Air Terjun

Air Terjun Pertemon, Obyek Wisata Baru yang Menenangkan Hati

Trevelsia.com – Apabila Kalian bingung memilih tempat untuk berlibur, cobalah datang berkunjung ke Banyuwangi. Kabupaten yang satu ini memang tidak pernah kehabisan tempat untuk dikunjungi. Kabupaten Banyuwangi terkenal dengan jejeran pantainya yang mempesona. Tapi, apabila Kalian sedang bosan dengan wisata pantai masih banyak pilihan wisata alternatif lainnya. Salah satunya adalah menikmati keindahan air terjun. Air Terjun yang satu ini memang belum terkenal. Bahkan belum banyak diketahui keberadaannya oleh masyarakat Banyuwangi sendiri. Namanya adalah Air Terjun Pertemon.

Lokasi Air Terjun Pertemon

Selamat Datang di Air Terjun Pertemon

Air Terjun Pertemon terletak di Dusun Sambungrejo, Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Meskipun tergolong tempat wisata baru, namun pesona Air Terjun Pertemon ini tidak boleh diragukan. Jika Kalian mencarinya via internet, lokasi air terjun ini sulit untuk ditemukan. Karena masih belum banyak wisatawan yang berkunjung kesini. Lokasi air terjun ini sebenarnya cukup mudah ditemukan. Lokasinya sekitar 1 km dari jalan raya kecamatan Songgon.

Rute Menuju Air Terjun Pertemon

Bagi Kalian yang ingin mengunjungi Air Terjun ini rutenya cukup mudah. Apabila Kalian datang dari luar Banyuwangi dari arah Genteng maka silahkan ikuti petunjuk jalan menuju kecamatan Rogojampi. Sebelum pasar Rogojampi akan ada pertigaan di sebelah kiri, ikuti jalur tersebut karena memang sudah dibuat jalur satu arah. Setelah itu, akan ada pertigaan lagi maka ambil arah lurus menuju kecamatan Singojuruh kemudian kecamatan Songgon. Dari pertigaan Rogojampi ini dibutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk tiba di pusat kecamatan Songgon.

Kalian yang datang dari arah Banyuwangi kota rutenya tidak begitu jauh berbeda. Dari arah Kota ikuti saja arah menuju kecamatan Rogojampi. Setelah melewati pasar Rogojampi maka akan ada pertigaan di sebelah kanan. Silahkan ikuti jalur tersebut. Untuk lebih mudahnya, Kalian dapat mengikuti petunjuk arah menuju Wana Wisata Rowo Bayu. Kedua objek wisata tersebut berada di kecamatan yang sama.

Menyusuri Perkebunan Kopi Melalui Jalan Setapak.

Dibutuhkan sekitar waktu 30 menit dari Rogojampi menuju kecamatan Songgon. Setelah tiba di pasar Songgon Kalian akan menemukan pertigaan. Sebelah kiri jalan Kalian akan menemukan petunjuk jalan. Pilih jalan lurus  menuju Wana Wisata Rowo Bayu. Dari pertigaan pasar jaraknya sekitar 3 km. Nantinya sebelah kanan Kalian akan menemukan petunjuk jalan beserta gambar air terjun Pertemon tersebut.

Jika Kalian sudah menemukan petunjuk jalan ini petualangan akan segera dimulai. Dari lokasi ini Kalian harus berjalan kaki sekitar 1 km. Masih belum tersedia parkir bagi pengunjung. Namun, Kalian dapat menitipkan parkir kendaraan di rumah warga sekitar. Jika Kalian ragu untuk berangkat sendiri menuju lokasi air terjun Pertemon ini Kalian juga dapat menyewa guide penduduk setempat. Ada beberapa penduduk yang bersedia mengantar Kalian menuju air terjun Pertemon ini.

