Kota Museum

Belajar Lebih Banyak Tentang Tembakau di Museum Tembakau Jember

Tembakau memang lebih populer menjadi bahan baku rokok. Tanaman yang satu ini dikenal sebagai salah satu tanaman yang ditanam secara turun temurun di Jember. Nggak heran kalau kota ini mendapat julukan sebagai Kota Tembakau. Nah, seberapa jauh sih Anda mengenal tentang tanaman yang satu ini? Meningkatkan wawasan tentang tembakau bisa dilakukan dengan mengunjungi Museum Tembakau Jember, lho. Ada apa saja sih di sana?

Museum Edukasi Tembakau

Belajar Lebih Banyak Tentang Tembakau di Museum Tembakau Jember

Beragam jenis tembakau menjadi koleksi museum ini. Foto: kompasiana.com/amirul685

Museum Tembakau Jember ini berada di bawah pengelolaan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian & Sertifikasi Mutu Barang Jember. Koleksinya terdiri dari berbagai jenis tembakau sekaligus perpustakaan yang bisa meningkatkan wawasan masyarakat tentang tanaman yang satu ini.

Begitu masuk ke dalam Museum Tembakau Jember, pengunjung akan disambut dengan berbagai hiasan bertema tembakau, mulai dari lukisan hamparan padang tembakau, lukisan tarian Labako yang menceritakan tembakau, hingga lukisan pria tua yang menghisap cerutu. Koleksi museum ini berupa lembaran daun tembakau kering dari berbagai perusahaan yang mengekspor tembakau di Jember. Ada juga tanaman tembakau dari penjuru nusantara, seperti Madura hingga Bojonegoro.

Mempelajari Pengolahan Tembakau

Belajar Lebih Banyak Tentang Tembakau di Museum Tembakau Jember

Koleksi pustaka tentang tembakau yang bisa dibaca pengunjung. Foto: antarajatim.com

Selain melihat berbagai koleksi daun tembakau di Museum Tembakau Jember, Anda juga bisa mencari tahu lebih lanjut tentang tembakau. Misalnya saja bagaimana cara menanam tembakau dan mengelolanya dengan benar. Ada berbagai buku kepustakaan yang berjejer rapi di raknya hingga film documenter yang bisa disaksikan oleh pengunjung. Film ini memperlihatkan bercocok tanam tembakau sejak zaman Belanda untuk meningkatkan wawasan masyarakat.

Mempelajari Produk Diversivikasi Tembakau

Belajar Lebih Banyak Tentang Tembakau di Museum Tembakau Jember

Banyak produk diversivikasi tembakau yang bisa ditemukan di sini. Foto: antarajatim.com

Di sini, pengunjung juga diperkenalkan tentang produk diversifikasi tembakau yang ternyata cukup beragam. Jadi, tanaman ini nggak hanya bisa diolah menjadi rokok saja, tapi juga dapat dimanfaatkan menjadi parfum, bio diesel, pestisida, pupuk organik, filter rokok, sampai produk pengobatan. Ruangan di Museum Tembakau Jember ini memang tidak luas, tapi nyaman dan tertata rapi sehingga pengunjung yang datang pun merasa betah berada di dalamnya. Museum ini diharapkan bisa menjadi salah satu daya tarik wisata bagi para travelers yang berlibur di Kota Tembakau tersebut.

Featured image: rayapos.com

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com