Kota Landmark

5 Negara dengan Indeks Daya Saing Pariwisata Tertinggi di Dunia




Trevelsia.com – Pariwisata merupakan industri global. Persaingan dalam industri pariwisata dapat terjadi dalam satu negara dan bahkan antar negara. Setiap negara di dunia bersaing untuk terus memajukan industri pariwisata negaranya. Salah satunya adalah dengan berlomba-lomba untuk mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya. Bagi pasar wisatawan, setiap negara memiliki sejumlah keunggulan atau daya saing yang dijadikan sebagai basis penentuan untuk memilih atau tidak menjadikannya sebagai target destinasi.

Foto: www.report.weforum.org

Laporan yang dikeluarkan oleh WEF. Foto: www.report.weforum.org

Isu daya saing pariwisata ini cukup menantang untuk ditelaah. Karena dengan memahami daya saing saing pariwisata Kita dapat memperhatikan posisi produk wisata di kancah persaingan internasional. Apa sebenarnya daya saing pariwisata itu? Daya saing pariwisata suatu negara adalah tingkat kemampuan negara tersebut untuk memproduksi dan memasarkan jasa wisata secara lebih menarik dibandingkan dengan negara lain, sehingga mampu meraih kunjungan wisatawan dalam jumlah lebih besar secara berkelanjutan. Lalu bagaimana cara mengukur daya saing suatu negara?

Lembaga internasional terkemuka World Economic Forum (WEF) menerbitkan publikasi bertajuk Travel and Tourism Competitiveness Index. WEF mempublikasikan laporan ini pertama kali tahun 2007. Pada tahun 2015 WEF menyusun peringkat daya saing sektor pariwisata 141 negara di dunia berdasarkan hasil penilaian pada sejumlah indikator. Ada 14 pilar yang dinilai dan dikelompokkan menjadi 4 subindeks yakni Enabling Environment, T&T Policy and Enabling Conditions, Infrastructure,  dan Natural and Cultural Resources.  Semakin tinggi peringkat suatu negara berarti semakin kompetitif sektor pariwisata negara tersebut. Tahun 2015 ini negara mana yang memiliki daya saing pariwisata paling tinggi di dunia?

   1. Spanyol

Foto: www.planetware.com

Ini Dia Masjid Cordoba yang Terkenal di Spanyol. Foto: www.planetware.com

Urutan pertama diduduki oleh Spanyol dengan skor 5,31. Negara yang juga terkenal dengan klub sepak bola ini mengalahkan Swiss yang pada tahun 2013 menduduki posisi pertama. Jika Kalian belum pernah mengunjungi Spanyol dan penasaran dengan negara yang satu ini Kalian dapat menyaksikan film 99 Cahaya di Langit Eropa. Melalui film ini Kalian akan mendapatkan gambaran tentang Spanyol tepatnya Andalusia. Di Spanyol banyak tempat yang dapat dikunjungi di spanyol seperti,  melihat pertunjukan adu Banteng di Las Ventas, menyaksikan Tarian Flamenco di Madrid, mengunjungi  Royal Palace of Madrid  tempat keluarga kerajaan tinggal dan masih banyak tempat lainnya. Spanyol juga negara maju dengan ekonomi terbesar ke-13 di dunia. Spanyol juga memiliki standard hidup yang tinggi dengan kualitas kehidupan ke-10 tertinggi di dunia pada tahun 2005.

   2. Prancis

Foto: www.trippromotion.om

Siapa yang Tidak Jatuh Cinta dengan Menara Eiffel ini? Foto: www.trippromotion.om

Disebut-sebut sebagai negara paling romantis di dunia. Prancis menempati posisi kedua dengan skor 5,24. Prancis memiliki banyak tempat wisata terkenal seperti Menara Eiffel, Museum Louvre, Arc de Triomphe, Sungai Seine, Notre Dame Cathedral dan masih banyak tempat yang akan membuat jatuh cinta akan negara ini. Satu hal yang tidak dipisahkan dari Prancis terutama Paris adalah Cafe. Cafe sepertinya bukan hanya menjadi gaya hidup tetapi juga kebudayaan Parisian (warga Paris). Berkunjung ke Paris Kalian akan menemui banyak Cafe di tepi jalan termasuk pavement cafe yang menyediakan outdoor seating di trotoar. Bagi Kalian yang suka berburu barang-barang mahal Prancislah surganya.

   3. Jerman

Foto: www.tohota.com

Menyusuri Sungai Jerman Menggunakan Perahu. Foto: www.tohota.com

Tahun 2013 menduduki posisi kedua tetapi sayang tahun 2015 menduduki posisi ketiga dengan skor 5,22. Jerman terkenal dengan sejarah bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur pada tanggal 3 Oktober 1990. Peristiwa ini ditandai dengan runtuhnya Tembok Berlin yang sekarang menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di Jerman. Jerman dikenal sebagai negara dengan penguasaan ilmu dan teknologi maju di berbagai bidang, baik ilmu-ilmu alamiah maupun sosial dan kemanusiaan. Beberapa tempat yang dapat Kalian kunjungi ketika berkunjung ke Jerman antara lain Bradenburg Gate, Cologne Cathedral, Holstentor, Rugen Cliff, Menyusuri Romantic Road. Bagi pecinta bir datanglah pada bulan Oktober karena ada Oktoberfest di kota Munich.

   4. United States (US)

Foto: www.baesg.com

Patung Liberty yang Menjadi Kebanggaan US. Foto: www.baesg.com

Satu-satunya negara yang berada di top 5 di luar benua Eropa. Negara adidaya yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik wisatawan. US menempati posisi keempat dengan skor 5,12. US juga dikenal luas akan industri perfilman. Jika Kalian belum bisa berkunjung ke negara ini, Kalian bisa menikmatinya melalui film-filmnya.  Lumayan supaya dapat gambaran tentang negara satu ini. United States tidak hanya unggul daya saing pariwisatanya tetapi juga unggul dalam bidang pendidikan. US banyak dipilih oleh orang untuk menempuh pendidikan disini. Terdapat banyak Universitas terkemuka dunia seperti Harvard University, MIT, Yale University, Columbia University dll.

   5. United Kingdom

Foto: www.youtube.com

Jam Berapa Sekarang Big Ben? Foto: www.youtube.com

Negara berikutnya adalah United Kingdom atau biasa disebut Britania Raya. Sebenarnya memiliki skor yang sama dengan US yakni 5.12. Negerinya Harry Potter ini merupakan negara yang memiliki kekuatan besar yang berpengaruh dalam bidang ekonomi, budaya, militer, sains, dan politik. Tahun 2015 tercatat sebanyak 36,115 juta wisatawan datang berkunjung. Jumlah ini menempatkan UK sebagai urutan kedelapan jumlah kunjungan wisatawan terbanyak di dunia. Destinasi wisata yang terkenal yakni Tower of London, Stonehenge, Tower Bridge, Big Ben, The Isle of Skye dan masih banyak lagi. 

Itulah negara dengan daya saing pariwisata tertinggi di dunia. Pernah berkunjung ke salah satu negara tersebut? Jika belum, mungkin bisa direncanakan mulai sekarang. Jika 4 dari 5 negara tersebut adalah negara di benua Eropa lalu Indonesia di peringkat berapa?


 



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com