Kota Landmark Wisata Sejarah

Benteng Van Der Wijck, Destinasi Wisata Wajib Kala Berkunjung Ke Kebumen





Mendengar nama Kebumen, mungkin yang terlintas dalam pikiran adalah sebuah kabupaten kecil di Jawa Tengah yang tidak memiliki daya tarik. Tapi jangan salah, sebab Kebumen juga punya tempat wisata yang sayang sekali jika dilewatkan. Benteng Van Der Wijck adalah salah satunya. Saat sedang berkunjung ke kawasan ini, tak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat tersebut. Apa sih yang menarik dari spot tersebut?

Mengenal Sejarah Benteng Van Der Wijck

Benteng Van Der Wijck, Destinasi Wisata Wajib Kala Berkunjung Ke Kebumen

Benteng Van Der Wijck yang bersejarah. Foto: kebumenkab.go.id

Benteng Van Der Wijck terletak di Jalan Sapta Marga, Desa Sedayu Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kawasan wisata bersejarah ini cukup mudah ditemukan karena letaknya yang cukup strategis. Benteng tersebut dibangun pada abad ke-19, tepatnya 1844. Butuh waktu empat tahun untuk menyelesaikan bangunan benteng ini secara menyeluruh. Saat pertama kali dibangun, benteng ini diberi nama Fort Cochius yang mengambil nama salah satu jenderal Belanda yaitu, Frans David Cochius. Bangunan ini memiliki bentuk heksagonal atau segi delapan yang membuatnya jadi lebih unik.

Berubah Menjadi Obyek Wisata

Benteng Van Der Wijck, Destinasi Wisata Wajib Kala Berkunjung Ke Kebumen

Banyak dikunjungi para wisatawan. Foto: wisata.vanbumen.com

Kini, Benteng Van Der Wijck tersebut sudah berubah menjadi obyek wisata favorit di Kebumen yang cukup banyak dikunjungi, terutama saat musim liburan. Benteng ini memiliki dua lantai yang bisa dijelajahi oleh pengunjung. Anda akan menemukan sebuah bangunan Belanda dengan beragam peninggalan perang di sana, seperti tank yang pernah digunakan untu bertempur. Berkeliling bangunan ini juga bisa menjadi sarana wisata edukatif yang memperkenalkan masyarakat dengan sejarah Indonesia.

Benteng Van Der Wijck, Destinasi Wisata Wajib Kala Berkunjung Ke Kebumen

Kereta unik yang berjalan di atas benteng. Foto: backpackology.com

Berkunjung ke Benteng Van Der Wijck tidak hanya menjelajah bangunan bersejarah itu saja. Anda yang membeli tiket terusan bisa juga menikmati wahana water park di sana. Pihak pengelola memang mengembangkan tempat ini untuk menarik wisatawan agar mau berkunjung ke Benteng Van Der Wijck. Anda bisa berenang di water park, bermain di kawasan wisatanya, hingga naik kereta di atas benteng. Nah, inilah salah satu daya tarik yang paling unggul dari Benteng Van Der Wijck karena Anda bisa merasakan sensasi naik kereta di atas benteng. Ada juga beberapa wahana yang disediakan dengan gratis untuk pengunjung, seperti ayunan, roda putar, hingga seluncuran yang cocok untuk anak-anak.

Berkunjung ke Benteng Van Der Wijck juga nggak kalah seru, kan? Selamat menikmati wisata di Kebumen, travelers!



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com