Pantai

3 Taman Nasional di Jawa Barat yang Cocok untuk Jiwa Petualang

Indonesia memiliki kekayaan alam yang begitu melimpah. Jadi, tak heran jika banyak lokasi wisata alam yang bisa memanjakan para jiwa petualang. Jika Anda termasuk memiliki jiwa petualang, mengunjungi taman nasional bisa menjadi alternatif liburan yang menarik. Anda bisa melakukan eksplorasi terhadap alam sekaligus menyegarkan pikiran. Berikut ini 3 taman nasional di Jawa Barat yang siap dijelajahi wisatawan.

Taman Nasional Gunung Ciremai

3 Taman Nasional di Jawa Barat yang Cocok untuk Jiwa Petualang

Taman Nasional Gunung Ciremai. Foto: news.okezone.com

Sebelum menjadi salah satu taman nasional di Jawa Barat, lokasi ini adalah sebuah hutan lindung. Lalu statusnya berubah menjadi taman nasional pada tahun 2004. Tempat ini memiliki lokasi seluas lebih dari 15 ribu hektar. Lokasinya masuk ke dalam kawasan Kabupaten Kuningan dan Majalengka. Obyek penjelajahan utamanya tentu saja Gunung Ciremai yang menjadi gunung tertinggi di Jawa Barat. Jalur pendakian yang dilakukan umumnya via Desa Palutungan dan Desa Linggarjati. Tempat ini menjadi habitat dari 12 spesies amfibi, berbagai jenis reptil, lebih dari 95 jenis burung dan lebih dari 20 jenis mamalia.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

3 Taman Nasional di Jawa Barat yang Cocok untuk Jiwa Petualang

Taman Nasional Gede Pangrango. Foto: gunung-indonesia.com

Taman nasional ini sudah menjadi obyek penelitian sejak zaman Belanda. Taman nasional di Jawa Barat ini termasuk dalam daftar taman nasional paling tua di Indonesia dan sudah diakui sebagai World Network of Biosphere Reserve oleh UNESCO. Maksudnya adalah tempat ini ditujukan untuk menunjukkan hubungan yang seimbang antara manusia dan alam. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki luas wilayah sekitar 21.975 hektar. Namanya sendiri berasal dari dua gunung yang ada di kawasan ini, yaitu gunung Gede dan Pangrango.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

3 Taman Nasional di Jawa Barat yang Cocok untuk Jiwa Petualang

Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Foto: bogorheritage.net

Taman Nasional Gunung Halimun Salak memiliki luas wilayah mencapai lebih dari 100 hektar. Taman nasional di Jawa Barat yang satu ini menjadi kawasan konservasi dengan peranan sangat penting bagi sebagian wilayah Jawa Barat. Hal ini karena daerah tersebut memiliki fungsi sebagai tangkapan air. Taman nasional ini memiliki dua gunung yang berada dalam kawasannya, yaitu Gunung Halimun dan Gunung Salak. Di area kaki dan lereng gunung Halimun sendiri memiliki banyak obyek wisata yang sering dikunjungi. Misalnya saja beberapa curug terkenal di sekitar Bogor terletak di kawasan Gunung Halimun, yaitu Curug Pangeran, Curug Ngumpet, Curug Nangka, hingga Curug Luhur. Sementara Gunung Salak sendiri selama ini dikenal dengan keangkerannya sehingga tak banyak pendaki yang menjelajahi.

Itu tadi tiga taman nasional di Jawa Barat yang bisa menjadi lokasi petualangan seru untuk liburan Anda.

 

 

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com