Air Terjun

Air Terjun Toroan, Air Terjun Satu-satunya di Madura




Dari sekian banyak air terjun yang ada di Indonesia entah mengapa Saya menulis tentang air terjun yang satu ini. Mungkin salah satu alasannya adalah karena Saya ingin ikut serta dalam mempromosikan pariwisata yang ada di Pulau Madura. Banyak orang bilang pualu Madura itu tidak meiliki tempat wisata yang bagus. Bahkan lebih terkenal dengan pulau yang panas dan juga terkenal dengan orang-orangnya yang “sangar”. Kalau kita telusuri lebih dalam ternyata banyak “surga-surga” tersembunyi. Salah satunya Air Terjun Toroan.

Air Terjun Toroan, Foto: 1.bp.blogspot.com

Air Terjun Toroan, Foto: 1.bp.blogspot.com

Air Terjun Toroan terletak di Desa Ketapang Daja (artinya Ketapang Utara), Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Propinsi Jawa Timur. Jarak kurang lebih 3 km dari pusat kecamatan Ketapang atau 43 km dari Kota Sampang. Apabila Anda memulai perjalanan dari arah Surabaya maka arahkan kendaraan Anda menuju Jembatan Suramadu kemudian lanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Sampang. Apabila Anda belum pernah datang ke Madura Anda dapat mengikuti petunjuk arah yang ada. Ketika sudah memasuki Kabupaten Sampang lanjutkan perjalanan hingga pusat kota. Dari pusat kota Anda bisa langsung ke arah utara yakni dengan mengikuti jalur transportasi umum Sampang-Ketapang-Sokobanah. Apabila menggunakan transportasi umum, setelah sampai di pusat kota Anda dapat turun di perempatan Barisan atau di SMAN 1 Sampang.  Selanjutnya naik angkutan kota ke jurusan Ketapang selama kurang lebih 1 jam perjalanan dengan ongkos Rp 10.000,-. Jangan khawatir karena banyak angkutan umum menuju ke sana.

Air Terjun Toroan, Foto: 1.bp.blogspot.com

Air Terjun Toroan, Foto: 1.bp.blogspot.com

Bagi yang menggunakan kendaraan roda dua dapat dibawa dan diletakkan di dekat air terjun. Sedangkan yang membawa kendaraan pribadi roda empat dapat menitipkan kendaraannya di rumah penduduk. Selanjutnya untuk menuju lokasi  di Air Terjun ini perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki. Ada dua cara, yang pertama menuruni lembah curam dengan jalan setapak sejauh 50 meter. Kedua, yakni mengitari bibir pantai dengan batu-batu karang dan sisa genangan air laut.

Air Terjun Toroan, Foto: imageshacks.com

Air Terjun Toroan, Foto: imageshacks.com

Keunikan Air Terjun Toroan ini adalah curahan terjunan airnya langsung jatuh ke laut lepas laut Jawa. Tinggi air terjun ini sekitar 20 meter. Air Terjun Toroan yang merupakan satu-satunya air terjun di Pulau Madura. Sumber mata Air Terjun Toroan berasal dari sungai Sumber Payung yang berada di kecamatan Ketapang Timur. Air Terjun Toroan dikelilingi dengan banyaknya pepohonan rindang di sekitarnya sehingga udara cukup sejuk dan asri.  Batu-batu yang besar dan masih utuh, mampu menahan gelombang ombak dan pasirnya masih bersih di sepanjang bibir pantai.  Dengan demikian keadaan alam di sekitar air terjun ini  masih sangat alami. Jika Anda berkunjung di sore hari jangan lewatkan untuk menikmati matahari tenggelam di air terjun ini.

Air Terjun Toroan. Foto: madurazone.files.wordpress.com

Air Terjun Toroan. Foto: madurazone.files.wordpress.com

Air Terjun Toroan ini masih belum dikelola maksimal oleh pemerintah daerah. Sehingga di sekitar air terjun tidak ditemukan fasilitas penunjang seperti warung-warung makanan dan juga toilet. Jadi sambil menikmati indahnya air terjun ini ada baiknya Anda membawa bekal sendiri. Tapi jangan lupa bawa sampahnya kembali supaya tidak mengotori lingkungan sekitar air terjun. Selamat berlibur!!!!




Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com