.

Siang hari, masyarakat disuguhkan pementasan Wayang Kulit. Pemilihan cerita wayang sangat selektif mengingat antusias ,masyarakat sangat besar terhadap jalan ceritanya. Kesan dari pementasan diharapkan bercitra baik. Pemilihan dalang pun menyesuaikan dengan kehendak warga dusun. Wayang akan dimainkan selama sehari semalam.

Sholawatan

Foto: Efrem Siregar

Menghormati para sesepuh dan tokoh dusun, maka selanjutnya para pemuda dari Karang Taruna akan menampilkan Langgeng Pekso. Para pemuda Karang Taruna juga akan dilibatkan dalam mengisi acara dengan menampilkan seni Tayub selama sehari semalam.

Menarik rasanya mengikuti kegiatan ini. Bentangan alam pegunungan yang menjadi ikonik Malang terlihat harmonis dengan manusia yang mendiaminya. Begitulah masyarakat Dusun Jurang Rejo memaknai anugerah tersebut.



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com