Tips Traveling

7 Hal yang Wajib Disiapkan Sebelum Jadi Solo Traveler

Source : www.worldofwanderlust.com

Source : www.worldofwanderlust.com

Mungkin tidak banyak orang yang suka pergi traveling sendirian atau menjadi solo traveler. Beberapa alasan diantaranya adalah takut nyasar, takut kesepian, dan tidak merasa aman. Tapi siapa sangka, menjadi solo traveler itu menyenangkan, loh! Selain bebas menentukan tempat tujuan, kamu juga bisa belajar lebih mandiri, melatih kemampuan beradaptasi, dan tentunya besar kemungkinan kamu akan mendapat kenalan baru karena traveling sendirian akan membuatmu lebih banyak berinteraksi dengan orang asing.

Meski rasa takut akan pergi traveling sendirian sangat manusiawi, tapi tidak ada salahnya mencoba kegiatan yang satu ini. Agar kegiatan solo travelingmu bisa aman dan menyenangkan, berikut 7 hal penting yang harus kamu siapkan sebelum menjadi solo traveler:

7 Hal yang Wajib Disiapkan Sebelum Jadi Solo Traveler

  1. Siapkan seluruh sarana yang kamu butuhkan

Source : ekonomi.metrotvnews.com

Source : ekonomi.metrotvnews.com

Karena kamu akan pergi sendirian, maka kamu harus persiapkan segala sarana yang dibutuhkan mulai dari sarana transportasi hingga penginapan. Pesan tiket keberangkatan hingga kepulangan serta booking hotel yang harganya sesuai dengan isi kantongmu. Jangan lupa untuk meriset transportasi umum apa saja yang akan kamu gunakan selama berada di tempat tujuan, harga, jam operasional, serta harga tiket masuk tempat wisata yang akan kamu kunjungi.

  1. Buat catatan rencana perjalanan dan anggaran

Source : travel.ijomuda.com

Source : travel.ijomuda.com

Catatan rencana perjalanan beserta perkiraan anggaran menjadi salah satu hal penting yang harus kamu persiapkan dengan baik karena catatan inilah yang akan menjadi panduan perjalananmu. Rancang catatan tersebut sedetail mungkin mulai dari bangun pagi, destinasi-destinasi mana saja yang akan kamu kunjungi dalam sehari, hingga kembali lagi ke penginapan.  Lengkapi catatan tersebut dengan perkiraan anggaran dana yang akan kamu keluarkan di hari itu. Berapa yang kamu butuhkan untuk transportasi, membeli tiket masuk tempat wisata, dan berapa biaya yang akan kamu sisihkan untuk makan.

  1. Simpan uang, kartu ATM, dan dokumen penting secara terpisah

Source : namakuvee.wordpress.com

Source : namakuvee.wordpress.com

Kejahatan bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja, dan di mana saja untuk itu kita harus waspada dengan segala kemungkinan yang ada. Jangan simpan seluruh uang dan kartu ATM mu di dalam dompet. Pisahkan uang dan kartu ATM mu menjadi beberapa bagian kemudian simpan di beberapa tempat yang berbeda. Selain itu jangan lupa scan atau potret dokumen-dokumen penting seperti passport, KTP dan lain-lain. Hal ini penting untuk berjaga-jaga jika mengalami keadaan tak terduga seperti kehilangan tas.

  1. Simpan kontak penting di dalam ponsel

Source : brilio.net

Source : brilio.net

Sebelum berangkat solo traveling, pastikan kamu sudah menyimpan konyak-kontak penting dari kota yang akan kamu kunjungi seperti nomor telepon penginapan, polisi, dan rumah sakit. Jangan lupa simpan nomor telepon orang-orang terdekatmu agar kamu bisa memberi kabar pada mereka sewaktu-waktu.

  1. Manfaatkan teknologi

156205_620

Source : tekno.tempo.co

Perkembangan teknologi ponsel saat ini sangat berguna bagi orang-orang yang akan bepergian sendiri. Aplikasi maps akan berguna sebagai penunjuk arah agar kamu tidak terlihat kebingungan saat mencari lokasi. Selain itu aplikasi sosial media seperti path berguna untuk menunjukkan lokasimu agar teman-teman dan keluargamu tau dimana kamu sedang berada.

  1. Hindari penggunaan pakaian atau perhiasan mencolok

Source : herpackinglist.com

Source : herpackinglist.com

Saat bepergian sebaiknya hindari penggunaan pakaian dan perhiasan yang mencolok agar tidak mengundang perhatian. Selain alasan keamanan, memakai baju yang wajar dan nyaman akan membuatmu lebih bebas bergerak.

  1. Bawa tripod, go pro, atau tongsis

Source : www.hdactioncameras.net

Source : www.hdactioncameras.net

Dan yang terakhir, meski tidak begitu penting namun biasanya mengabadikan diri saat sedang bepergian menjadi salah satu hal yang seakan wajib dilakukan oleh setiap orang. Lalu kalau traveling sendiri, siapa dong yang mau fotoin? Jangan khawatir, kamu tetap bisa mengabadikan tiap momen perjalananmu meski kamu sedang solo traveling. Caranya, bawa tripod agar kameramu bisa diletakkan saat kamu ingin berfoto sendiri. Atau jika punya budget lebih, kamu bisa membeli kamera go pro yang kini sedang hits di kalangan anak muda agar kamu bisa selfie sesukamu. Kalau uangmu pas-pasan, tongsis menjadi solusi terbaik untuk memungkinkan kamu berfoto saat sedang bepergian sendiri.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba solo traveling? Semoga tips di atas bisa membantu kamu untuk mempersiapkan pengalaman barumu. Happy traveling!

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com