Landmark Tips Traveling

5 Tips Agar Barang Bawaanmu Tetap Aman saat Belanja di Malioboro


Waspada, wisata belanja di Malioboro tak seaman dulu. Foto : www.piknikdong.com

Waspada, wisata belanja di Malioboro tak seaman dulu. Foto : www.piknikdong.com

Siapa sih yang nggak tau Malioboro? Salah satu jalan yang berada di Yogyakarta ini seakan menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Jogja. Di sini kamu bisa menemukan banyak pedagang kerajinan tangan, oleh-oleh khas jogja, warung lesehan yang menjajakan gudeg dan makanan lokal lainnya, serta melihat atraksi dari para seniman yang mempertontonkan keahliannya dalam bermain musik, melukis, pantomim dan lain-lain. Pesona Jogja seakan tumpah ruah di jalan Malioboro. Suasana romantis nan klasik berbaur meninggalkan kesan tersendiri di hati pengunjung yang melintas di jalan ini. Namun sayangnya tak sedikit pengunjung yang terlalu terbuai suasana di Malioboro hingga lalai akan keamanan. Keramaian Malioboro menjadi peluang bagi para pencopet untuk merampas barang berharga yang dibawa pengunjung. Bahkan beredar kabar bahwa kasus pencopetan di Malioboro semakin bertambah. Nah buat kamu yang akan berkunjung ke Malioboro, lakukan 5 tips di bawah ini agar barang bawaanmu lebih aman dari ancaman para pencopet.

  1. Jangan pakai perhiasan berlebihan

Perhiasan merupakan benda yang paling mudah menarik perhatian orang lain terutama para penjahat. Memakai perhiasan berlebihan membuatmu menjadi sasaran empuk para pencopet. Daripada cari masalah, lebih baik simpan perhiasanmu dan jangan gunakan terutama saat kamu sedang berada di keramaian.

  1. Masukkan gadget ke dalam tas

Keindahan jalan Malioboro memang menggoda setiap orang untuk mengabadikannya. Banyak pengunjung asik berfoto di kawasan ini dengan menggunakan HP hingga kamera dengan fitur canggihnya. Narsis? Boleh banget dong! Apalagi momennya pas liburan. Tapi jangan sampai narsis bikin kamu lupa dengan keamanan barang bawaanmu. Setelah asik berfoto ria, jangan lupa masukkan kembali gadgetmu ke dalam tas. Sebaiknya hindari mengalungkan kamera di leher.

  1. Keluarkan uang seperlunya

Berkunjung ke Malioboro tentu kurang afdol rasanya jika tidak berbelanja oleh-oleh khas Jogja. Apalagi harga barang yang ditawarkan disini tergolong murah. Namun terlalu asik berbelanja sering membuat wisatawan lalai dengan barang bawaan terutama dompet. Saat berbelanja biasanya kaum wanita mengeluarkan dompet dari tas dan memegangnya dengan santai sembari menawar harga. Hal ini tentu akan mengundang perhatian pencopet. Agar lebih aman sebaiknya simpan dompet di dalam tas. Keluarkan uang secukupnya saja saat dibutuhkan. Jangan sesekali memperlihatkan dompet dan seluruh isinya saat berbelanja.

  1. Bawa tas di bagian depan

Bawalah tasmu di bagian depan dada baik itu ransel maupun tas selempang. Hal ini untuk menghindari pencopet merogoh isi tasmu. Apalagi saat ini sudah marak pencopet menggunakan senjata tajam yang tak segan-segan merobek tasmu untuk mengambil isinya.

  1. Jangan perlihatkan ekspresi bingung

Meski kamu adalah wisatawan atau pendatang yang belum familiar dengan daerah Malioboro, tapi jangan pernah pasang ekspresi bengong atau kebingungan. Karena ekspresi polos dan kebingungan dapat menarik perhatian penjahat untuk mendekatimu dan berpura-pura menawarkan bantuan.

Inilah 5 tips yang dapat kamu lakukan untuk menghindari copet yang kini sedang merajalela di kawasan Malioboro. Semoga tips ini dapat sedikit membantu. Jangan lupa selalu ingat untuk berdoa terutama saat di perjalanan. Happy traveling!



//

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com