Gunung Inspirasi Kota

3 Pesona Wisata Dieng Wonosobo Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan





Dataran tinggi Dieng adalah salah satu lokasi yang sering menjadi tujuan para wisatawan di Indonesia. Selain karena memiliki pesona alam yang menawan, spot yang satu ini juga sering menjadi tuan rumah event besar di tanah air. Misalnya saja Dieng Cultural Festival yang ibarat magnet bagi para pelancong. Nah, apa saja sih pesona wisata Dieng Wonosobo yang layak banget dikunjungi selama liburan? Cek dulu di sini sebelum pergi menjelajah, travelers!

Bukit Sikunir

3 Pesona Wisata Dieng Wonosobo Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Bukit Sikunir yang menampilkan pemandangan alam cantik. Foto: ku2h.com

Salah satu kawasan wisata Dieng Wonosobo yang menjadi favorit adalah Bukit Sikunir. Lokasinya berada di Desa Sembungan yang menjadi desa tertinggi di area Jawa Tengah. Karena letak geografisnya inilah, Bukit Sikunir menjadi lokasi berburu sunrise yang sangat indah. Anda bisa menikmati panorama matahari terbit yang cantik dari ketinggian 2.200 mdpl. Ada cerita tersendiri mengapa lokasi ini dinamakan Bukit Sikunir. Katanya sih, warna matahari yang kekuningan seperti kunir alias kunyit inilah yang membuat masyarakat menamainya Bukit Sikunir.

Telaga Warna

3 Pesona Wisata Dieng Wonosobo Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Telaga Warna yang sering mengalami perubahan warna. Foto: wisatanesia.co

Tempat wisata yang satu ini sudah menjadi salah satu yang paling populer di kawasan Dieng Wonosobo. Nama Telaga Warna sendiri disebabkan oleh warna air di danau tersebut yang sering terlihat berbeda-beda. Secara ilmiah, perbedaan warna di telaga ini terjadi karena adanya pembiasan cahaya yang pada endapan belerang yang terletak di dasar telaga. Wisata Dieng Wonosobo yang satu ini memiliki warna air dominan yaitu hijau, biru laut dan putih kekuningan. Di area tepi telaga, ada sebuah balkon yang bisa digunakan buat duduk-duduk bagi para pengunjung.

Sumur Jalatunda

3 Pesona Wisata Dieng Wonosobo Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Sumur Jalatunda. Foto: klikhotel.com

Sumur ini awalnya adalah sebuah ceruk kawah yang kemudian digenangi oleh air. Diameternya sekitar 90 meter dengan kedalaman yang lebih dari 200 meter. Akhirnya, air yang menggenang ini kelihatan seperti sumur. Jika ingin mengunjungi obyek wisata Dieng Wonosobo yang satu ini, Anda harus menyiapkan fisik. Pasalnya, ada 257 anak tangga yang akan didaki oleh pengunjung untuk mencapai lokasinya. Sumur ini juga memiliki mitos tersendiri. Katanya, kalau Anda ingin harapan yang terkabul, lakukan pelemparan kerikil dari seberang ke arah yang berlawanan.

Dieng Wonosobo cocok menjadi lokasi wisata akhir pekan yang pas selama liburan. Jangan lewatkan 3 daya tarik wisata di kawasan tersebut lho!



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com