Silahakan Dinikmakti Pemandangan Persawahan Terasiring ini

Akses menuju Air Terjun Pertemon pertama harus melalui rumah warga. Kemudian masuk ke areal persawahan, kemudian menyeberangi sungai kecil melalui jembatan bambu. Setelah jembatan akan disambut tanjakan pertama. Di tanjakan ini  pengunjung akan memasuki area perkebunan kopi sekaligus pohon durian. Setelah melalui kebun kopi Kalian akan menemukan persimpangan kecil. Kalian dapat memilih salah satu dari kedua jalan ini. Apabila memilih rute arah ke kiri, maka Kalian akan melewati area persawahan terasiring dengan rute meliuk-liuk. Tapi apabila memilih rute yang sebelah kanan, Kalian akan melalui jalan menurun dihiasi pohon kopi di kanan kirinya. Kemudian menyusuri sungai berbatu hingga menemukan tanjakan. Di atas tanjakan inilah pertemuan rute tadi.

Kalau Sampai di sini Berarti Sebentar Lagi Sampai

Setelah melalui rute yang tadi Kalian akan menyusuri sungai lagi. Setelah sungai ini Kalian akan akan menemukan pemandangan segar berupa tebing-tebing menjulang tinggi. Seolah-olah Kalian berjalan diapit dinding-dinding tebing menjulang. Dari sinilah terdengar suara air jatuh. Setelah itu, Kalian bersiaplah terperangah dengan keindahan air terjun ini. Tidak dibutuhkan waktu lama untuk sampai di Air Terjun ini. Kalian cukup berjalan kaki sekitar sekitar 30 menit saja.

Keunikan Air Terjun Pertemon

Air Terjun Pertemon ini memang belum terkenal seperti air terjun lain yang ada di kecamatan Songgon. Pengunjung yang datang masih tergolong sepi. Suasana menuju lokasi air terjun ini tenang dan menyegarkan. Sesekali Kalian akan berpapasan dengan para petani yang sedang menggarap lahannya. Apabila Kalian berangkat tanpa membawa guide jangan khawatir karena di sepanjang jalan akan ada petunjuk jalan. Petunjuk jalannya berupa arah panah yang dipaku pada batang pohon.

Ini Dia Menu Utamanya...

Ini Dia Menu Utamanya…

Air terjun Pertemon ini tersembunyi diantara tebing. Airnya jatuh diantara dua tebing yang saling mengapit. Kolam airnya cukup jernih dan aman untuk berenang. Kedalaman kolamnya sekitar 1 m saja. Air yang berasal dari air terjun Pertemon ini sangat dingin dan segar. Selain bisa bermain dengan air di kolamnya, pengunjung juga dapat duduk memandangi air terjun dari sisi genangan air. Di sana, ada sedikit ruang dengan kondisi tanah berpasir. Kalian dapat berlama-lama menikmati air terjun ini. Udaranya sejuk dan asri. Bahkan serasa air terjun pribadi karena masih sepi pengunjung. Lokasi yang berada di antara tebing membuat cahaya matahari tetap terasa dingin. Bagi pengunjung disarankan untuk tidak datang saat musim hujan, karena khawatir akan adanya banjir atau longsor.Asyik juga dinikmati sambil berpiknik.

Tebing yang Mengelilingi Air Terjun Pertemon

Uniknya lagi tebing di sekitar air terjun ini memiliki motif semburat-semburat garis. Sedangkan tebing di sisi lainnya yang lebih jauh dari air terjun dihiasi oleh pohon pakis. Belum tersedia fasilitas apapun di area sekitar air terjun Pertemon ini. Pengunjung harus mempersiapkan sendiri segala hal yang dibutuhkan, seperti makanan dan minuman. Di sini juga belum tersedia tempat sampah, sehingga pengunjung harus membawa sampahnya kembali. Supaya area air terjun Pertemon tetap bersih dan alami.

Menikmati Sisi Lain Air Terjun Pertemon

Jalan menuju air terjun ini tergolong baik karena sudah diperbaiki oleh penduduk sekitar. Hal ini ditujukan untuk mempermudah pengunjung mencapai air terjun Pertemon. Saat ini air terjun Pertemon dikelola secara swadaya oleh warga Dusun Sambungrejo. Ada 16 orang yang mengawali untuk mengelola wisata alam ini secara perlahan. Bagi pengunjung belum ada tarif masuk. Hanya saja dikenakan biaya parkir kendaraan yang dititipkan di rumah warga sebesar Rp 5.000,-. Uang ini akan digunakan untuk pembangunan jalan, tempat ganti pakaian, petunjuk jalan, dan Mushola. Diharapkan kedepannya air terjun ini dapat dikelola dengan baik sehingga mampu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com