Tips Traveling

5 Langkah Penanganan Hipotermia Saat Mendaki Gunung



//

Penanganan hipotermia saat mendaki gunung harus cepat dan tepat agar nyawa penderitanya bisa terselamatkan. Foto : www.patriotdirect.org

Penanganan hipotermia saat mendaki gunung harus cepat dan tepat agar nyawa penderitanya bisa terselamatkan. Foto : www.patriotdirect.org

Hipotermia memang berbahaya dan dapat mengancam nyawa siapa saja yang diserangnya. Namun sebenarnya penderita hipotermia dapat diselamatkan jika ditangani dengan cepat dan tepat. Jika seseorang sudah mengalami tanda-tanda hipotermia, lakukan 5 langkah penanganan hipotermia saat mendaki gunung berikut ini :

  1. Gantilah pakaian basah dengan yang kering.

Memakai baju yang basah merupakan salah satu faktor penyebab datangnya hipotermia. Jika seseorang terserang hipotermia, segerakan ganti bajunya yang basah dengan baju kering dan hangat. Gantilah secara perlahan karena tubuh seorang penderita hipotermia rentan dengan guncangan.

  1. Beri minuman hangat

Setelah selesai mengganti bajunya, berikan minuman hangat seperti teh atau cokelat hangat. Hal ini bertujuan untuk membantu meningkatkan suhu tubuh penderita.

  1. Beri makanan mengandung kalori tinggi

Selain minuman hangat, jangan lupa untuk turut memberikan makanan yang mengandung kalori tinggi pada penderita hipotermia. Cokelat, sup hangat, dan makanan manis lainnya sangat dianjurkan untuk menyeimbangkan suhu tubuh.

  1. Mengajak olahraga kecil

Jika kondisi sudah mulai membaik, kamu bisa mengajaknya untuk olahraga ringan. Hal ini bertujuan untuk semakin meningkatkan suhu tubuh. Tapi jangan sampai membuatnya kelelahan dan mengeluarkan keringat, cukup buat agar ia bergerak.

  1. Nyalakan api unggun

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar kondisi si penderita semakin membaik adalah dengan menyalakan api unggun di sekitar tenda. Api unggun akan membuat suhu di sekitar tendamu jadi lebih hangat. Selain untuk membuat kondisi penderita hipotermia semakin membaik, ini juga berguna untuk menjaga keadaanmu agar tetap stabil dan terhindar dari hipotermia. Jaga nyala api unggun agar tetap aman bagi sekitar.

Sebenarnya penderita hipotermia dapat dengan mudah diselamatkan jika penanganannya cepat dan tepat seperti 5 langkah penanganan hipotermia saat mendaki gunung di atas. Ingat, jangan pernah panik dalam menangani penderita hipotermia. Karena pertolonganmu dapat menyelamatkan nyawa orang lain. Jika ingin mendaki gunung patuhilah segala prosedur yang ada agar dirimu tetap aman. Selalu ingat pada Tuhan kapanpun dan dimanapun kalian berada. Jangan jadikan hipotermia sebagai alasan untuk menghalangimu menikmati alam yang Tuhan berikan. Semoga tips diatas bisa sedikit membantu. Happy traveling, smart traveler!



//

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com