Gunung Tips Traveling

13 Check-list Barang Bawaan Buat Kalian yang Hendak Mendaki Gunung


Bagi kalian yang hendak naik gunung, pasti kalian akan direpotkan dengan banyak hal yang harus disiapkan sebelum mendaki gunung. Karena mendaki gunung adalah bukan perkara mendaki saja, tapi juga bagaimana kita bisa survive dan bisa kembali pulang ke rumah dengan selamat. Berikut 13 check-list barang bawaan yang tidak boleh kalian lupakan.

1. Carrier/Tas Gunung

Tas carrier

Carrier akan setia menjadi teman pendakian kalian. Foto: jejaknegeriku.blogspot.com

Ini menjadi yang utama yang harus kalian persiapkan. Karena mendaki gunung memang membutuhkan beban logistik yang cukup besar dibanding aktivitas lainnya. Maka, sudah seharusnya kalian mempersiapkan carrier yang bisa mengakomodasi kebutuhan kalian. Tidak cukup hanya dengan mengandalkan tas seadanya seperti tas day-pack. Karena beban dan juga medan yang akan kalian lalui sangat menantang.

2. Tenda

Check list daki gunung 2 distrik12 blogspot com

Tenda akan menjadi rumah sementara selama di gunung. Foto: distrik12.blogspot.com

Untuk tenda kalian bisa sesuaikan dengan jumlah rombongan yang akan mendaki. Tidak perlu membawa tenda dengan kapasitas jumbo bila jumlah rombongan memang tidak terlalu banyak. Bawalah tenda yang benar-benar layak digunakan, karena yang namanya di gunung cuaca biasanya tidak dapat diprediksi.

3. Jaket dan Saudaranya

Check list daki gunung 3 backpackerind0nesia wordpress com

Jaket gunung akan menjadi prisai. Foto: backpackerind0nesia.wordpress.com

Karena di gunung sangat dingin, apalagi ketika malam tiba. Kalian akan merasakan udara pegunungan yang sangat dingin, apalagi ketika musim kemarau. Temperatur udara bisa sangat dingin. Untuk mengantisipasinya, kalian bisa membawa jaket air breaker, topi atau kupluk, sarung tangan, buff atau masker. Ini pasti akan sangat kalian butuhkan dan sangat bermanfaat.

4. Sleeping Bag dan Matras

sleeping bag, matras

Jangan lupa bawa sleeping bag dan matras yah. Foto: penabuluangsa.blogspot.com

Untuk keperluan istirahat atau tidur malam, kalian harus membawa sleeping bag dan juga matras. Ini akan sangat penting sekali untuk dibawa untuk memastikan istirahat kalian cukup. Sehingga bisa melanjutkan proses mendaki gunung selanjutnya.

5. Sepatu Gunung dan Pasangannnya

Sepatu gunung, sandal gunung

Sepatu atau sandal gunung akan setia melindungi proses pendakian. Foto: arsiyawenty.wordpress.com

Sebagaimana standar pendakian pada umumnya. Tentu kalian diwajibkan untuk memakai sepatu gunung atau sandal gunung. Ini penting untuk melindungi kaki kalian selama proses pendakian. Karena yang namanya gunung tentu jalannya tidak beraspal bukan. Jalan terjal dan tidak beraturan pasti akan kalian temui. Untuk itu, untuk menghindari cidera dan menghambat pendakian sebaiknya kalian memakai sepatu gunung atau sandal gunung.

6. Peralatan Masak, Cadangan Makanan, dan Logisitiknya

Logistik pendakian gunung

Logistik jangan sampai kelupaan yah. Foto: inisayadanhidupsaya.wordpress.com

Selama di gunung tentu kalian harus bisa bertahan hidup agar bisa kembali pulang ke rumah. Tentu tidak ada yang berharap bisa mendaki ke puncak gunung tapi tidak kembali pulang. Untuk itu kalian harus menyiapkan logistik dan cadangan makanan agar selama pendakian kalian punya energi untuk terus melanjutkan pendakian hingga pulang selamat ke rumah.

7. Pakaian Ganti

pakain ganti naik gunung

Pakaian ganti jangan lupa dibawa. Foto: fathmardotillah.wordpress.com

Untuk mengantisipasi cuaca yang kadang tidak bisa diprediksi atau mungkin ada kejadian yang tidak diharapkan terjadi. Kalian bisa membawa pakaian cadangan. Ini penting untuk memastikan perjalanan mendaki kalian tetap nyaman.

8. Tissue Basah dan Tissue Kering

tissue basah naik gunung

Tissue basah pasti akan sangat berguna. Foto: bizzy.co.id

Karena bisanya di gunung ketersediaan air terbatas. Kalian bisa mengantisipasinya dengan membawa tissue basah dan juga tissue kering untuk keperluan menjaga higienitas selama pendakian.

9. Trekking Pole

trekking pole naik gunung

Trekking pole juga tidak boleh ketinggalan. Foto: tokopedia.com

Sangat disarankan untuk membawa trekking pole. Ini akan sangat diperlukan ketika hendak melakukan summit attack. Karena sebagai mana kita ketahui, ketika summit attack kalian biasanya akan mendapatkan medan yang sangat menantang karena vegetasi lingkungannya berbeda. Biasanya disini akan ditemui medan yang tandus, berpasir, terjal, ini sangat rawan longsor dan membahayakan pendaki. Maka keberadaan trekking pole pasti akan sangat membantu kalian.

10. Senter atau Headlamp

Headlamp naik gunung

Headlamp akan sangat berguna ketika malam datang. Foto: mayacostanza.blogspot.com

Untuk pendakian gunung di Indonesia, biasanya akan memakan waktu kurang lebih 2-3 hari bahkan bisa lebih tergantung kebutuhan. itu artinya kalian akan bermalam di gunung. Untuk itu, keberadaan senter atau head lamp akan sangat berarti untuk memudahkan aktivitas kalian selama di gunung.

11. Kantong Sampah

kantong sampah naik gunung

Kantong sampah tidak boleh lupa. Foto: indonesahblog.wordpress.com

Karena gunung tidak menyediakan tempat sampah. Sangat bijak rasanya bila kalian bisa  menyediakan kantong-kantong kresek sebagai tempat pembuangan sampah. Jangan sampai meninggalkan sampah di gunung. Tentu tidak mau kan gunung yang kita daki ini tercemar oleh limbah sampah yang kalian tinggalkan.

12. Obat-obatan

Kotak obat naik gunung

Kotak obat jangan lupa ketinggalan juga. Foto: maszaladventure.blogspot.com

Karena memang kondisi dan medan yang tidak menentu, sebaiknya kalian membawa bekal obat-obatan. Ini akan sangat berguna mengingat medan yang akan kalian lalui tidak mudah. Medan yang terjal dan cuaca yang tidak menentu.

13. Lain-lain

aksesoris naik gunung

Ini dia aksesoris lain yang tidak boleh lupa. Foto: stapalastan.wordpress.com

Hal lain yang yang bisa kalian bawa ketika mendaki gunung diantaranya adalah Kacamata, Baterai cadangan, Alat navigasi, Jas hujan, dan sebagainya. Ini penting untuk dijadikan backup perjalanan kalian. Apalagi buat kalian first-timer, prepare for the worst namun tidak berlebihan.

Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com