Inspirasi Tips Traveling

6 Bandara Tersibuk dan Paling Sering Digunakan Para Traveler di Indonesia


1. Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta

bandara soekarno hatta terminal 3 ultimate

Design teminal 3 Ultimate bandara Soekarno -Hatta yang saat ini memasuki masa konstruksi. Foto: archdaily.com

Bandara yang diambil dari nama proklamator kemerdekaan negara ini menjadi pusat bagi perjalanan udara di republik ini. Bandara yang secara kapasitas dan ukuran menjadi bandara terbesar dan tersibuk di seantero nusantara. Bandara yang berlokasi di Tangerang ini menjadi beranda utama penerbangan udara. Bandara ini menjadi semacam pintu utama untuk masuk ke Indonesia via jalur udara. Tidak heran bila bandara ini sangat sibuk melayani penumpangnya, dan dianugerahi sebagai bandara tersibuk nomor 12 di dunia. Sampai saat ini bandara Soekarno-Hatta terus berbenah, dan mempercantik diri untuk menyambut tamunya.

2. Bandara Juanda, Surabaya

bandara juanda surabaya terminal 2

Pintu masuk terminal 2 Bandara Juanda, Surabaya. Foto: Bulansujud.com

Bandara juanda menjadi bandara tersibuk kedua di negeri ini. Menyusul posisinya yang menjadi hub utama bagi provinsi Jawa Timur, yang selama ini menjadi tulang punggung kedua ekonomi nasional setelah Jakarta. Selain itu karena Jawa Timur sendiri juga mempunyai potensi besar di bidang wisata, maka tidak heran bila bandara ini menjadi pintu masuk utama ke Jawa Timur, baik untuk travel for business atau travel for pleasure.

3. Bandara Ngurah Rai, Bali

bandara ngurah rai bali aerial view terminal baru

Aerial view Bandara Ngurah Rai, Bali yang sudah diperluas. Foto: youtube.com

Bandara Ngurah Rai menjadi semacam pintu masuk utama bagi mereka travel for pleasure. Banyak sekali penerbangan internasional di bandara ini demi memudahkan para pelancong mengunjungi pulau Dewata ini. Tidak heran bandara ini terus berbenah karena keberadaannya yang memang penting sebagai pintu utama pariwisata ke dunia internasional. Seiring perkembangan pulau Dewata yang semakin pesat, bandara semakin sibuk tidak hanya untuk travel for pleasure tapi juga travel for business. Maka tidak heran bila volume penerbangan internasional ke bandara ini menyaingi bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.

4. Bandara Kuala Namu, Medan

bandara kuala namu medan megah

Ini lah salah satu wujud kemegahan bandara Kuala Namu, Medan. Foto: jagoantiket.wordpress.com

Bandara Kuala Namu merupakan wujud dari ekspektasi masyarakat provinsi Sumatra Utara dan sekitarnya, akan keberadaan bandara yang besar, megah, dan mampu mengakomodasi konektivitas pulau Sumatra ke dunia. Tidak heran keberadaan bandara ini menjadi semacam pintu utama untuk masuk ke pulau Sumatra. Ditunjang dengan fasilitas di atas rata-rata bandara di Indonesia, seperti keberadaan kereta api yang menghubungkan pusat kota Medan dengan bandara, dan juga kapasitas bandara yang begitu besar dan sangat luas apabila nanti hendak diperbesar kapasitasnya.

5. Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar

bandara sultan hasanuddin makassar yang megah tampak depan

Bandara yang menjadi ikon pembangunan di kota Makassar. Foto: suarapembaruan.com

Nah, bandara ini menjadi semacam hub bagi kita yang hendak menjangkau Indonesia timur. Tidak heran jika bandara ini umumnya menjadi tempat transit sebelum melanjutkan perjalanan menuju Indonesia timur. Selain itu juga, bandara ini menjadi hub bagi pulau Sulawesi sendiri, sebelum terbang ke kota lain di pulau Sulawesi. Maka tidak heran arus penumpang di bandara ini selalu ramai, baik yang menuju ke kota Makassar sendiri atau yang transit sebelum mencapai kota tujuan.

6. Bandara Spinggan, Balikpapan

megahnya interior bandara spinggan balikpapan

Ini lah bukti bahwa pembangunan di Indonesia tidak lagi terpusat. Foto: setkab.go.id

Bandara ini tergolong unik, karena menjadi bandara tersibuk di Kalimantan Timur dan pulau Kalimantan pada umumnya yang berlokasi bukan di ibu kota provinsi. Mungkin karena letak geografis dan potensi wilayah Balikpapan yang menjadikan bandara ini lebih istimewa dibandingkan dengan bandara lain di pulau Kalimantan. Tidak heran bandara ini selalu sibuk dan ramai dengan penumpang, baik untuk travel for business ataupun travel for pleasure.

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com