Inspirasi Kota Landmark

5 Destinasi Wisata Indonesia Dipasang di Billboard Time Square New York




Trevelsia.com – Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan adalah menggencarkan  promosi. Hal inilah yang terus dilakukan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata Indonesia. Dengan mengusung branding Wonderful Indonesia pemerintah terus gencar melakukan promosi pariwisata Indonesia. Sebelumnya branding Wonderful Indonesia telah banyak tampil di saluran tv internasional. Kini branding itu tampil di media luar ruang. Branding Wonderful Indonesia akan tampil sebulan penuh di Billboard Times Square, jalan utama di Manhattan, New York City. Times Square dipilih karena merupakan jalan tersibuk di dunia. Times Square merupakan pusat toko-toko dan bisnis. Ada sekitar 39 juta orang berlalu-lalang setiap tahunnya.

Destinasi Wisata Indonesia di Billboard Times Square New York.

Destinasi Wisata Indonesia di Billboard Times Square New York. Foto: travel.kompas.com

Menurut Kepala Bidang Komunikasi Media Ruang Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, Elizabet Hutagaol mengatakan Times Square dipilih karena Time Square adalah titik point wisatawan di dunia yang berkunjung ke New York. Juga tempat hilir mudik masyarakat New York dan di sana juga tempat produk-produk di dunia memasang iklan. Bagi Indonesia hal ini pertama kalinya beriklan berbentuk media luar ruang di Amerika Serikat.  

Tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan pihak Kementerian Pariwisata untuk memasang branding Wonderful Indonesia. Materi promosi yang sudah disiapkan sejak 5 bulan yang lalu ini diperkirakan menghabiskan dana sebesar 8 miliyar rupiah. Biaya tersebut diperuntukkan untuk menampilkan 5 ikon pariwisata Indonesia di 4 billboard selama satu bulan penuh. Ke lima destinasi wisata yang dipilih menjadi objek promosi bukan hanya disesuaikan dengan kebutuhan wisata orang Amerika, tetapi juga kebanyakan orang dari negara-negara yang berlalu-lalang di Times Square.

Pertama Kalinya branding Wonderful Indonesia tampil di Billboard

Pertama Kalinya branding Wonderful Indonesia tampil di Billboard Times Square New York. Foto: travel.kompas.com

Ada 4 ikon yang dipasang mulai tanggal 26 September 2016 hingga 24 Oktober 2016. Sedangkan 1 ikon menyusul mulai tanggal 3 Oktober 2016 hingga 30 Oktober 2016. Bulan Oktober memang sengaja dipilih karena biasanya pada bulan inilah banyak orang mulai merencanakan liburannya. Harapannya wisatawan Amerika Serikat dan juga wisatawan negara lain dapat merencanakan liburannya ke Indonesia. Apa saja destinasi yang dipilih untuk dipasang di billboard Tomes Square, Manhattan. Berikut destinasi wisata tersebut:

1. Pulau Komodo

Foto: kwikku.com

Komodo Siap Menyambut Kedatangan Wisatawan. Foto: kwikku.com

Menampilkan ikon Kadal terbesar di dunia, Komodo dipasang di Times Square & 42nd (Panel 1) F/SE dengan ukuran 36 x 8 kaki. Bagi wisatawan yang ingin melihat langsung Komodo di habitat aslinya harus datang langsung ke Taman Nasional Komodo. Selain itu, kawasan ini ini juga didukung dengan pemandangan alam yang masih alami. Wisatawan dapat melakukan berbagai macam aktivitas seperti memancing, snorkeling, diving, atau hanya sekedar ingin berkeliling pulau. Datanglah ke pulau Komodo dan nikmati pesona alam yang tidak akan pernah terlupakan.

2. Candi Borobudur

Borobudur sebagai bangunan kebanggaan Indonesia. Foto: id.wikipedia.org

Borobudur sebagai bangunan kebanggaan Indonesia. Foto: id.wikipedia.org

Siapa yang tidak kenal dengan Candi yang satu ini. Menyandang gelar sebagai Candi Buddha terbesar di dunia. Candi ini juga merupakan kebanggaan masyarakat Indonesia khususnya Jawa Tengah. Ikon Candi Borobudur dipasang di 5 Times Square & 42nd (Panel 2) F/E berukuran 37 x 37 kaki. Candi Borobudur juga dipilih satu diantara sepuluh destinasi prioritas di tahun 2016. (Baca juga: 10 Destinasi Wisata “Bali Baru” di Indonesia). Harapannya melalui branding ini dapat mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke  Candi Borobudur.

