Gunung Inspirasi

7 Gunung yang Ramai Saat Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia




Trevelsia.com – 17 Agustus merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Di tahun 2016 ini genap sudah 71 tahun Indonesia merdeka. Bukan perjalanan yang mudah untuk mencapai kemerdekaan. Butuh pengorbanan segenap jiwa dan raga dari para pahlawan yang membela tanah air ini. Kita dapat saksikan setiap tahunnya jajaran pemerintah melakukan upacara sakral di Istana Negara. Generasi muda juga tidak ketinggalan cara untuk memperingati kemerdekaan. Salah satunya adalah dengan naik gunung. Mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung dan dihiasi alam Indonesia akan menambah rasa cinta Kita terhadap tanah air. Berikut gunung-gunung yang biasa ramai saat memperingati 17 Agustus:

   1. Gunung Semeru

Upacara Memperingati Kemerdekaan di Kalimati lereng Gunung SemeruFoto: www.bromotravelindo.com

Upacara Memperingati Kemerdekaan di Kalimati lereng Gunung SemeruFoto: www.bromotravelindo.com

Gunung Semeru yang terkenal dengan Puncak Mahameru ini tidak pernah sepi dari pendaki . Apalagi sejak kemunculannya di film 5 cm. Tepat tanggal 17 Agustus, gunung Semeru banyak dipilih kaum muda untuk memperingati kemerdekaan Indonesia. Gunung yang memiliki tinggi 3676 mdp ini tergolong gunung yang masih aktif. Tahun 2016 ini Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru hanya mengizinkan mengadakan upacara di tiga lokasi yakni di Ranu Pane, Ranu Kumbolo, dan Kalimati. Hal ini dikarenakan Gunung Semeru dalam status waspada.

     2. Gunung Merapi

Upacara di Pasar Bubrah Gunung Merapi. Foto: www.susysus.blogspot.co.id

Upacara di Pasar Bubrah Gunung Merapi. Foto: www.susysus.blogspot.co.id

Tidak hanya Semeru, Gunung Merapi yang memiliki ketinggian 2930 mdpl juga ramai saat 17 Agustus. Gunung Merapi merupakan gunung teraktif di Indonesia, namun tak menyurutkan semangat Kaum muda untuk melakukan upacara di atas gunung ini. Badan Penyelidikan dan Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta selalu mengimbau supaya upacara bendera tidak dilakukan di puncak Gunung Merapi. Pasar Bubrah di lereng Gunung Merapi biasanya menjadi tempat favorit untuk melaksanakan upacara bendera atau sekitar di ketinggian 2700 mdpl .

   3. Gunung Prau

Tingginya Antusiasme Para Pendaki untuk Merayakan Kemerdekaan di Gunung Prau. Foto: www.viapendaki.blogspot.com

Tingginya Antusiasme Para Pendaki untuk Merayakan Kemerdekaan di Gunung Prau. Foto: www.viapendaki.blogspot.com

Gunung Prau terletak di Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 2565 mdpl dan jalur yang tidak terlalu ekstrim. Bagi Kalian yang masih pendaki pemula dan ingin merayakan kemerdekaan di atas gunung, Gunung Prau bisa menjadi pilihan yang tepat. Yang satu ini adalah gunung yang terkenal ramah terhadap pendaki pemula. Gunung Prau merupakan destinasi wisata alam yang dapat memanjakan mata para pendaki. Dari atas puncak, Kalian dapat melihat pemandangan jejeran gunung-gunung seperti Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, dan Slamet. Gunung ini juga memiliki ciri khas yakni  bukit – bukit di puncak Gunung Prau juga mempunyai ciri khas tersendiri yang mirip dengan bukit-bukit di serial tv Teletubbies dan sering disebut sebagai bukit Teletubbies.

   4. Gunung Merbabu

Di Puncak Gunung Kita dapat Merayakan Bersama dengan Pendaki Lain. Foto: www.gepengan.com

Di Puncak Gunung Kita dapat Merayakan Bersama dengan Pendaki Lain. Foto: www.gepengan.com

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung yang sering dijadikan tempat untuk merayakan kemerdekaan. Gunung ini memiliki 4 jalu yakni Selo, Thekelen, Cunthel, dan Wekas. Gunung yang memiliki ketinggian 3145 mdpl ini memiliki tiga puncak yang bernama Puncak Syarif, Trianggulasi, dan Puncak Kenteng Songo. Keindahan alam di sekitar Gunung Merbabu dapat Kalian nikmati secara maksimal saat berada di puncak. Gunung Merbabu merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif, sehingga pendakian sampai ke puncak gunung ini sangat aman. Karena tergolong aman, upacara 17 Agustus dapat dilakukan di puncak gunung.

   5. Gunung Lawu

Serunya Merayakan Hari Kemerdekaan di Puncak Gunung. Foto: www.kaskus.co.id

Serunya Merayakan Hari Kemerdekaan di Puncak Gunung. Foto: www.kaskus.co.id

Terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, Gunung Lawu memiliki ketinggian 3.265 mdpl. Jika ingin mendaki Gunung Lawu, pendaki dapat melalui 2 jalur, yakni jalur Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang. Gunung Lawu memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah. Yang terakhir ini adalah puncak tertinggi. Dari puncak, pendaki dapat melihat pemandangan Gunung Wilis, Semeru, Arjuno, Merapi, dan Merbabu. Setelah selesai melaksanakan misi untuk melaksanakan upacara hari Kemerdekaan Indonesia di puncak Lawu, Kalian dapat mampir ke berbagai objek wisata di sekitar gunung. Salah satunya yang terkenal adalah Telaga Sarangan.

   6. Gunung Rinjani

Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia dari Puncak Rinjani. Foto: www.danielzabath.com

Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia dari Puncak Rinjani. Foto: www.danielzabath.com

Gunung Rinjani adalah gunung yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Rinjani merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl. Gunung Rinjani menjadi gunung favorit para pendaki karena keindahan pemandangannya. Meskipun pada bulan Agustus di puncak biasa terjadi angin kencang, tapi gunung ini tetap ramai didaki oleh para pecinta alam yang ingin merayakan Hari Kemerdekaan di puncak gunung. (Baca juga: Plawangan, Tepian Bibir Surga Tepat di Bawah Puncak Rinjani).

 

   7. Gunung Papandayan

Foto: www.pegipegi.com

Nikmati Serunya Mengibarkan Bendera di Gunung Papandayan. Foto: www.pegipegi.com

Gunung Papandayan adalah gunung api strato yang terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung dengan ketinggian 2665 mdpl ini terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung. Di Gunung Papandayan, terdapat beberapa kawah yang terkenal, yakni di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Selain kawah, Gunung Papandayan juga memiliki Padang Edelweis yang masuk dalam daftar 4 Padang Edelweis terbaik se-Indonesia. Gunung Papandayan menjadi salah satu gunung favorit pendaki untuk merayakan Hari Kemerdekaan karena memiliki camping ground yang sangat luas beserta fasilitas yang lengkap, mulai dari MCK, warung, ketersediaan air yang melimpah.

Adakah dari Kalian yang Memperingati Hari Kemerdekaan di salah satu gunung tersebut? Sebenarnya tidak masalah dimanapun Kita memperingatinya. Yang terpenting adalah bagaimana Kita memaknai dan mengisi Kemerdekaan ini sebagai generasi muda penerus bangsa. Oh iya Bagi Kalian yang memperingati dari atas gunung tetap jaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembaranagn ya…..




Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com