Danau

Berkenalan dengan Ikan Dewa Penghuni Rambut Monte Yuk…

Bosan dengan suasana hiruk pikuk kota? Berniat untuk sejenak ‘melarikan diri’ dari aktifitas sehari-hari? Yap… Kali ini Saya akan merekomendasikan satu tempat yang bisa dijadikan referensi sebagai tempat untuk mengatasi kejenuhan sekaligus dapat menenangkan pikiran. Tempat yang akan Saya rekomendasikan terletak di Kabupaten para Raja yaitu Blitar. Tapi kali ini bukan Makam Bung Karno atau candi Penataran yang akan Saya rekomendasikan. Tempat itu adalah Rambut Monte….

Rambut Monte merupakan sebuah kawasan wisata cagar budaya yang terdiri dari telaga, candi, dan petilasan atau tempat untuk bermeditasi. Letaknya di Desa Krisik, Kecamatan  Gandusari, Kabupaten Blitar. Jarak tempuh yang diperlukan sekitar 30 km dari pusat Kota Blitar sekitar 1 jam perjalanan. Tidak usah khawatir tersesat karena akses menuju Rambut Monte tidak sulit disertai dengan rambu-rambu lalu lintas yang menunjukkan arah menuju Rambut Monte. Anda dapat berangkat menuju Wlingi kemudian ke arah Utara menuju Krisik. Setelah itu silahkan ikuti petunjuk jalan.

Jangan khawatir perjalanan Anda akan membosankan karena sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi banyak pemandangan alam diantaranya adalah wilayah Kebun Teh Bantaran dan hamparan sawah yang luas. Ditambah dengan lika-liku jalanan berbukit dan hamparan padi di sepanjang jalan yang memanjakan mata, tentu saja perjalanan Anda akan menyenangkan.

Cukup dengan membayar tiket masuk Rp. 5.000,- per orang Anda akan merasakan nuansa alam yang sejuk dan hijaunya alam sekitar. Begitu memasuki gerbang Anda akan disambut oleh Candi. Candi ini merupakan peninggalan purbakala tempat pemujaan bagi penganut agama Hindu pada zaman kerajaan Majapahit. Bukan Candi utuh seperti yang kita lihat akan tetapi hanya tersisa kaki candi, nampaknya kaki candi ini disusun ala kadarnya. Di samping candi, terdapat artefak Lingga Yoni yang merupakan lambang kesuburan.

Menurut Bapak Kasno yang menjadi juru pelihara situs ini sejak 18 tahun yang lalu dan samapi saat ini masih menetap di kawasan ini, setiap hari-hari sakral dalam pasaran Jawa seperti malam Jum’at Kliwon, malam Jum’at legi banyak pengunjung sekitar atau dari daerah-daerah jauh yang menyepi disini. Dan apabila penduduk sekitar akan mengadakan suatu acara sebelumnya. akan “nembung” dulu di situs Rambut Monte ini. Secara langsung atau tidak langsung situs ini oleh penduduk sekitar telah menjadi suatu bagian dari perkembangan budaya dari masa ke masa, generasi ke generasi  yang masih menerapkan kearifan lokal dalam menjaga keseimbangan antara kehidupan sosial masyarakat dan alam sekitarnya.

Apabila melihat ke bawah dari Candi ini maka akan tambah pantulan air telaga yang berwarna jernih yang mampu menarik kita untuk menuruni anak tangga mendekati telaga tersebut. Airnya sangat jernih. Seolah-olah pepohonan dapat bercermin dan pantulannya membuat air tepian telaga berwarna hijau mengelilingi pusat mata airnya yang biru. Siapapun akan tergoda untuk berenang, akan tetapi memang dilarang keras untuk berenang. Telaga ini dihuni oleh ratusan ikan langka yang dikeramatkan oleh penduduk setempat, yaitu ikan Sengkaring. Masyarakt menyebutnya Ikan Dewa.

Alasan mengapa ikan itu dikeramatkan karena menurut sepenggal cerita dari sang juru kunci Rambut Monte, Bapak Kasno Ikan disini sejak zaman dulu jumlahnya tetap, tidak berkurang, dan tidak bertambah. Entahlah cerita itu benar apa tidak karena tidak ada yang menghitung jumlah ikan tersebut. Hehehehhehheh……

Di pinggiran telaga disediakan sebuah gazebo untuk beristirahat dan menikmati keindahan alam di sekitar telaga. Keindahan lokasi Rambut Monte ini kian bertambah dengan pantulan warna air dalam danau yang jernih kehijauan dan cenderung ke toska. Oh iya apabila Anda penasaran ingin merasakan airnya, Anda dapat mengambil air tersebut di sisi aliran air menuju ke sungai. Air asli dari sumber ini memang terasa menyegarkan tidak kalah dengan air mineral kemasan itu lho!!!.

Waktu terbaik untuk menikmati pesona Rambut Monte adalah pada siang hari menjelang senja, keheningan terasa menebar aroma mistis. Namun fakta tidak bisa dipungkiri, galeri pesona Rambut Monte yang berbalut sentuhan spiritual ini mampu menyuguhkan wujud keindahan yang menyimpan amanat alam.

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com