3. Pantai G-Land Banyuwangi

Foto: banyuwangiwisata.com

Tertarik Menantang Ombak yang Satu Ini?. Foto: banyuwangiwisata.com

Pantai yang satu ini ombaknya terkenal sebagai surganya bagi para pecinta surfing. Pantai G-Land juga dikenal dengan nama pantai Plengkung. Lokasinya terletak di Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi. Ombak pantai ini diakui sebagai spot surfing terbaik di Asia Tenggara. Bahkan ombaknya juga diakui sebagai satu dari tujuh ombak terbaik di dunia. Ketinggian ombaknya dapat mencapai ketinggian 4-8 meter dengan panjang hingga 2 km. Ombak di pantai ini dibagi menjadi 3 tingkatan dari tertinggi hingga terendah yakni Kong Waves, Speedis waves, Many Track Waves.  Pantai ini juga telah dijadikan lokasi lomba surfing international sebanyak lima kali. Tidak salah bila pantai G-Land dipasang di 42nd Street dan 8th Avanue F/S dengan ukuran 54 x 18 kaki.

4. Gebogan Bali

baliartinformation.file.wordpess.com

Dimana lagi lihat begian kalau tidak di Bali. Foto: baliartinformation.file.wordpess.com

Bali tidak pernah ketinggalan untuk tampil di dunia international. Kali ini pemerintah Indonesia memilih Gebogan Bali untuk dipasang di 727 Seventh Ave btwn 48th & 49th Streets F/NW berukuran 47 x 25 kaki. Gebogan juga biasa disebut Pajegan merupakan suatu bentuk persembahan berupa susunan dan rangkaian buah-buahan, jajanan, dan bunga yang dikreasikan umat Hindu di Bali.  Alat yang digunakan bernama Wanci, terbuat dari kayu berbentuk seperti piala namun datar dibagian atas dan bawahnya. Tinggi rendahnya Gebogan tergantung dari keiklasan dan kemampuan dari setiap individu yang membuat Gebogan. Karena nilai dari sebuah Gebogan tidaklah diukur dari tinggi atau rendahnya akan tetapi dari keiklasan hati dalam menunjukkan rasa syukur.

Gebogan biasanya dibawa oleh para wanita Bali yang menggunakan pakaian kebaya. Biasnya Gebogan ditaruh di atas kepalanya menuju ke Pura setempat. Hal ini menjadi pemandangan yang menarik bagi wisatawan, yaitu pawai wanita mengusung Gebogan. Gebogan ini dibawa untuk dihaturkan ke Pura saat  upacara Piodalan atau upacara Dewa Yadnya lainnya sebagai bentuk rasa syukur atas berkat yang telah diberikan oleh Ida Sang Hyang Widhi Tuhan Yang Maha Esa. Datang dan saksikanlah Gebogan ini langsung di Pulau Bali.




5. Raja Ampat

raja-ampat.biz

Siapa yang tidak jatuh cinta dengan psona Raja Ampat?. Foto: raja-ampat.biz

Mutiara dari timur ini dipasang menyusul 4 ikon lainnya. Raja Ampat dipasang di  5 Times Square & 42nd (Panel 5) F/N berukuran 36 x 85 kaki. Kepulauan Raja Ampat disebut sebagai surganya para penyelam. Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Tim ahli dari Conservation International, The Nature Conservancy, dan Lembaga Oseanografi Nasional (LON) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia  (LIPI) pernah melakukan penilaian cepat pada 2001 dan 2002. Hasilnya, tercatat di perairan ini terdapat lebih dari 540 jenis karang keras (75% dari total jenis di dunia), lebih dari 1.000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska, dan catatan tertinggi bagi Gonodactyloid stomatopod crustaceans. Ini menjadikan 75% spesies karang dunia berada di Raja Ampat. Tak satupun tempat dengan luas area yang sama memiliki jumlah spesies karang sebanyak di Raja Ampat.

Bukan hanya penyelam, wisatawan non penyelam juga dapat dinikmati keindahan Raja Ampat. Raja Ampat juga memiliki pantai-pantai berpasir putih yang sangat indah, gugusan pulau-pulau karst nan mempesona dan flora-fauna unik endemik seperti Cendrawasih merah, Cendrawasih Wilson, Maleo waigeo, beraneka burung Kakatua dan Nuri, Kuskus waigeo, serta beragam jenis Anggrek.

Dengan promosi yang dilakukan ini harapannya kedepan semoga pariwisata terus berkembang pesat. Terutama tercapainya target 20 juta wisatawan mancanegara di tahun 2019. Sebagai warga negara yang baik mari terus dukung pariwisata Indonesia. Pesona Indonesia Wonderful Indonesia.




Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com