Gunung

Berpetualang ke Bukit Pergasingan, Eksotisme Lombok dari Ketinggian

Lombok sudah dikenal sebagai salah satu surga bagi para travelers, baik lokal maupun mancanegara. Pulau yang satu ini memiliki keindahan alam yang begitu menakjubkan. Selain pantai yang menawarkan kecantikan alami, Lombok juga memiliki pesona perbukitan dan pegunungan yang memanjakan para pendaki. Salah satunya adalah Bukit Pergasingan yang berada di kawasan Sembalun, Lombok Timur. Sudah pernah ke sana?

Alternatif Tujuan Pendakian Selain Rinjani

Berpetualang ke Bukit Pergasingan, Eksotisme Lombok dari Ketinggian

Alternatif pendaki selain Rinjani. Foto: travel.kompas.com

Bukit Pergasingan ini terletak di Desa Sembalun, Lombok Timur. Bukit ini selalu menjadi tujuan favorit para pendaki saat menuju Gunung Rinjani. Dari ketinggian 1.700 mdpl, Anda bisa menyaksikan Gunung Rinjani berdiri megah di hadapan. Pemandangan yang memanjakan mata ini menjadi hiburan tersendiri bagi para pendaki sebelum meneruskan perjuangan mereka menuju puncak Gunung Rinjani. Perjalanan dari kota Mataram hingga menuju bukit sendiri menempuh waktu sekitar 2-3 jam.

Bukit Bersahabat Bagi Pendaki Pemula

Berpetualang ke Bukit Pergasingan, Eksotisme Lombok dari Ketinggian

Bukit bersahabat bagi pemula. Foto: harryhermanan.blogspot.com

Bukit Pergasingan tergolong memiliki jalur pendakian yang bersahabat bagi para pendaki pemula. Meskipun demikian, panorama yang bisa dinikmati pengunjung nggak kalah indah. Jalur pendakiannya nggak sulit. Anda akan menjumpai ratusan anak tangga ketika hampir mencapai puncak. Tapi, pendaki harus tetap berhati-hati karena melewati jalur tanah berbatu. Selain itu, ada juga trek yang memiliki kemiringan sekitar 60-70 derajat yang penuh tantangan. Begitu tiba di puncak, selain pemandangan Gunung Rinjani, Anda juga akan dimanjakan oleh lanskap Desa Sembalun dan panorama sekitar bukit yang begitu memesona.

Tips Mendaki Bukit Pergasingan

Jalur pendakian Bukit Pergasingan memang nggak terlalu panjang. Hanya sekitar 600 meter saja. Tapi, tetap siapkan peralatan pendakian yang memadai, misalnya dengan menggunakan pakaian yang nyaman dan sepatu hiking yang tepat agar lebih aman selama perjalanan. Jika ingin bermalam di sekitar lokasi, bawa sendiri perlengkapan camping yang dibutuhkan. Jika barang bawaan terlalu berat, Anda bisa menyewa porter. Jangan lupa untuk selalu menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan ya, travelers.

Berminat membuktikan sendiri pemandangan indah yang tampak di puncak Bukit Pergasingan sini?

 

 

 

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com